Lamborghini Lirik Ikut Balap Endurance Juga Susul BMW, Audi dan Porsche

Lamborghini Esseza SCV12

BOLOGNA, Carvaganza – Dibukanya kelas Hypercar dan prototipe LMDh di ajang balap endurance telah menarik semakin banyak pabrikan besar untuk bergabung. Kali ini giliran Lamborghini yang menyatakan minatnya untuk ikut meriahkan kelas tertinggi baru di kejuaraan endurance ini. Pabrikan Italia ini memilih untuk mengambil jalur prototipe LMDh.

Dilansir oleh RACER, divisi balap langsung dikerahkan untuk Lamborghini terlibat di kategori ini, yaitu Lamborghini Squadra Corse. Keikutsertaan Lamborghini akan dimulai pada tahun 2024, bergabung dengan pabrikan besar lain yang juga sudah pastikan partisipasinya. Pabrikan lain yang sudah fixed akan masuk LMDh yaitu Acura, Audi, BMW, Porsche dan Cadillac.

LMDh yang merupakan singkatan dari “Le Mans Daytona h” adalah kategori tertinggi dari kejuaraan IMSA WeatherTech SportsCar Championship yang berbasis di Amerika Utara. Kelas suksesor dari Daytona Prototype International (DPi) ini akan berdampingan dengan kelas Le Mans Hypercar (LMH) yang menggantikan LMP1 di FIA World Endurance Championship.

Lamborghini Esseza SCV12

“Kami belum 100 persen memastikan itu, saya bisa konfirmasi, tetapi jika saya mengatakan kami 90 persen menuju ke sana, itu akan cukup akurat. Kami memiliki beberapa hal yang perlu saling dihubungkan dengan beberapa penyedia utama,” kata Chris Ward, senior motorsport manager Lamborghini.

Baca Juga: Hungaroring, Sirkuit 'Langganan' Pembalap F1 Raih Kemenangan Perdana

“Itulah yang memisahkan kami dari banyak pabrikan; secara historis, kami tidak melakukan banyak balap pabrikan seperti mungkin Anda melihat Porsche atau yang lainnya membalap sebagai pabrikan. Untuk menuju ke sana, akan membutuhkan upaya dukungan dari konsumen juga.

“Tapi kami dalam posisi yang menguntungkan sebagai sebuah pabrikan yang memiliki hubungan dan individu di dalam portofolio kami yang ada dan berkembang yang dapat membantu kami mencapainya. Jadi itu adalah elemen yang harus benar-benar kita lewati untuk memastikannya 100 persen.”

Sebelum mengumumkan resmi akan meluncurkan proyek LMDh ini, Lamborghini masih harus mendapatkan tim konsumen untuk menjadi partner. Spekulasi sejauh ini mengarah ke tim GT mereka yaitu K-PAX Racing yang merupakan juara SRO Americas/World Challenge. Tim balap yang berbasis di Amerika itu menjadi opsi terkuat untuk saat ini.

Lamborghini Huracan STO

Ward juga menambahkan bahwa langkah tersebut menjadi opsi terbaik untuk menggandeng tim balap sebagai partner. Selain karena sudah saling mengenal secara profesional, menunjuk tim konsumen juga akan membuat proses pengembangan mobil balap lebih efisien dibanding dilakukan sepenuhnya oleh pabrikan.

Hanya tinggal menunggu waktu sampai Lamborghini memastikan dan mengumumkan komitmennya untuk bergabung ke LMDh. Di sisi lain, beberapa bulan lalu Ferrari justru mengumumkan akan kembali ke balap endurance, namun dengan meramaikan kelas LM Hypercar. Debut Ferrari akan dilakoni pada tahun 2023.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Valentino Rossi Umumkan Pensiun MotoGP Setelah 2021, akan Pindah ke Balap Mobil

Sumber: Carscoops

Mobil Lamborghini Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza