Layak Tunggu, Fitur Keren di Mitsubishi Pajero Sport Baru

JAKARTA, Carvaganza -- Di bulan pertama 2021 beberapa pabrikan sudah mulai memperkenalkan model terbarunya. Berbagai prediksi muncul termasuk Mitsubishi yang diperkirakan akan segera memboyong New Pajero Sport. Sport Utility Vehicle itu diyakini akan segera masuk Indonesia tak lama lagi.

Prediksi ini bukan tanpa alasa. Pajero Sport edisi terbaru sudah diperkenalkan di kawasan Asia Tenggara, tepatnya di Thailand, pada Juli 2019 lalu. Selain itu, ia juga sudah dijajakan di Filipina dan Australia. Sehingga Indonesia bakal jadi pasar berikutnya mengingat model ini sangat diminati konsumen Tanah Air.

Bahkan sebenarnya kedatangan Pajero Sport sudah berhembus sejak tahun lalu. Hanya saja pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasan peluncurannya tertunda. Tahun ini, bukan hal yang mengagetkan jika akhirnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan versi facelift ini.

Oke, sembari menunggu kepastiannya, kita simak beberapa ubahan dan upgrade yang didapatkan Mitsubishi New Pajero Sport.

Mitsubishi Pajero Sport facelift

Desain Senada Xpander

Dari sisi tampilan, akan ada ubahan yang lumayan. Pajero Sport teranyar tampil lebih sporty dengan desain Advance Dynamic Shield. Desain senada ini sudah diterapkan di model-model Mitsubishi lainnya, dimulai dari Mitsubishi Xpander, kemudian Eclipse Cross, Xpander Cross, dan Triton terbaru. Fasad depan Mitsubishi yang menggunakan desain ini sangat gampang dikenali lewat kehadiran dua pasang lampu di bumper dan kap. Lampu utama Pajero Sport tentunya tetap di bagian kap yang kini lebih terintegrasi dengan grill.

Ubahan ini membuat kap mesin yang dirancang lebih tinggi. Hasilnya, bagian depan terlihat kian maskulin. Ditambah bumper yang lebih kekar turut menguatkan kesan tersebut. Lapisan chrome mendominasi grille baru Pajero Sport, yang dilanjutkan ke aksen L terbalik di bagian sampingnya.

Skidplate di bawah bumper diganti dengan konsep yang lebih terintegrasi dengan desainnya. Hal sama berlaku di buritan, dengan revisi bumper dan skid plate bawah. Lampu belakang ikonik masih menggunakan model horizontal dengan tatanan LED yang lebih keren. Lampu memanjang ke bawah khas Pajero Sport kini lebih pendek.

Mitsubishi Pajero Sport remote

Rangkaian Fitur Baru

Nah, seperti judul di atas, rangkaian fitur yang dimiliki Pajero Sport baru ini membuat ia layak ditunggu. Ragam fitur advance ini tak hanya bisa dioperasikan dari mobil, tapi juga dari smartphone! Ya, sistem bernama Mitsubishi Remote Control App menghubungkan sang SUV ke genggaman Anda bahkan ketika Anda di luar mobil.

Contoh electric powered tailgate yaitu fitur yang bisa membuka pintu bagasi secara otomatis. Normalnya fitur ini akan sangat membantu karena cukup menekan tombol saja maka pintu bagasi akan terbuka. Hanya saja di Mitsubishi Pajero Sport Facelift fitur itu terkoneksi dengan Mitsubishi Remote Control App.

Sistem ini memungkinkan Anda membuka pintu bagasi melalui ponsel pintar yang Anda miliki. Berkat fitur itu dengan jarak tertentu, pintu bagasi bisa dibuka dari jauh melalui ponsel. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencari tombol ketika hendak memasukkan barang ke bagasi mobil. Jika Anda malas menggunakan ponsel, Anda tinggal menggunakan tombol khusus yang ada di kunci mobil.

Ada beberapa fungsi lain dari aplikasi ini. Ia akan memberikan notifikasi ketika pintu lupa dikunci atau ada komponen yang masih menyala, hingga mengunci kendaraan pun bisa dilakukan dari ponsel pintar milik Anda. Jika Anda sedang sial dan tak bisa masuk mobil juga troubleshoot bisa dilakukan dari genggaman.

Satu fungsi lain di aplikasi ini yang tak kalah penting yaitu Remote Headlight. Jadi Anda akan dengan mudah menemukan mobil Anda melalui lampu utama yang sudah menyala dari jarak yang jauh. Anda tinggal mengaktifkan Remote Headlight ini di aplikasi Mitsubishi Remote Control.

Mitsubishi Pajero Sport facelift interior

Mirrored Screen dan WiFi

Kesan mewah terpancar ketika Anda masuk ke kabin. Panel instrumen full digital tersaji dari layar 8 inci di depan pengemudi. Aneka parameter kendaraan terlihat lebih informatif bahkan lebih lengkap, ada navigasi di sana. Tak cuma itu, Anda bisa memilih 1 dari 3 mode tampilan layar dengan mudah.

Untuk pertama kalinya Mitsubishi Pajero Sport memiliki layar 12 inci di baris kedua atau di jok penumpang kedua. Menariknya layar tersebut bukan hanya layar yang bisa menampilkan fitur entertainment yang ada di konsol tengah mobil.

Layar tersebut justru dilengkapi dengan fitur Mirrored Screen yang bisa menampilkan layar ponsel ke layar Mitsubishi Pajero Sport. Jadi Anda bisa menikmati semua fitur di ponsel pintar Anda melalui layar. Layar ini juga dibekali dengan slot USB yang bisa dicolok dengan WiFi On The Go.

Koneksi daya untuk smartphone bagi penumpang juga kini diperluas aksesnya. Bukan cuma USB ataupun model pemantik rokok saja yang tersedia, namun juga soket AC 12V layaknya di rumah, ada di kabin. Anda pun bisa mengisi daya laptop atau menyalakan perangkat elektronik lainnya tanpa perlu konverter.

Mitsubishi Pajero Sport facelift

Fitur Keamanan

Di sektor pengendaraan, ada dua fitur fitur baru. Lane Change Assist, hadir untuk menjaga kendaraan dari keluar jalur saat Anda lengah. Rear Cross Traffic Alert, akan mengingatkan jika ada objek bergerak saat Anda mundur. Dua fitur ini akan melengkapi deret sistem pemandu yang sudah ada sekarang seperti; Adaptive Cruise Control, pengereman otomatis, sensor berhenti otomatis, blind spot warning, hingga trailer stability assist.

Soal performa Pajero Sport sudah membuktikan, Ia dilengkapi unit mesin 2.4 liter legendaris dengan turbo variabel (VGT) berkode 4N15. Mesin ini siap memberikan torsi 430 Nm dan tenaga 181 PS. Kemampuannya dipadukan dengan girboks otomatis 8-speed yang canggih lengkap dengan paddle shift.

Yang pasti, Mitsubishi Pajero Sport tetap akan tersedia dalam pilihan penggerak 4WD. Dan tentunya masih mengadaptasi aneka mode kontrol off road dan skema koneksi gardan yang praktis dan canggih lewat Super Select 4WD II-nya. So, layak ditunggu kan? (RAJU FEBRIAN)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda