Jadi Idola Baru Di Indonesia, Kenali 7 Hal Menarik All New Subaru BRZ

Subaru BRZ

JAKARTA, Carvaganza – Segmen sportscar Tanah Air belum lama ini kembali kedatangan generasi terbaru dari Subaru BRZ dengan menawarkan sejumlah pembaruan dari tampilan hingga performanya. Antusiasme yang begitu tinggi dari konsumen terhadap generasi kedua Subaru BRZ ini membuat Subaru Indonesia cukup kewalahan di awal pembukaan pemesaan pada GIIAS 2022 lalu.

Bahkan Subaru Indonesia mengklaim pemesanan unit BRZ di Tanah Air telah melewati target dan telah mulai dikirim mulai September 2022 hingga Juni 2023 mendatang.

Berikut ini kami hadirkan tujuh hal menarik yang terdapat pada Subaru BRZ generasi kedua yang baru saja dipasarkan di Indonesia. Di samping penyegaran pada eksterior, interior dan performa kami juga akan mengupas fitur terbaru yang disematkan pada BRZ yakni Eyesight.

Subaru BRZ

1. Mesin Baru

Subaru BRZ yang hadir di Indonesia merupakan generasi kedua yang memiliki penyempurnaan di sektor mesin. All New Subaru BRZ kini dibekali dengan mesin Boxer 4-silinder 2.4 liter naturally aspirated yang mampu memproduksi tenaga 235 hp dan torsi puncak mencapai 250 Nm. Pada mesin terbarunya ini, tenaga yang dihasilkan diklaim lebih meningkat 15 persen dari generasi sebelumnya.

Baca Juga: Apa Saja Keistimewaan Range Rover Generasi Ke-5 Versi Pasar Indonesia?

Selain itu throttle response juga disetel lebih responsif demi menghadirkan pengendaraan yang menyenangkan di jalan raya. Konfigurasi mesin boxer khas Subaru ini memungkinkan Ultra Low Center of Gravity yang dapat memastikan kestabilan kendaraan saat berada di tikungan lintasan balap.

2. Tersedia 2 Pilihan Transmisi

Subaru Indonesia juga menyediakan dua pilihan varian yakni mesin dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan yang didukung oleh adaptive control dan paddle-shifter.  Sementara di Indonesia sendiri, lebih banyak konsumen yang memilih untuk menggunakan varian dengan transmisi otomatis dibandingkan dengan manual. Pasalnya pada varian otomatis, konsumen juga dapat mengubah ke mode manual untuk pengendaraan yang lebih dinamis seperti di sirkuit.

Subaru BRZ

3. Fitur Eyesight

Pada Subaru BRZ dengan transmisi otomatis tersedia pula fitur keselamatan berkendara yang dikenal dengan nama EyeSight. Peranti ini merupakan versi terbaru yang terdiri dari beberapa menu seperti Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking System, Lane Departure and Sway Warning, dan Lead Vehicle Start Alert. Pada varian transmisi otomatis juga tersedia dengan opsi High Beam Assist untuk sektor pencahayaan yang dapat disesuaikan secara otomatis dengan kondisi jalan.

Di samping itu, untuk pengendaraan yang lebih dinamis lagi Subaru BRZ juga dibekali dengan fitur pendukung yakni Vehicle Stability Control (VSC). Lewat fitur ini pengendara bisa memilih lima pengaturan berkendara yang dinamis sesuai dengan kebutuhan, termasuk di dalamnya ialah track mode. Pada mode ini, sistem komputer akan dinonaktifkan dan memberikan kendali sepenuhnya pada pengendara khususnya saat berada di lintasan balap atau untuk kebutuhan freestyle/drifting.

4. Menggunakan Platform Baru

Demi memberikan pengendaraan yang lebih stabil pada Subaru BRZ, pabrikan membangunnya di atas Subaru Global Platform dengan tingkat kekakuan chassis yang lebih kuat. Selain itu Subaru BRZ juga meiliki sub-frame architecture dan kekauan tekuk lateral chassis bagian depan yang ditingkatkan hingga 60 persen untuk mengakomodasi kemampuan berbelok dan respons setir.

Baca Juga: Pengujian Total Rolls-Royce Spectre Lanjut Ke Nurburgring Untuk Asah Performa

Di samping itu terdapat pula sistem suspensi MacPherson struts yang dirancang untuk memberikan pengendaraan yang stabil di berbagai kondisi jalan serta mempertahankan stroke panjang. Sementara untuk suspensi belakang, Subaru BRZ menggunakan double-wishbone yang diklaim memberikan peredaman benturan yang maksimal serta meningkatkan cengkeraman ban di berbagai permukaan.

Subaru BRZ 2022

5. Kabin Fungsional

Meski didesain sebagai sebuah sportscar, Subaru BRZ tetap menghadirkan ruang kabin yang fungsional dengan konfigurasi 2+2 serta ruang bagasi yang mampu menampung golfbag. Sehingga konsumen juga dapat menggunakannya untuk mobilitas lain di samping untuk kebutuhan track day. Pada layar cluster meter berukuran 7-inci pengendara juga akan disuguhkan dengan sejumlah informasi kendaraan mulai dari G-Force Meter, Power Display, Lap Timer, Battery & Temperature Meter, dan Trip Meter.

Sementara untuk urusan kenyamanan, seluruh joknya sudah didesain dengan gaya bucket berkontur demi memberikan kenyamanan pada pengendara. Tersedia pula layanan hiburan yang berpusat di layar sentuh berukuran 8-inci dengan sistem multimedia terbaru seperti sambungan Apple CarPlay, Android Auto, streaming radio, Bluetooth hingga Reverse Camera.

6. Kembaran dari Toyota GR86

Sejak pertama kali diperkenalkan, Toyota 86 maupun Subaru BRZ merupakan poryek bersama yang dikembangkan oleh Toyota dan Subaru. Meski sekilas keduanya memiliki kemiripan pada tampilan eksteriornya, namun kita masih bisa melihat perbedaan keduanya salah satunya ialah fascia depan. Baik Subaru BRZ maupun kembarannya yang kini bernama GR86 memiliki bentuk grille yang berbeda dan tampilan lampu utama dengan LED Day Time Running light terlihat begitu berbeda.

Sementara itu, pada urusan performa baik Subaru BRZ dan Toyota GR86 menggunkan mesin yang mesin Boxer yang dikembangkan oleh Subaru. Sehingga keduanya memiliki angka performa yang sama pula yakni tenaga 235 hp dengan torsi puncak yang mencapai 250 Nm. Pada generasi keduanya ini, Toyota juga mengubah namanya menjadi GR86 yang diambil dari Gazoo Racing. Divisi balap Toyota tersebut kini menjadi nama wajib yang menghiasi varian racing di jajaran kendaraan Toyota.

Subaru BRZ dan Toyota 86 Edisi Anniversary 10 tahun

7. Dibanderol Mulai Dari Rp 825 Juta

Subaru Indonesia memasarkan all new BRZ dengan banderol mulai dari Rp 825 jutaan untk varian manual sedangkan varian bertransmisi otomatis dijual dengan harga Rp 850 juta. Konsumen juga akan mendapatkan garansi 3 tahun / 100.000 km, servis gratis 3 tahun / 50.000km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu), dan juga Subaru Roadside Assistance 3 tahun, layanan bantuan darurat 24/7 oleh Atlas Indonesia. Selain itu, Subaru Indonesia juga menyediakan STI Performance Parts bagi konsumen yang ingin melakukan peningkatan pada all new Subaru BRZ baik dari sisi penampilan, performa hingga pada urusan aerodinamika.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Brabus P 900 Rocket Edition, Modifikasi Limited Mercedes G-Class Seharga Rp 9,7 Miliar

Pelajari lebih lanjut tentang Subaru BRZ

  • Tampak Depan Bawah Subaru BRZ
  • Pelek BRZ
  • Tampak belakang BRZ
  • Subaru BRZ Front Side View
  • Tampak depan medium Subaru BRZ
  • Tampak belakang serong BRZ
  • Tampak belakang tengah BRZ
  • Subaru BRZ Front Cross Side View
  • Subaru
Subaru BRZ
Rp 825 - 850 Juta Cicilan mulai dari : Rp 18,82 Juta

Mobil Subaru Lainnya

  • Subaru BRZ
    Subaru BRZ
  • Subaru Forester
    Subaru Forester
  • Subaru XV
    Subaru XV

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Subaru Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza