Mitsubishi Outlander Terbaru Meluncur, Lebih Bongsor dan Lebih Bertenaga

CARVAGANZA – Mitsubishi akhirnya meluncurkan all new Outlander 2022 yang digadang-gadang memiliki tampilan yang jauh lebih besar dan bahkan lebih modern dibanding pendahulunya. Outlander sebenarnya mengisi segmen SUV kompak bersama RAV4 dan CR-V. Tapi kini ukurannya agak lebih besar dibandingkan kompetitornya itu. Mitsubishi Outlander memiliki konfigurasi empat pintu dengan tujuh penumpang di tambah dengan varian plug in hybrid yang mulai populer di pasar Eropa.

Mesin yang digendong oleh all new Outlander 2022 adalah mesin empat silinder 2.5-liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT. Meski demikian, pabrikan tetap mendesain perpindahan transmisinya delapan tingkatan tersebut memiliki kesan layaknya transmisi manual. Pada varian standar hanya akan tersedia dengan penggerak roda depan, tapi Mitsubishi tetap menyediakan pilihan penggerak semua roda yang dibekali dengan S-AWC.

Mitsubishi Outlander

Mesin yang ditanamkan pada all-new Outlander terbaru ini menghasilkan tenaga 181 hp dan torsi 245 Nm. Tenaganya meningkat 15 hp dan torsinya meningkat 19 Nm, wajar karena ini adalah mesin baru yang diklaim paling bertenaga di kelasnya. Sayangnya ini adalah satu-satunya mesin yang ditawarkan oleh Mitsubishi untuk konsumen, pasalnya mesin V6 3.0-liter Turbo tidak tersedia lagi.

Sebenarnya yang paling menonjol di antara embel-embel all new adalah penampilan eksteriornya. Salah satunya adalah tampilan fog lamp berbentuk persegi yang memiliki desain baru , headlight LED yang lebih tajam serta lampu belakang yang didesain lebih lebar. Hasilnya all-new Mitsubishi Outlander 2022 memiliki tampilan yang modern, fresh dan sangat menonjol.

Mitsubishi Outlander

Selain itu, terdapat peningkatakn angka dimensi lebar dan tinggi yang juga mempegaruhi wheelbasenya. Outlander 2022 lebih lebar 2-inci dan lebih tinggi 1,5-inci juga memberikan jarak sumbu roda yang bertambah 1,4-inci. Peningkatan dimensi tersebut juga berpengaruh pada ruang interior yang lebih luas, misalnya ruang kaki yang lebih tinggi 1,0-inci di depan, dan 1,1-inci di baris kedua.

Oh ya, kini all new Mitsubishi Outlander juga dapat memberikan ruang lega berkat kursi baris ketiga Mitsubishi yang dapat dilipat hingga 50:50, sedangkan baris kedua memiliki split 40:20:40. Cukup luas dan nyaman jika harus membawa barang bawaan di baris belakang. All new Outlander juga menambahkan beberapa peranti hiburan untuk kenyaman ekstra di dalam kabin.

Mitsubishi Outlander

Di atas dashboard Mitsubishi menempatkan layar 8,0-inci dan dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Juga cluster meter yang juga merupakan layar sentuh berukuran 7,0-inci yang yang menampilkan speedometer analog dan takometer.

Jika merasa kurang puas, Mitsubishi masih menyediakan unit opsional untuk layar hiburannya di antaranya layar berukuran 9,0-inci dan layar cluster meter berukuran 12,3-inci dengan tampilan yang juga digital. Mitsubishi Outlander 2022 juga menyediakan head-up display (opsional) yang memproyeksikan informasi kendaraan dari tampilan cluster meter.

Mitsubishi Outlander

Selain fitur-fitur hiburan, Mitsubishi Outlander terbaru ini juga dibekali dengan fitur-fitur keselamatan standar di antaranya blind spot monitoring, rear cross traffic alert dan automated emergency braking. Yang terakhir adalah fitur pengereman otomatis untuk depan dan belakang. Terdapat beberapa fitur-fitur pengendaraan lain yang juga tersedia pada Outlander 2022 seperti cruise control dan lane keep assist.

All New Mitsubishi Outlander 2022 sudah dirilis secara resmi di beberapa negara termasuk Amerika, kabarnya harga yang dibanderol mulai dari US$ 23.000 atau sekitar lebih mahal US$ 900 dari model sebelumnya. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda