Kenalan Yuk Sama Spot, Robot Pintar Buatan Hyundai dan Boston Dynamics

Hyundai Robot Spot

JAKARTA, Carvaganza – Sebagai salah satu wujud dari transformasi strategis di tingkat global Hyundai. Sejalan dengan hal tersebut PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan robot pintar berkaki empat yang diberi nama Spot. Lahirnya robot ini merupakan hasil kerja sama antara Hyundai Motor Group dengan Boston Dynamics perusahaan robot asal Amerika Serikat. 

Dengan lahirnya robot Spot ini diharapkan dapat memberikan kemudahan di masa depan untuk manusia baik di lingkungan kerja maupun di sekitar rumah. Spot robot ini memiliki kemampuan layaknya sebuah moda transportasi ringan dengan dukungan empat kaki yang dapat bergerak di berbagai permukaan jalan tanpa hambatan. Selain itu, Spot juga didesain cukup kokoh dan mampu membawa beban tambahan maksimal 13,6 kg dan memobilisasi ke tempat yang diinginkan. 

Hyundai Indonesia juga menyampaikan dengan adanya robot Spot ini nantinya bisa digunakan di lingkungan pabrik. Salah satunya sebagai salah satu alat yang memudahkan untuk menjangkau area-area dengan titik radiasi yang tinggi dan tidak bisa dijangkau oleh manusia. Salah satu contoh lain di lingkungan rumah, robot Spot juga dapat menjadi alat untuk mengantar kebutuhan pasien COVID-19 yang tengah melakukan isolasi. 

Hyundai Robot Spot

Melalui sinergi ini, Hyundai Motor Group ke depannya akan terus mengembangkan konsep mobilitasnya mencakup autonomous car, logistik, dan Urban Air Mobility. Spot, robot pintar berkaki empat, merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dioperasikan melalui konsol dengan aplikasi dan dapat diarahkan sesuai dengan keinginan penggunanya. 

Baca Juga: Hyundai Casper Resmi Diperkenalkan, SUV Mungil Rival Ignis

”Hyundai secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game-changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi kami yaitu Progress for Humanity. Di Hyundai, kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi,” kata SungJong Ha, President Director of HMID. 

 Meski demikian dengan hadirnya teknologi robot Spot ini tidak menjadikan ia sebagai pengganti pekerjaan manusia di sektor industri. Lebih jauh lagi manusia dan robot diharapkan dapat hidup berdampingan dalam melakukan berbagai aktivitas mulai dari perkerjaan berat hingga kegiatan sehari-hari yang menyenangkan. Sejalan dengan itu, Hyundai juga merupakan sebuah brand otomotif yang menyediakan kendaraan-kendaraan berbagai segmen yang bisa menjadi pendamping di setiap kegiatan. 

Hyundai Robot Spot

Masyarakat Indonesia sudah bisa melihat secara langsung robot Spot yang merupakan hasil kolaborasi Hyundai dan Boston Dynamics di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta. Selain itu, terdapat pula berbagai model Hyundai seperti Staria, Santa Fe, Ioniq dan Kona Electric yang merupakan salah satu kendaraan listrik yang mulai dijual di Indonesia. 

Kehadiran robot pintar Spot di Mall Kelapa Gading 3 akan dimulai dari tanggal 1-5 September 2021, kemudian diikuti dengan serangkaian penampilan di Hyundai City Stores.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Ragam Kelebihan Rivian R1T, Mobil Pikap Pertama Yang Dijual Ke Publik

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature