MG Motor Siapkan Mobil Sport Elektrik 2-Pintu Dan City Car Listrik

JAKARTA, Carvaganza.com – Produsen mobil yang berkantor pusat di London, Inggris, MG Motor menyiapkan mobil sport dua pintu bertenaga listrik. Menurut kabar, mobil itu merupakan pengembangan dari mobil konsep E-Motion yang diperkenalkan pada 2017 lalu. Versi produksinya itu rencananya akan mulai dipasarkan pada akhir 2021.

Sebetulnya brand MG awalnya dikenal sebagai pembuat mobil sport. Sayangnya produsen mobil mobil yang dimiliki oleh SAIC Motor dari Cina itu berhenti memasarkan mobil sport sejak 2011. Mobil sport terakhirnya adalah MG TF yang memiliki konfigurasi mid-engine. Rencana menghidupkan kembali akar brand MG yang sesungguhnya ini patut diapresiasi. Apalagi mobil ini akan dibekali sumber tenaga listrik.

Mobil coupe 4-penumpang itu akan diposisikan sebagai model tertinggi MG. Tak ayal spesifikasi yang diusungnya juga yang terbaik. Meski belum ada keterangan resmi, namun bila melihat versi konsepnya mobil ini akan dilengkapi sepasang motor listrik untuk menggerakkan keempat roda. Mobil konsep MG E-Motion mampu melaju sejauh 482 km dengan akselerasi 0-100 km/jam kurang dari empat detik saja.

Indonesia memang belum menjual MG bertenaga listrik. Tapi secara global sudah ada MG ZS electric. Perbandingannya cukup jauh. Baterai listrik hanya sanggup membawa MG ZS melaju sejauh 262 km saja. Pengembangan teknologi yang dilakukan MG untuk kendaraan elektrik sepertinya telah berkembang pesat.

Walaupun rencana pengadaan mobil sport bertenaga listrik akan mampu mengangkat citra band MG secara global. Namun belum tentu sanggup meningkatkan performa penjualannya. Setidaknya mereka berupaya mengembalikan pamor brand MG sediakala seperti ketika masih bernama MG Rover.

Akan Luncurkan City Car Electric

Apalagi mereka juga belum lama ini menargetkan bersaing di segmen hatchback electric bersama Honda E dan Mini Cooper SE. City car itu katanya akan memiliki dimensi sebesar mobil entry-level mereka, yakni MG 3. Untuk menggoda pasar, MG dikabarkan akan menyiapkan paket harga yang lebih murah dibanding para kompetitornya itu. Memang sejak lahir kembali di bawah naungan raksasa otomotif negeri Panda, MG bukan lagi mengedepankan performa, melainkan value for money.

Hingga kini memang belum ada gambaran tentang desain city car listrik miliknya nanti. Apakah akan mengadopsi bahasa desain tradisional MG yang punya grille mirip Mazda, atau punya bahasa desain masa depan yang berbeda. Paling penting lagi, apakah mobil listrik mereka ini nantinya akan dipasarkan juga di Indonesia, masih tanda tanya.

MG Motor resmi masuk Indonesia pada Maret 2020 lalu dengan membawa dua produk SUV (Sport Utility Vehicle) yakni MG ZS dan MG HS. Keduanya datang dengan paket desain bergaya Eropa lengkap dengan segala fitur mewahnya namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding kontestan sekategori. Rambah pasar anak muda, bukan tak mungkin MG akan menghadirkan mobil listrik mereka di Indonesia nantinya. Apalagi Morris Garage di Indonesia dipegaang oleh Eurokars Group yang dikenal punya imej kental dengan mobil-mobil mewah dan mentereng.
RIZKI SATRIA

Baca juga: Punya Fitur Baru, Prestige Luncurkan Tesla Model 3 Facelift di Indonesia



Sumber: Autocar UK

Artikel yang direkomendasikan untuk anda