Hyundai Casper Resmi Diperkenalkan, SUV Mungil Rival Ignis

  • Hyundai Casper
  • Hyundai Casper
  • Hyundai Casper

SEOUL, Carvaganza – Hyundai Motors belakangan ini sedang giat memperluas line up produknya untuk beragam jenis konsumen. Kini yang terbaru, telah resmi diperkenalkan Hyundai Casper sebagai SUV mungil segmen A untuk konsumen bergaya urban. Dengan bentuk SUV, lalu apa hubungannya mobil terbaru Hyundai ini dengan “Casper si Hantu Baik Hati”?

Sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali. Justru nama Casper diadopsi pabrikan Korea Selatan ini dari seorang skateboarder kawakan di era 1970-an, yaitu Bobby “Casper” Boyden. Makanya tampilan desain Hyundai Casper sangat kuat menunjukkan kesan stylish dan funky, layaknya masyarakat penggemar olahraga tersebut.

Peluncuran Casper menyusul rangkaian foto teaser yang Hyundai rilis pada bulan Mei lalu. Dan sebelumnya pada bulan Mei, sosoknya sempat terlihat sedang diuji, yang saat itu diketahui menggunakan nama kode Hyundai AX-1. Casper menampilkan desain yang benar-benar segar dan berbeda dari seluruh model Hyundai yang ditawarkan saat ini.

Hyundai Casper

Ciri khas Casper adalah lampu LED bulat dan besar di fascia depannya, yang merupakan bagian dari headlight terpisah. Karena positioning lamp atau DRL terletak di atas sejajar dengan garis kap mesin, seperti umumnya desain terkini Hyundai. Ada dua versi tampilan yang ditawarkan untuk Casper. Untuk varian bawah, tampilan depan punya grille berpola parametris berwarna silver. Sementara varian “active” yang lebih mahal, punya grille hitam dan tambahan intake bulat, mengisyaratkan mesin lebih bertenaga.

Baca Juga: BMW M3 dan M4 Competition "Sold Out" di Indonesia, Apa Itu Pandemi?

Di bagian buritan, pola desain parametris juga yang memanjang dan menyatu dengan pintu bagasi, terletak di sisi bawah kaca. Di bagian bumper, terpasang reflektor bulat yang menyeragamkan tampilan dengan sisi depan. Bisa dibilang Hyundai mencoba membuat Casper tampil ‘ramai’ dan mencolok dari luar. Sebagai ciri khas SUV, terdapat skid plate di bumper depan dan belakang, roof rails, bibir fender hitam, serta ground clearance relatif tinggi.

Dimensinya ditaksir memiliki kombinasi panjang 3.595 mm, lebar 1.595 mm, tinggi 1.575 mm, dan wheelbase 2.400mm. Dengan angka tersebut, dimensi Casper lebih kompak dibandingkan SUV Hyundai lainnya yaitu Bayon, Creta, Venue dan Kona. Jadi bisa dibilang, Hyundai Casper bukan SUV pesaing Kia Sonet, Daihatsu Rocky atau Toyota Raize, tapi proporsinya masuk ke segmen Suzuki Ignis.

Tidak ada foto resmi dirilis untuk tampilan interior. Casper yang memakai platform K1 seperti i10 dan Picanto ini punya varian mesin bensin dan diesel berkapasitas mungil. Mesin bensin tiga silinder 1.0 liter MPI, lalu mesin diesel 1.0 liter T-GDI turbo. Tidak diungkap outputnya, namun mesin yang juga dipakai untuk i10 ini masing-masing punya tenaga 75 dan 99 hp. Transmisinya punya 5-percepatan, baik untuk opsi manual maupun otomatis, serta penggerak roda depan.

Hyundai Casper

Spesifikasi di atas mengacu pada versi untuk pasar Korea Selatan. Kabarnya Casper akan diekspor ke India, dengan varian mesin 1.2 liter Kappa MPI empat silinder. Mesin yang juga dipakai oleh i10 Nios ini punya tenaga 83 hp. Dan menariknya, Casper dikabarkan akan punya versi full electric menyusul di 2023, menggunakan integrated drive module (iDM) dari BorgWarner.

Hyundai akan mulai produksi Casper pada 15 September 2021 di Korea, sementara peluncurannya ke pasar akan segera setelahnya. Sejauh ini belum diketahui rencana Hyundai untuk menawarkan Casper untuk pasar negara lain.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Honda NSX Type S Mulai Dijual, Punya Spesifikasi Paling Ganas yang Pernah Dibuat

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature