Mustang Langka Milik Cucu Pendiri Ford Motor akan Dilelang

NEVADA, Carvaganza – Henry Ford adalah salah seorang peletak dasar industri mobil di Amerika Serikat. Dialah pendiri pabrikan mobil Ford Motor Company yang sekarang menjadi salah satu konglomerat otomotif di dunia. Lahir pada bulan Juli 1863, Ia merupakan industrialis dan konglomerat asal Amerika Serikat yang menjadi perintis teknik perakitan mobil untuk diproduksi secara massal.

Henry Ford dikenal sebagai pionir produsen mobil yang harganya bisa dijangkau oleh orang kebanyakan. Dalam hal ini oleh kalangan kelas menengah di Amerika dan tidak menjadi barang yang sangat mewah lagi yang hanya bisa dimiliki oleh segelintir elit saja.

Salah satu cucu Henry Ford adalah Henry Ford II, putra tertua dari pasangan Edsel Ford atau dikenal sebagai Henry Ford I dengan Clara Jane Bryant. Juga menjadi cucu tertua Henry Ford. Pria kelahiran Amrik tahun 1917 ini pernah menjadi president Ford Motor Company dari tahun 1945 sampai 1960 dan CEO tahun 1945 – 1979. Ia juga pernah menjadi chairman BOD Ford Motor Company tahun 1960 sampai 1980.

Ford Mustang K-Code Henry Ford II

Yang menarik sekarang ini, bukan karier Henry Ford II (HFII) karena ia telah meninggal dunia tahun 1987 lalu. Melainkan mobil klasik yang Ia miliki yang bakal dijual di dalam lelang. Mobil tersebut bakal menarik minat ribuan car enthusiast dari seluruh dunia karena punya historis yang kuat, terutama enthusiast Mustang dari semua lapisan usia. Kendaraan klasik itu adalah Ford Mustang GT K-code 1966 convertible yang sudah di-customize.

Kendaraan atap terbuka produksi tahun 1966 tersebut sudah mendapat jaminan keasliannya dari Ford sendiri. Dipakai oleh Ford semasa tinggal di Prancis, tempat ia menghabiskan sebagian besar masa hidupnya. Hank the Deuce, demikian panggilan Henry Ford II, mengustomisasi kendaraan tersebut menjadi Mustang terkencang dan menambahi embel-embel GT dengan kode K. Dibekali juga dengan mesin paling perkasa waktu itu.

Mesin K-Code adalah versi badak dari mesin V8 ‘Windsor’ 4.7 liter yang disedot melalui karburator empat barel dengan kepala silinder yang sudah disempurnakan. Lifternya solid dan per klepnya lebih kuat serta digerakkan oleh camshaft yang lebih panas. Aliran udara ke dalam silinder dimanfaatkan oleh masing-masing rod dan piston dengan kompresi tinggi 10.5:1. Menghasilkan tenaga 271 hp dan torsi  maksimal 414 Nm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 4-percepatan. Secara total di seluruh dunia, hanya 13.200 unit mobil K-code yang diproduksi.

Ford Mustang K-Code Henry Ford II

Hal-Hal menarik

Mobil-mobil K-code diproduksi semata-mata untuk performa jadi tak memiliki AC atau power steering. Tapi yang punya Henry Ford II sudah memiliki power steering dan memiliki rasio yang lebih kencang dibandingkan Mustang GT standar. Mobil ini juga dilengkapi dengan komponen-komponen terbaik mulai dari rem cakram depan, dua knalpot, lampu kabut dan setir khusus yang terbuat dari baja.

Rocker panel dicat dengan warna Raven Black mengilat dan merupakan satu-satunya Mustang yang punya pulasan seperti itu di bagian rocker panel. Atap konvertibelnya mengadopsi bahan kulit warna putih yang bisa dibuka secara eletrik. Interiornya dilapisi oleh kulit warna coklat, ditambah dengan radio AM dan tape player 8 track.

Ford Mustang K-Code Henry Ford II

Desain jok bucketnya diadopsi oleh Mercury Cougar tahun 1967, sedangkan bagian panel pintu dulunya adalah prototipe panel pintu untuk model tahun 1968. Sebagai CEO FoMoCo, HFII memberikan sentuhan monogram di ragam tempat interior di antaranya di bagian klakson mobil pada setir, pada sabuk pengaman, pada badge pintu dan kunci.

Kendaraan klasik ini bakal dilelang oleh rumah lelang Barrett-Jackson di Las Vegas, Nevada tanggal 17 - 19 Juni. Sebagai orang terkenal, harga mobil milik cucu pendiri perusahaan Ford ini  bakal selangit. Jadi bagi yang berminat mungkin bisa ikutan menawar di sesi lelang.
EKA ZULKARNAIN / WH

Sumber: Barrett Jackson

Artikel yang direkomendasikan untuk anda