Mengenal Land Rover Defender 130 Outbound, Pendekar Off-Road Berbadan Besar

Meski dimensinya bongsor, Defender 130 tetap punya kemampuan off-road yang bisa diandalkan.

Land Rover Defender 130 Outbound

JAKARTA, Carvaganza - Land Rover Defender 130 Outbound menjadi unit teranyar yang menempati kasta tertinggi. Memiliki badan yang lebih besar, ia disetel agar mampu menampung lebih banyak orang bahkan mencapai 8 penumpang. Ia sudah mulai dijual di Tanah Air dengan banderol Rp4 miliaran.

Bicara dimensi, tentunya ia lebih masif dibanding versi 90 dan 110. Panjang Defender 130 Outbound mencapai 5.358 mm, lebar 2.105 mm dan tinggi 1.967 mm. Jarak sumbu roda diseting 3.022 mm untuk memastikan kestabilan sekaligus menyajikan kabin lapang. Sementara kemampuan tualang di berbagai medan terutama offroad diperkuat ground clearance 218,5 mm.

Secara desain tak banyak perbedaan. Ia tetap menampilkan konsep Defender terkini. Untuk Outbound diberikan opsi eksterior, yakni Expedition Roof Rack, Exterior Side-mounted Gear Carrier, Deployable Side Step, Spare wheel Cover dan Deployable Roof Ladder. Ini membuatnya semakin gagah dan siap untuk bertualang ke berbagai medan atau melakukan aktivitas outdoor. Defender 130 Outbound mampu melewati air dengan kedalaman 900 mm. Sementara sudut off-road diatur (Approach / Breakover / Departure) 37.5° / 27.8° / 28.5°. Mobil pun memiliki bobot 2.545 kg dan radius putar 13,1 m. Eksterior pun disempurnakan Panoramic Sunroof yang menambah kesan mewah.

Land Rover Defender 130 Outbound

Urusan jantung mekanis mengandalkan konfigurasi 6 silinder peminum bensin. Kapasitas enjin mencapai 3.0 liter dan disokong perangkat turbocharger. Hal ini mengizinkan keluaran tenaga mencapai 400 PS di rentang 5.500 hingga 6.500 rpm. Sementara torsi tertinggi sebesar 550 Nm mulai 2.000 sampai 5.000 rpm. Seluruh energi dorong disalurkan ke empat roda (all wheel drive) melalui sistem transmisi otomatis 8-percepatan.

Baca Juga: Isuzu D-Max Siap Debut Versi Hybrid dan Listrik di Bangkok Motor Show

Raihan performa menurut klaim pabrikan mampu menggerakkan mobil dari posisi nol ke 100 km/jam dalam 6,6 detik. Kecepatan puncak mencapai 191 km/jam dengan bodinya yang besar dan terbilang berat. Sementara konsumsi bahan bakar dikatakan mampu meraih 9,6 liter per 100 km dengan emisi CO2 sebesar 220 gram per km.

Sektor kaki-kaki diperkuat suspensi udara di depan dan belakang. Hal ini mengizinkan mobil untuk mengatur ketinggian ground clearance sesuai kebutuhan, baik di jalan raya maupun medan off-road. Sedangkan sistem penghela laju mengandalkan jenis cakram berventilasi di seluruh roda. Ia terletak di belakang velg bergaya gloss black dengan diameter 20 inci.

Kabin bernuansa Ebony dengan jok Ebony/Ebony Resist & Robustec. Pengaturan pencahayaan kabin yang dapat disesuaikan memungkinkan menciptakan suasana yang sesuai dengan suasana hati dan preferensi. Kolom kemudi dapat diatur secara manual, begitu pula jok dengan 12 arah secara elektrik serta dapat disimpan setelannya. Lantaran 130 Outbound memiliki dimensi masif, ruang kabin untuk penyajian daya angkut barang menjadi sangat mumpuni. Ketika semua jok ditegakkan maka kapasitasnya 389 liter, sementara baris saat baris ketiga dilipat menyajikan 1.232 liter. Makin lega ketika baris kedua dan ketiga dilipat menjadi 2.516 liter.

Land Rover Defender 130 Outbound

Kelengkapan fitur kenyamanan dipasangkan sistem hiburan Pivi Pro 11.4 inci dengan koneksi internet. Ia juga dapat terhubung ke smartphone melalui Apple CarPlay dan Android Auto memungkinkan. Perangkat pun disokong sistem audio premium Meridian Sound System menghadirkan pengalaman suara jernih. Kelengkapan lainnya yang menjadi standar seperti bluetooth dan wireless charging.

Terdapat pula fitur kenyamanan bersifat opsional, artinya konsumen harus merogoh kocek lebih untuk menyematkannya. Ia terdiri dari Robustec Veneer, Three-zone Climate Control with Rear Heating & Cooling Assist, Air Quality Sensor, Cabin Air Purification Plus, 60:40 Load Through Rear Seats with Manual Slide and Recline and Centre Armrest dan Solar Attenuating Windscreen.

Lantaran merupakan kendaran yang sejatinya hidup di medan menantang, berbagai perangkat keselamatan dan keamanan dibenamkan. Perangkat safety standar dapat ditemukan padanya, termasuk Advanced Driving Assistance (ADAS) seperti Blind Spot Assist, Driver Condition Monitor, Lane Keep Assist dan Rear Traffic Monitor. Lebih lanjut diperkuat pula dengan Cruise Control, Speed Limiter, Sensor Wading, Adaptive Dynamic dan ClearSight Interior Rear View Monitor.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: GWM Indonesia Grand Launching di PIM, Pamer Haval dan Tank

Pelajari lebih lanjut tentang Land Rover Defender

  • Tampak Depan Bawah Land Rover Defender
  • Tampak Depan Land Rover Defender
  • Tampak belakang Defender
  • Tampak belakang Defender
  • Tampak depan medium Land Rover Defender
  • Tampak belakang tengah Defender
  • Land Rover Defender Front Cross Side View
Land Rover Defender
Rp 2,61 - 3,95 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 59,46 Juta

Mobil Land Rover Lainnya

  • Land Rover Defender
    Land Rover Defender
  • Land Rover Range Rover
    Land Rover Range Rover
  • Land Rover Range Rover Sport
    Land Rover Range Rover Sport
  • Land Rover Range Rover Velar
    Land Rover Range Rover Velar
  • Land Rover Discovery
    Land Rover Discovery
  • Land Rover Discovery Sport
    Land Rover Discovery Sport
  • Land Rover Range Rover Evoque
    Land Rover Range Rover Evoque

Don't Miss

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Land Rover Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature