Mercedes-Benz C-Class 2022 Akhirnya Siap Diluncurkan Bulan Ini

JAKARTA, Carvaganza – Mercedes-Benz sepertinya tengah sibuk mempersiapkan kehadiran sedan kompaknya C-Class 2022. Kompetitor dari BMW Seri-3 dan Audi A4 ini dikabarkan segera dirilis pada Februari 2021.

Dikutip dari Carscoops.com, Mercedes-Benz sudah menyiapkan C-Class sedan termasuk model Estatenya untuk dijual. Setelah itu, varian coupe dan convertible baru akan menyusul diluncurkan pada pertengahan 2022 mendatang.

Pada tampilannya, semua model C-Class akan menyerap beberapa detail desain dari E-Class dan S-Class. Namun pembedanya terlihat jelas pada desain headlight dan lampu belakang yang lebih bersudut di ujungnya. Walaupun secara garis besar identitasnya terlihat jelas bahwa C-Class merupakan sedan kompak milik Mercedes-Benz.

Mercedes C-Class 2021

Pada interiornya, C-Class disematkan dengan sistem infotaiment dengan layar portrait dan memberikan tampilan yang fresh di dalam kabin. Fitur hiburan tersebut sudah dilengkapi dengan layar OLED dan terdapat fitur finger scan dan pendeteksi wajah untuk menyesuaikan gaya berkendara sesuai dengan preferensi pemiliknya. Tersedia pula sambungan untuk smartphone melalui layanan Apple CarPlay dan Android Auto. Secara umum desain interiornya terlihat menonjol dan kental akan nuansa flasgship sedan Mercedes-Benz. Di antaranya adalah fitur ambience light yang tersedia dengan berbagai pilihan warna.

Sedangkan untuk sektor jantung pacunya, Mercedes-Benz C-Class akan dibekali dengan berbagai varian mesin. Mulai dari mesin hybrid hingga mesin full plug-in hybrid juga akan tersedia pada C-Class 2022. Sementara pada model tertinggi dengan badge AMG tidak akan lagi dibekali dengan mesin V8 Twin Turbo. Mercedes-Benz akan mempercayakan mesin 6-silinder atau 4-silinder dengan kapasitas 2.0-liter Turbocharged.

Pada mesin varian AMG, C-Class mampu menghasilkan tenaga maksimal 500 hp dan sepertinya akan menjadi kompetitor kuat untuk bersanding dengan BMW M3. Tenaganya akan dialirkan melalui transmisi otomatis 9-percepatan dan akan dialirkan ke roda belakang. Selain itu juga akan tersedia varian listrik yang kabarnya akan ditanamkan pada kap mesin Mercedes-Benz C63 terbaru. Kabarnya varian tersebut juga akan tersedia untuk pasar Asia Pasifik.

Mercedes C-Class 2021 Dashboard

Mercedes-Benz juga akan merilis C53 dan sedang diuji di Eropa Utara. Kabarnya mobil tersebut akan dibekali dengan mesin 6-silinder 3.0-liter turbocharged. Tersedia varian bermesin konvensional yang dikawinkan dengan motor listrik EQ Boost. Meskipun sebuah sedan hybrid, namun C53 mampu menghasilkan tenaga hingga 430 hp dengan penggerak all-wheel drive.

Selain itu, terdapat pula fitur-fitur keselamatan yang menjadi menu standar di Mercedes-Benz C-Class 2022. Di antaranya adalah Automated Emergency Braking with Pedestrian Detection, yang menghindari terjadinya kecelakaan antara mobil dan pejalan kaki. Selanjutnya ada Lane Departure Warning dengan Lane Keeping Assist dan cruise control dengan mode semi otonom.

Jika resmi mengaspal di Indonesia C-Class akan mengisi segmen entry level sedan Mercedes-Benz di model klasik. Indonesia sendiri belum lama telah merilis versi atau edisi perpisahan untuk C-Class, melalui varian C200 dan C300 Final Edition. ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda