Beranda Updates Mercedes-AMG Siapkan Hypercar dengan Mesin F1

Mercedes-AMG Siapkan Hypercar dengan Mesin F1

MUNICH, 2 September 2016 – Untuk para milyuner yang mencintai kecepatan belum lengkap jika belum memiliki sebuah hypercar. Saat ini ada banyak sekali hypercar yang ditawarkan, salah satunya adalah Bugatti Chiron. Nah, Bugatti Chiron akan segera mendapat lawan baru dari Mercedes-AMG.

Ya, pabrikan mobil asal Jerman tersebut akan meluncurkan sebuah hypercar pada tahun 2017 yang diberi nama R50. Tak tanggung tanggung, Mercedes-AMG akan menyematkan mesin Formula 1 di mobil barunya itu. Mobil ini akan dibekali dengan mesin V6 1.6 Liter Turbocharger seperti yang digunakan pada AMG W07 F1 Racer.

Seperti yang kita ketahui bersama mesin Formula 1 memiliki tenaga yang sangat buas hingga mencapai 900 hp. Namun nampaknya tenaga sebesar itu dirasa masih belum cukup untuk mobil ini. Maka dari itu Mercedes-AMG menambahkan 2 buah motor listrik dibagian roda depan. Sehingga kemungkinan tenaga yang dimiliki mencapai 1000 hp hingga 1500 hp.

Tantangan terbesar pada sektor mesin terletak pada penyesuaian antara karakter penggunaan pada track dengan jalan raya. Ya, meski memiiki tenaga yang super buas, mobil ini dituntut tetap aman dan nyaman untuk digunakan pada jalan raya.

Untuk memaksimalkan tenaga yang disemburkan oleh mesin tersebut, Mercedes harus memangkas bobotnya hingga mencapai antara 1000 kg hingga 1300 kg saja. Untuk mencapai hal tersebut, Mercedes percaya penggunaan aluminium dengan serat karbon yang akan sangat membantu mengurangi berat kendaraan.

Oh ya, mobil ini akan diperkenalkan secara resmi bertepatan dengan perayaan 50 tahun AMG. Sampai saat ini, tahap desain sudah selesai tinggal masuk ke tahap pengembangan dan pengujian. Kemungkinan mobil ini akan dibanderol sekitar 4 juta Euro.

TITO LISTYADI