Mengintip Spesifikasi VW Taos Yang Bakal Hadir di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza – VW Indonesia hari Rabu kemarin (26/1) telah menyatakan bakal mendatangkan adik VW Tiguan ke Indonesia pada tahun ini. Ahmad Badawi, selaku National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor (GMM) menyampaikan hal itu dihadapan beberapa media nasional di Jakarta.

Carvaganza sudah menuliskan rencana tersebut kemarin. Dan Carvaganza memprediksi yang bakal datang nanti adalah VW Taos. Bahkan Badawi juga mengungkapkan tidak tertutup kemungkinan bakal mendatangkan model lainnya dan sekarang ini sedang dipelajari possibility-nya.

Volkswagen Taos berbagi platform dengan VW Tharu yang beredar di pasar Cina. Taos sendiri beredar di Rusia, pasar Amerika Selatan dan Amerika Serikat termasuk Amerika Utara. Memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan Tiguan sehingga mendapat sebutan sebagai adik Tiguan dengan dimensi yang lebih compact. Nah, kalau nanti masuk apakah produk itu didatangkan dari Amerika atau negara asalnya, Jerman?

Kemungkinan besar bukan dari Cina, meskipun platformnya sama. Pasalnya untuk pasar Amerika Serikat dan Amerika Selatan memiliki style yang berbeda dengan Tiongkok.

VW Taos 2022

Interior Lapang

Meskipun diposisikan sebagai adik Tiguan dengan bodi yang kompak, SUV/crossover ini memiliki ruang jok belakang dan bagasi yang lapang. Material yang dipakai untuk bagian interior membuat Taos menjadi berkelas, Dilengkapi dengan layar full digital dan sejumlah tombol pengaturan yang mudah dioperasikan.

Perpindahan transmisi pada Taos FWD terasa halus dan akselerasinya begitu renyah. Namun untuk versi AWD memang agak sedikit kasar. Taos AWD mengadopsi transmisi otomatis 7 percepatan dual clutch, sedangkan FWD transmisi otomatis 8 percepatan. Di pasar Amrik, VW Taos model tahun 2022 dibanderol dengan harga mulai dari US$ 28.400 sampai lebih dari US$ 32.600.

VW Taos 2022 yang beredar di Amrik dilengkap mesin bensin 4 silinder segaris turbo 1.5 liter yang menghasilkan tenaga 158 hp dan torsi 250 Nm.

VW Taos 2022

Dalam hal fitur teknologi, Taos yang beredar di Amrik mengaplikasi layar sentuh 8,0 inci, wireless charging dan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel. Semua tipe mendapatkan instrument cluster digital sebagai komponen standar. Nah untuk varian tertinggi mendapat penambahan lampu ambient dan sistem audio Beats delapan speaker.

Untuk fitur keselamatan, seluruh Taos dilengkapi dengan driver assistance yang diberi nama IQ.Drive. Di antaranya adalah forward collision warning, front automatic emergency braking, blind-spot monitoring, rear cross-traffic alert, lane keeping assist, dan adaptive cruise control. Untuk fitur automatic high beams hanya terdapat di model yang mendapatkan fitur adaptive headlights.

Nah kalau nanti crossover urban ini masuk ke Indonesia, dari sisi spesifikasi Ia akan berkompetisi dengan Kia Seltos, Hyundai Kona, Honda HR-V dan Mazda CX-30. Kami sendiri belum mendapat bocoran berapa harga yang bakal dibanderol untuk pasar Indonesia. (EKA ZULKARNAIN)

Baca juga:  VW Indonesia Hadirkan Adik Tiguan!

Sumber: ragam sumber  Foto: motortrend.com

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Volkswagen Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature