McLaren Senna LM Milik Eks-Pembalap F1 Ini Hancur di Pinggir Jalan

EZE, Carvaganza.com – McLaren Senna LM merupakan salah satu mobil paling langka yang dijual saat ini di dunia. Hanya sebanyak 20 unit diproduksi khusus oleh McLaren Automotive, sebagai varian eksklusif dari Senna. Namun baru-baru ini, salah satu unit Senna LM hancur dalam sebuah kecelakaan di Perancis.

Senna LM satu ini bahkan diketahui adalah milik dari seorang mantan pembalap F1, Adrian Sutil. Beredar dalam bentuk rangkaian foto di media sosial, Senna LM berwaran oranye ini tampak hancur di bagian depannya. Kecelakaan diketahui terjadi di wilayah Riviera Perancis, tepatnya di Eze.

Tidak diketahui apa yang membuat supercar dengan spesifikasi balap ini kehilangan kendali. Namun dalam foto jelas terlihat bahwa Senna LM menabrak kencang sebuah tiang di pinggir jalan. Sebagian panel body bermaterial serat karbon rusak parah, seperti bumper depan, kap bagasi, dan panel samping yang hancur terurai.

https://www.instagram.com/p/CDGr6MHjeVI/?utm_source=ig_embed

Lebih menyesakkan lagi mengetahui bahwa Sutil, pembalap berdarah Jerman itu, belum lama serah terima unit Senna LM pada bulan Januari 2020 lalu. Artinya baru enam bulan lamanya mobil dengan warna khas Papaya Orange ini dimiliki oleh eks pembalap Force India dan Sauber itu. Sebuah dealer McLaren di Monako mengunggah foto Sutil dengan unit Senna LM tersebut melalui Instagram saat serah terima.

Menjadi varian lebih kencang dan terbatas dari Senna, Senna LM yang hanya diproduksi 20 unit ini menggunakan chassis dari Senna GTR. Sementara Senna GTR merupakan varian yang khusus untuk digunakan di sirkuit, Senna LM berada di antara Senna dan Senna GTR. Saat kecelakaan terjadi, tidak diketahui apakah mobil sedang dikemudikan sendiri oleh Sutil.

Dibandingkan Senna standar, varian LM ini tampil beda dengan velg palang lima khusus berdesain seperti milik McLaren F1. Kemudian fender depan mendapat ventilasi udara, ada juga roof scoop, endplate sayap belakang unik, serta grafis khusus. Keseluruhan, Senna LM diciptakan untuk berwujud mirip dengan F1 LM.

https://www.instagram.com/p/B7tS64dpkSF/?utm_source=ig_embed

Mesin V8 4,0 liter twin-turbo yang diadopsi dari 720S mendapat peningkatan berupa port and polish, demi output lebih gahar. Tidak disebut pasti berapa output mesin Senna LM, baik tenaga maupun torsi. Yang jelas Senna LM lebih andal untuk digeber di sirkuit, berkat peningkatan aerodinamikanya.

Terkait Sutil sendiri, dirinya juga tidak asing dengan mobil-mobil kencang di luar sirkuti. Beberapa kali Sutil terlihat mengendarai Gemballa Mirage GT (berbasis Porsche Carrera GT), Bugatti Chiron dan Veyron. Beberapa model terbatas Ferrari juga pernah dikendarainya.

Sumber: Carscoops, @robgilles, @vcars98

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda