Ini Dia Spesifikasi Mazda CX-3 Terbaru yang Pakai Mesin 1.500 cc

JAKARTA, Carvaganza – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) akhirnya secara resmi memboyong Mazda CX-3 bermesin 1,5-liter ke Tanah Air. Kehadiran New Mazda CX-3 1.5-liter Sport sekaligus melengkapi jajaran Mazda CX-3 yang sebelumnya diisi oleh CX-3 2,0-liter Pro. Namun spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan diklaim cukup bersaing dengan kompetitornya apalagi unitnya merupakan buatan langsung dari Jepang.

Desain eksteriornya tidak mendapat ubahan yang revolusioner dan bahasa desain Kodo tetap terjaga rapih. Headlight LED dengan Daytime running Light (DRL) juga tetap dipertahankan pada New Mazda CX-3 1.5-liter Sport ini. Mazda hanya menambahkan pilihan warna eksterior baru, yakni Polymetal Grey dan sentuhan baru pada desain velg berukuran 18-incinya. Selain itu, terdapat sedikit ubahan pada font badge Mazda dan desain smart keynya dengan 7G key fob.

Mazda CX-3 Sport

New Mazda CX-3 adalah crossover kompak dengan konfigurasi 4-pintu dan 5-penumpang serta tambahan ruang bagasi di kabin paling belakang. Mazda CX-3 yang dipasarkan di Indonesia menggendong mesin SKYACTIVE-G 4-silinder 1,5-liter yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 110 hp, sedangkan torsi maksimalnya mencapai 140 Nm dan tersedia pada putaran 4.000 rpm. Tenaga dan torsinya tersebut dialirkan ke kedua roda depan (FWD/Front Wheel Drive).

Interior New Mazda CX-3 1.5-liter Sport tampak sudah menggunakan perpaduan material kulit dan fabric di seluruh joknya. Selain itu, seluruh joknya sudah dibekali dengan teknologi 7-G yang diklaim memberikan rasa nyaman pada penumpang saat berkendara.

Mazda CX-3 Sport

Tersedia pula layar head-up display (HUD) di belakang kemudi yang menampilkan beragam informasi berkendara. Kemudian Mazda juga menyematkan peranti hiburan lewat layar sentuh berukuran 7-inci yang bertengger di tengah dashboard. Fitur hiburannya juga sudah dapat dikoneksikan dengan smartphone melalui MZD Connect, Apple Car Play dan Android Auto. Selain dapat diatur melalui knob putar di konsol tengahnya, sistem multimedianya dapat dioperasikan lewat switch control di lingkar kemudi. Tombol pengatutan cruise control juga dapat hadir pada lingkar kemudinya. Fitur cruise control dapat diaktifkan saat kendaraan mencapai kecepatan 25 km/jam.

Di samping performa maksimal mesin Skyactive, Mazda CX-3 juga menawarkan fitur i-Activesense yang merupakan peranti keselamatan aktif saat berkendara. Di dalam i-Activesense terdapat menu-menu keselamatan berkendara seperti Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert. Keduanya berkerja dengan sistem radar yang memantau kondisi sekitar kendaraan dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Mazda CX-3 Sport

Di samping itu, New Mazda CX-3 juga dibekali dengan peranti keselamatan aktif lainnya seperti ABS (Anti-lock Brake System), Dynamic Stability Control, Hill Launch Assist, hingga Rear Parking Sensor dan Rear View Monitor. New Mazda CX-3 juga sudah dilengkapi dengan i-Stop idling stop system yang menghidupkan dan memadamkan mesin secara otomatis saat kendaraan dalam posisi diam. 

PT EMI juga sudah merilis harga yang dibanderol untuk New Mazda CX-3 yakni Rp 339,9 Juta dan merupakan harga on the road untuk wilayah Jakarta. Meski punya varian bermesin lebih kecil, tetap tersedia Mazda CX-3 2.0-liter Pro dengan banderol Rp 454,4 Juta.

Kehadiran New Mazda CX-3 bermesin 1,5 liter ini akan meramaikan pasar SUV (Sport Utility Vehicle) kompak Tanah Air. Ia bersaing dengan beberapa kompetitornya seperti Honda HR-V 1.5-liter.  Keduanya sama-sama dibekali dengan mesin 4-silinder 1,5-liter dengan konfigurasi 5-penumpang. ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda