Apa Saja Keistimewaan Range Rover Generasi Ke-5 Versi Pasar Indonesia?

Range Rover 2022

JAKARTA, Carvaganza - Generasi kelima Range Rover resmi dipasarkan di Tanah Air. Peningkatan minor diberikan kepada desain, tapi secara fungsionalitas SUV premium itu semakin diperkuat. Ia pun mengandalkan jantung pacu berteknologi mild hybrid yang tentu saja akan membantu meraih efisiensi lebih optimal. Dibanderol mulai Rp 5,9 miliar (off the road), konsumen diberikan opsi personalisasi yang tentu saja bakal menambah harga beli. Lantas apa saja kelengkapannya?

Eksterior

Seperti disebutkan sebelumnya secara tampilan New Range Rover tak banyak berubah. Ia masih bergaya elegan berpadu aura gagah lantaran bodinya besar dan mengotak. Tak banyak aksen rumit terpasang pada wajah, kesannya bersih. Tengok saja grille persegi masif yang punya kisi-kisi sederhana, lebih dominan garis horizontal. Ini dipadukan headlamp LED yang memiliki nuansa sama dengan grille. Pengaplikasian gaya senada turut diterapkan pada area bumper. Khusus penerangan, Land Rover mengimbuhkan teknologi Predictive Adaptive Front Lighting. Ini merupakan teknologi yang mengizinkan cahaya bergerak mengikuti data navigasi.

Range Rover R460

Gaya tak jauh berbeda pada sisi samping. Lekukan lembut seolah membentuk gradasi melintang sepanjang bodi. Termasuk area fender dan side guard. Sisanya dibuat mulus atau seamless, bahkan gagang pintu seperti tenggelam dalam badan mobil. Begitu pula jendela yang sepintas terpisahkan oleh perbedaan warna saja. Pilar-pilarnya dibuat gelap sehingga memberikan ilusi atap melayang. Tambahannya hanya berupa plat perak membentuk huruf U di dekat fender depan. Tatanan itu dilengkapi oleh velg 23 inci yang pertama kali disematkan pada Range Rover.

Baca Juga: Range Rover Generasi Terbaru Meluncur di Indonesia, Siapkan Kocek Rp 6 Miliar

Perpaduan tersebut sukses membuatnya kelihatan makin bongsor dan mengintimidasi di jalan. Secara dimensi ia punya lebar 2.209 mm, tinggi 1.870 mm dan dua opsi panjang. Ya, New Range Rover disuguhkan dalam dua varian Short Wheel Base (SWB) sepanjang 5.052 mm dengan wheelbase 2.997 mm, dan Long Wheel Base (LWB) dengan 5.252 mm serta jarak sumbu roda 3.197 mm.

Bagian buritan tak kalah menarik karena dibikin futuristis. Gaya lama masih terlihat jelas dengan bodi tegak. Namun, beda dengan Range Rover yang dulu dikenal penuh sudut patah kini dibuat lebih membulat. Palang hitam melintang selebar bodi diteruskan lampu kombinasi vertikal yang menjalar ke bawah. Itu menjadi salah satu aksen menonjol selain bumper dengan diffuser. Sementara ciri khas Range Rover dengan dual pintu bagasi masih tertanam. Bahkan bagian yang membuka ke bawah ditambahkan bantalan kulit agar dapat diduduki dengan nyaman, speaker dan pencahayaan.

Interior

Elegan menjadi kata tepat menggambarkan kabin Range Rover Gen5. Kemajuan teknologi mengizinkan pabrikan meminimalisir keberadaan tombol-tombol fitur. Hasilnya dashboard jadi terlihat kompak. Pada sisi pengemudi tersemat panel instrumen digital sepenuhnya berukuran 13,7 inci. Informasi terkait kendaraan ditampilkan jelas dengan permainan warna dan detail. Setir double spoke dengan layar horizontal dan emblem masif tertempel di tengah. Ia terbalut kulit dan mendapat sentuhan chrome dan black piano. Switch control tak lagi berupa tombol timbul melainkan model sentuh, sehingga meningkatkan aura futuristis. Tak ketinggalan terdapat paddle shift yang memudahkan pengguna untuk memindahkan gear.

Geser ke tengah terdapat head unit masif 13,1 inci floating yang tak hanya menjadi perangkat entertainment, tapi juga kontrol fungsi kendaraan. Kualitas suara didukung perangkat Meridia Signature Surround Sound System yang tersebar di seluruh bagian kabin. Guna penerimaan suara ke telinga seluruh penumpang optimal, Range Rover dilengkapi Active Noise Cancellation  generasi terbaru.

Range Rover 2022

Untuk memberikan kesan klasik diselipkan kenop putar sebagai pengaturan suhu AC dan kekuatan kipas. Pendingin kabin tentu saja punya fungsi zona dan auto climate control. Di antara kedua kenop terpampang tombol sentuh yang mengontrol AC lebih jauh. Konsol tengah mengotak dan besar dipenuhi tombol fisik dan tentu saja tuas persneling. Ia juga bisa dimanfaatkan sebagai kompartemen. Untuk mendapatkan kesan premium dan elegan, pelapis Ultrafabics dan Kvadrat memenuhi kabin. Mulai dari jok hingga door trim. Detail berupa veneer kayu dan metal diimbuhkan makin meningkatkan aura tersebut.

Pada baris kedua tingkat kenyamanan dimaksimalkan. Seluruh jok dibenamkan pemanas dan bisa dikontrol secara elektrik. Kebutuhan pengisian daya gadget sudah pasti ada. Paling menarik jok tersebut bisa ditambahkan perangkat Hot Stone Massage sebagai opsional. Seluruh penumpang bisa menikmati layanan entertainment melalui layar 11,4 inci yang dapat dikontrol lewat display touchscreen 8 inci di armrest.

Baca Juga:  Jaguar Segera Bawa I-Pace Ke Indonesia Tahun Ini Demi Dukung Program Elektrifikasi

Faktor kenyamanan lain yang diperkuat dalam kabin Range Rover adalah Air Purification menggunakan penyaring udara PM2.5. Kemudian terdapat teknologi nanoe X yang mampu mengurangi bau tak sedap, bakteri hingga virus SARS-COV2.

Performa

Pencapaian performa tinggi dan efisiensi optimal didapat berkat penggunaan jantung pacu powerful dengan teknologi Mild Hybrid. Generasi kelima disuguhkan dalam beberapa opsi mesin. Pertama yakni P300 berkubikasi 2.966cc dengan jumlah silinder 6 buah segaris, yang menghasilkan tenaga 357 hp dan torsi 500 Nm. Pergerakan dari posisi nol ke 100 kilometer per jam diklaim dalam 6,3 detik. Bisa lebih cepat lagi yakni 6 detik bila pakai Dynamic Launch. Sementara kecepatan maksimal dapat dicapainya 225 kilometer per jam.

Range Rover 2022

Di atasnya ada P400 yang kapasitas silinder sama dengan P300, tapi output mencapai 395 hp dan momen puntir 550 Nm. Ia membutuhkan 5,8 detik untuk bergerak dari nol ke 100 kilometer per jam dan 5,5 detik jika pakai Dynamic Launch. Batas kecepatan tertinggi di atas P300 yakni 242 kilometer per jam.

Versi paling bertenaga adalah P530 yang mengandalkan dapur pacu V8 dengan ruang silinder 4.395cc. Alhasil powernya mencapai 527 hp dan memiliki gaya dorong 750 Nm. Setingan segitu mengizinkan mobil melaju dari nol ke 100 kilometer per jam dalam 4,6 detik dan 4,4 detik menggunakan Dynamic Launch. Seluruh energi pun disalurkan ke seluruh roda (all wheel drive).

Handling & Safety

Pengalaman berkendara solid dan nyaman ditawarkan New Range Rover. Pergerakan bodi ditopang Adaptive Dynamic dan Electronic Air Suspension dengan Dynamic Response Pro. Gejala limbung mengingat mobil ini merupakan SUV berbadan tinggi bisa diantisipasi. Kemampuan cornering dibantu Torque Vectoring by Braking, di mana fitur ini membagi torsi ke roda yang paling membutuhkan saat menikung. Selanjutnya Adaptive Dynamic yang memonitor pergerakan bodi dan kemudi dengan kecepatan 500 kali per detik, kemudian mengontrol setingan variable damper secara berkelanjutan. Handling masih disempurnakan Electronic Active Rear Locking Differential yang memastikan cengkeraman ban maksimal di tiap tikungan. Soal pengereman, cakram berventilasi masif 380 mm terpasang di depan. Di belakang lebih kecil yakni 355 mm.

Untuk perlindungan kendaraan, sistem safety semi otonom memperkuat Range Rover Gen5. Seperti Emergency Braking, Lane Keeping Assist dan Dynamic Cruise Control. Sementara proses parkir sangat dimudahkan karena fiturnya lengkap. Pertama sensor depan belakang, kemudian kamera 360 yang disebut 3D Surround Camera. Bedanya? Ia mampu menampilkan gambar tiga dimensi dengan pandangan bird eyes yang bisa dikontrol pergerakan sudut pancarnya. Makin sempurna karena bisa parkir sendiri memanfaatkan Park Assist.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Diawali Dengan Konsep, Wuling Almaz Hybrid Debut di IEMS 2022

Pelajari lebih lanjut tentang Land Rover Range Rover

  • Tampak Depan Bawah Land Rover Range Rover
  • Tampak samping Range Rover
  • Tampak Depan Land Rover Range Rover
  • Tampak belakang Range Rover
  • Tampak depan medium Land Rover Range Rover
Land Rover Range Rover
Rp 5,92 - 6.517 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 135,05 Juta

Mobil Land Rover Lainnya

  • Land Rover Defender
    Land Rover Defender
  • Land Rover Range Rover
    Land Rover Range Rover
  • Land Rover Range Rover Sport
    Land Rover Range Rover Sport
  • Land Rover Discovery
    Land Rover Discovery
  • Land Rover Discovery Sport
    Land Rover Discovery Sport
  • Land Rover Range Rover Evoque
    Land Rover Range Rover Evoque
  • Land Rover Range Rover Velar
    Land Rover Range Rover Velar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Land Rover Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

  • Mazda CX 9
    Mazda CX 9
    Rp 887,7 - 958.8 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 2488 cc
    • Otomatis
  • Mazda CX-8
    Mazda CX-8
    Rp 795,5 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 2488 cc
    • Otomatis
  • Peugeot 3008
    Peugeot 3008
    Rp 627,5 - 739 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1598 cc
    • Otomatis
  • Peugeot 5008
    Peugeot 5008
    Rp 685 - 795 Juta
    • Petrol
    • SUV
    • 1598 cc
    • Otomatis

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature