Maserati Grecale Akan Dirilis Akhir 2021, Tampangnya Makin Terlihat Jelas

MODENA, Carvaganza – Masih ingat beberapa waktu lalu kami memberitakan bahwa Maserati akan segera merilis SUV kompak terbarunya Maserati Grecale? Stellantis Group yang merupakan perusahaan yang menaungi Maserati menjadwalkan akan merilis SUV di bawahnya Levante pada akhir tahun ini. Sebelumnya kami tidak mendapatkan gambar yang pas dan benar-benar jelas, karena memang Maserati masih menyembunyikannya pada publik. 

Namun belum lama ini CEO Stellantis, Carlos Tavares baru saja merilis prototipe yang akan tengah menjalani pengujian dan dengan foto yang cukup jelas. Beberapa bagian terlihat agak jelas meskipun seluruh bodi mobil masih tertutup oleh kamuflase, salah satunya adalah desain grille dengan lampu depan berbentuk teardrops dengan lubang udara dengan aksen honeycomb terlihat jelas di fascia depannya. 

Maserati Grecale adalah sebuah SUV kompak dengan konfigurasi 5-penumpang dengan performa balap khas Trident. Desain eskteriornya juga dibuat sangat khas dengan dimensin kap mesin yang panjang serta profile SUV. Pada foto barunya tidak tampak bagian belakang dari Maserati Grecale tetapi kita masih bisa liat dari potongan foto yang didapatkan dari foto teaser beberapa waktu lalu.

Maserati Grecale Prototype

Setelah diluncurkan nanti, Maserati Grecale menjadi saingan yang sebanding untuk Porsche Macan yang sama-sama merupakan SUV kompak di segmen premium. Namun demikian Maserati belum merilis detail mesin yang akan digunakan pada Grecale, tetapi rumornya varian terendahnya dikabarkan menggendong mesin 4 silinder 2.0 liter yang menghasilkan tenaga maksimal 272 hp. Menariknya lagi Grecale tidak hanya ditawarkan dengan pilihan mesin bensin saja tetapi juga akan tersedia hybrid hingga pada pilihan bertenaga listrik.

Sementara varian teratasnya akan menggunakan mesin yang dikembangkan oleh Ferrari, yakni V6 2.9 liter yang menghasilkan tenaga 503 hp dan menggunakan sistem penggerak roda belakang yang diambil dari MC20. Seluruh pilihan mesin tersebut akan dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang juga terdapat pada Levante.

Selain itu untuk pengendara akan disajikan dengan berbagai fitur berkendara yang berorientasi pada keselamatan dan kemudahan. Di antaranya adalah forward collision alert, autonomous emergency braking with pedestrian-detection, cross-traffic alert, dan dynamic cruise control. Secara detail fitur tersebut akan segera dirilis bersamaan dengan peluncuran SUV tersebut di akhir tahun. 

Jika Maserati menempatkan Grecale sebagai tandingan dari Porsche Macan pastinya juga akan dibanderol dengan rentang harga yang mirip. Meski belum ada rilisan resmi dan dengan melihat segmen yang diisi oleh Grecale, nampaknya banderolnya akan berada di kisaran Rp 2,5 – 3,5 Miliar tergantung dari variannya.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Paul Tan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda