BMW Seri-4 'Si Mulut Besar' Meluncur di Indonesia Pekan Depan

JAKARTA, Carvaganza – Masih ingat dengan BMW Seri-4 Coupe terbaru yang meluncur tahun lalu? Yang punya wajah kontroversial dengan grille besarnya? Suka atau tidak suka, itu desain yang dipilih BMW untuk model-model unggulannya ke depan. Dalam waktu dekat, Seri-4 terbaru yang dimaksud siap datang dan mewarnai jalanan di Indonesia.

Untuk generasi keduanya ini, Seri-4 Coupe mengusung kode seri G22, yang merupakan rival bagi Audi A5 Coupe dan Mercedes-Benz C-Class Coupe. Di Indonesia, mobil sport versi coupe dari Seri-3 ini akan meluncur pada pekan depan. Hal tersebut dipastikan oleh BMW Indonesia yang telah mengirimkan undangan peluncuran ke redaksi Carvaganza.

BMW 4-Series

BMW Indonesia akan meluncurkan model yang mereka sebut sebagai The 4, pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021. Seri-4 akan menjadi model generasi baru pertama yang akan diluncurkan oleh BMW Indonesia pada tahun ini. Karena sejauh ini sejak awal tahun 2021, seluruh model yang diluncurkan BMW merupakan versi penyegaran alias LCI (life cycle impulse) dari produk yang sedang beredar.

Bicara soal desain, memang kembali ke selera masing-masing, apalagi dengan tampang Seri-4 terbaru ini. Desain grille depan yang jauh membesar dan mendominasi fascia depan, diadopsi dari model elektrik i4 Concept tahun lalu, yang kini sudah diproduksi. Karena pada dasarnya berbagi basis dengan sedan empat pintu Seri-3 (G20), BMW ingin membuat tampilan model genapnya ini lebih menonjol, terlebih model ini diposisikan dalam jajaran ‘dream cars’ dan sebagai ‘brand shapers’.

BMW 4-Series

Grille besar di depan disertai lekukan patah di bagian tengah, yang menjadi tempat bersangkarnya logo BMW. Pada debutnya, disebutkan bahwa grille baru ini mempresentasikan desain klasik dari model legendaris 328 dan 3.0 CSi. Tidak hanya di depan, BMW pun membuat tampilan Seri-4 semakin tidak seragam dengan Seri-3, lewat visual yang ditonjolkan oleh LED lampu belakang. Dilihat dari samping, siluet Seri-4 Coupe bak sebuah Seri 8 Coupe, namun dengan proporsi lebih kompak.

Meski desain di luar berbeda jauh, namun apa yang disajikan di dalam kabin bisa dibilang cukup identik. Layout dashboard dan kokpit Seri-4 Coupe masih sebagian besar sama seperti Seri-3. Panel instrumen digital menggunakan layar 12,3 inci dan sistem infotainment layar 8,8 inci yang didukung software iDrive generasi 7. Tidak ketinggalan, sudah tersedianya Apple CarPlay dan Android Auto, tapi mungkin bisa berbeda untuk versi Indonesia.

BMW 4-Series

Soal varian, kita masih harus tebak-tebakan Seri-4 Coupe mana yang akan diluncurkan. Tapi jika melihat siluet yang ditampilkan dalam undangan, sosoknya menunjukkan lekuk body versi M-Sport. Ada pahatan tegas dan menonjol dari sedikit fascia depan yang terlihat dalam siluet tersebut, yang menjadi khas trim M-Sport. Selain itu, kita juga masih harus menebak apakah varian 420i atau M440i yang diboyong nanti.

Untuk varian 420i, BMW membekali mesin empat silinder 2.0 liter turbo sebagai varian entry level. Sebaliknya, M440i adalah opsi varian tertinggi di luar Seri M, yang di atas kertas menghasilkan output 382 hp dan 500 Nm dari mesin enam silinder inline 3.0 liter turbo. Jangan lupakan juga kemungkinan opsi sistem penggerak xDrive yang kini semakin meluas ditawarkan dalam line up BMW.

BMW 4-Series

Kemungkinan lain di luar varian mesin, adalah akan atau tidaknya BMW menawarkan langsung versi Gran Coupe untuk Seri-4 ini di Indonesia. Bahkan sudah muncul tanda-tanda kalau M4 terbaru akan menyusul diluncurkan, dengan beredarnya sejumlah foto sosoknya dari netizen belakangan ini di Jakarta.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda