Mitsubishi Buka Suara Bawa Xpander Hybrid ke Indonesia

MMKSI ingin lihat arah kebijakan dan perkembangan pasar hybrid dulu.

Mitsubishi Xpander HEV

JAKARTA, Carvaganza - Thailand menjadi negara pertama di dunia yang dapat Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross versi hybrid. Padahal, sebelumnya Indonesia jadi negara kelahiran Xpander pada 2017 lalu. Apakah Indonesia akan kebagian pasar Xpander Hybrid juga?

Tren kendaraan bermesin hybrid tengah naik di pasar Indonesia belakangan ini, khususnya untuk model kelas menengah. Dengan adanya opsi hybrid untuk segmen Low MPV dan Low SUV tentu bisa memperluas segmen elektrifikasi untuk konsumen.

Mobil dengan teknologi hybrid juga dinilai sebagai opsi paling masuk akal saat ini sebagai 'jembatan' sebelum benar-benar beralih ke kendaraan listrik murni. Konsumen masih bisa merasakan sensasi EV tanpa perlu khawatir isi daya listrik di SPKLU. Lantas kapan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Hybrid rilis di Indonesia?

Xpander Hybrid

President Director PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita buka suara terkait hal itu Menurutnya, saat ini perusahaan masih mengkaji dan menunggu lampu hijau dari prinsipial terkait peluncuran Xpander Hybrid di Indonesia.

Baca Juga: The Arc, Rencana Besar Nissan Lahirkan Puluhan Mobil Elektrifikasi

"Kapan kami akan bawa ke Indonesia, tergantung dari perkembangan mobil hybrid di sini. Saya tidak bisa katakan sekarang kapan bisa dibawa, setidaknya saya bisa bilang secara teknis kami menunggu arahan dari prinsipal dan permintaan dari masyarakat Indonesia," kata Kurita saat acara Media Gathering di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2024).

Lebih lanjut, kata Kurita, pada dasarnya Mitsubishi sudah siap dengan mobil berteknologi hybrid. Namun saat ini pihaknya masih mengkaji kebutuhan dari konsumen termasuk menimang kebijakan dari pemerintah terkait aturan mobil hybrid yang bisa menguntungkan konsumen.

"Di Thailand ada beberapa kebijakan yang menguntungkan mobil hybrid. Sangat kompetitif dibanding mobil biasa. Kami akan melihat progres mobil hybrid di Indonesia," paparnya.

Mitsubishi Xpander HEV

Kulik Singkat Spesifikasi dan Fitur Xpander Hybrid

Teknologi hybrid yang dipasang pada Mitsubishi Xpander masuk kategori hybrid pintar, dia mampu menyesuaikan dengan gaya berkendara pengemudinya. Jadi, sistemnya bisa melaju dalam berbagai situasi seperti full EV, hybrid series, hybrid parallel, hingga regenerative untuk mengubah energi kinetik menjadi listrik.

Xpander Hybrid dibekali dengan jantung pacu pacu baru MIVEC 1.6 liter. Mengacu spesifikasi di atas kertas, enjin anyar ini mampu memproduksi tenaga 95 hp dan torsi puncak 134 Nm. Mesin ini kemudian dipadupadankan dengan teknologi hybrid dari baterai hingga motor listrik berdaya 116 hp dan torsi 225 Nm.

Mitsubishi Xpander Hybrid juga kedapatan opsi drive mode berupa Charge, EV, Normal, Tarmac, Gravel, Mud, dan Wet yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari pengendara. Lalu hadir juga fitur lainnya seperti Active Yaw Control (YAW), Steering Control, Acceleration Control. hingga Traction Control.

Menyoal harganya, Mitsubishi Xpander HEV dijual dengan harga 912 ribu Baht Thailand atau sekitar Rp395 jutaan dan model Xpander Cross HEV diniagakan 946 ribu Baht atau setara Rp410 jutaan jutaan. Menarik untuk ditunggu kehadiran dan posisi harga jualnya ketika sudah resmi diniagakan di Indonesia.
(BANGKIT JAYA / WH)

Baca Juga: Enaknya Mudik Ke Cirebon Susuri Jalur Alternatif Bersama Wuling Almaz Hybrid

Pelajari lebih lanjut tentang Mitsubishi Xpander Hybrid

Mobil Mitsubishi Lainnya

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi XForce
    Mitsubishi XForce
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi L100 EV
    Mitsubishi L100 EV
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Xpander Hybrid
    Mitsubishi Xpander Hybrid

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mitsubishi Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature