Hyundai Bawa Pasukan Ioniq 5 N Tantang Pikes Peak, Ada yang Dimodifikasi Esktrem

Hyundai mengincar rekor waktu tercepat di dua kelas khusus EV.

Hyundai Ioniq 5 N Pikes Peak

NURBURGRING, Carvaganza - Hyundai akan berpartisipasi di Pikes Peak International Hill Climb bulan depan. Mereka akan menurunkan mobil listriknya, tak tanggung-tanggung 4 unit Ioniq 5 N sekaligus. Di mana spesifikasinya pun diungkapkan, termasuk dua versi TA Spec yang telah dimodifikasi tim dengan perangkat aerodinamika tinggi.

Untuk Ioniq 5 N versi standar mereka membawa misi untuk menorehkan sejarah, yaitu menjadi yang pertama mencatat waktu tercepat untuk kelas Electric Production SUV atau Crossover. Pasalnya, hingga saat ini belum ada rekor tercapai untuk kelas tersebut. Sementara itu, versi Ioniq 5 N yang telah disetel dengan spesifikasi balap mengincar waktu terbaik di kelas Electric Modified SUV atau Crossover.

Adapun untuk versi modifikasi terbilang signifikan ubahannya. Berbeda dengan versi produksi dengan modifikasi minor yang terfokus ke aspek keselamatan. Ia terdiri dari jok pengemudi Recaro Pro Racer SPA Hans, sabuk pengaman balap Sabelt enam titik, roll cage dan sistem pemadam kebakaran, mobil dengan spoiler besar.

Baca Juga: Hyundai Resmi Buka Pemesanan Kona EV Terbaru, Siapkan Rp500 Jutaan

Soal jantung mekanis, motor ganda yang digunakan mendapat piranti lunak baru sehingga tenaganya bertambah 36 hp. Adapun total energi dorong mencapai 677 hp. Guna mendukung pengendalian, mobil diberikan peredam kejut yang dapat diatur tiga arah. Penghela laju ditingkatkan dengan rem spesifikasi motorsport yang tersimpan di balik velg 18 inci. Ia dibalut karet bundar tipe slick Yokohama Advan 005. Tentunya, perangkat keselamatan yang sama dengan yang terdapat pada mobil standar juga terdapat di versi balap.

Hyundai Ioniq 5 N Pikes Peak

Komunikasi antara mobil dengan pengemudi ditunjang sistem suara simulasi mesin N Active Sound+. Speaker khusus ini dapat mengeluarkan suara hingga 120 dB, menggantikan model sirine yang dinilai kurang bersahabat. Di mana biasanya digunakan mobil listrik di Pikes Peak.

Guna mencapai target rekor, Hyundai pun menempatkan nama-nama beken di dunia motorsport di balik kemudi Ioniq 5 N. Mobil TA akan dikemudikan oleh Robin Shute, peraih juara Pikes Peak International Hill Climb sebanyak empat kali. Ia ditemani Dani Sordo, pereli Spanyol yang tergabung dalam tim Hyundai Motorsport untuk WRC. Sementara itu, Paul Dallenbach, peraih juara Pikes Peak sebanyak 11 kali dan peraih gelar 'King of the Mountain' sebanyak tiga kali, bersama dengan rookie Ron Zaras akan mengemudikan model produksi Ioniq 5 N.

Pengumuman keikutsertaan di Pikes Peak dilakukan Hyundai di ajang Nurburgring 24 Hours, Jerman. Mereka pun memanfaatkan kesempatan untuk memastikan kiprahnya di dunia balap. Hyundai akan menurunkan tiga Elantra N TCR dalam balapan 24 jam akhir pekan lalu di "Green Hell". Lebih lanjut, mereka pun mengonfirmasi sedang mengerjakan beberapa proyek dengan pembuat game balap Gran Turismo, termasuk simulasi balap Pikes Peak International Hill Climb.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Debut di Nurburgring, VW Golf GTI Clubsport Rayakan 50 Tahun Eksistensi

Sumber: Carscoops

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Ioniq 5 N

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Stargazer
    Hyundai Stargazer
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Stargazer X
    Hyundai Stargazer X
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Ioniq 6
    Hyundai Ioniq 6
  • Hyundai Seven Concept
    Hyundai Seven Concept

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature