GAC Aion Rilis Hyper GT Versi Global, Cocok Dibawa ke Indonesia?

Menjadi opsi sedan mewah dengan tampang sporty dan jarak tempuh sampai 710 km.

  • 2024/06/GAC-Aion-Hyper-GT-1.jpg
  • 2024/06/GAC-Aion-Hyper-GT-3.jpg
  • 2024/06/GAC-Aion-Hyper-GT-2.jpg
  • 2024/06/GAC-Aion-Hyper-GT-8.jpg
  • 2024/06/GAC-Aion-Hyper-GT-4.jpg
  • 2024/06/GAC-Aion-Hyper-GT-5.jpg
  • 2024/06/GAC-Aion-Hyper-GT-6.jpg

GUANGZHOU, Carvaganza - GAC Aion resmi meluncurkan versi global Hyper GT. Ia adalah sedan bergaya fastback yang mengandalkan listrik sepenuhnya. Sebelumnya mobil ini telah menjalani pengujian di jalan Eropa dan Thailand. Bisa jadi ia bakal datang ke Tanah Air, mengingat ia ditujukan untuk pasar global.

Mobil disuguhkan dalam tiga varian dengan harga mulai dari 203.900 yuan hingga 259.900 yuan atau sekitar Rp491 jutaan hingga Rp 619 jutaan. Desainnya menganut konsep sporty dengan bodi rendah. Kesannya pun begitu mewah, bahkan bisa disandingkan dengan mobil sport dari Eropa. Dibangun di atas platform AEP 3.0 terbaru GAC, dimensi panjangnya 4.886 mm, lebar 1.917 mm dan tinggi 1.449 mm. sementara jarak sumbu roda disetel 2.920 mm.

Tampangnya mengaplikasikan gaya yang sebenarnya banyak diterapkan pabrikan mobil energi baru di Cina. Wajah tertutup dengan lampu tajam dan bukaan di bagian bumper. Pada atap terpasang gundukan yang merupakan rumah bagi perangkat LiDar. Buritan tak jauh berbeda dengan depan yang memanfaatkan lampu kombinasi tipis plus diffuser di bumper. Keseluruhan ia tampil bersih dan sleek, lengkap dengan velg 19 inci two-tone berpalang tegas dan minimalis.

Aion Hyper GT

Hyper GT memiliki tingkat aerodinamika mencapai 0,1975 Cd, ini menandakan ia memiliki bodi pengalir udara sangat baik. Sangat cocok untuk membantu melesatkan mobil dengan kencang dan menjaga efisiensi untuk kemampuan jelajah lebih optimal. GAC menawarkan dua warna eksterior baru yakni Quantum Red dan Budapest Pink. Daya tarik lainnya adalah GAC menggunakan cat self-healing yang sama dengan Rolls-Royce. Teknologi yang mengizinkan perbaikan goresan kecil secara otomatis.

Baca Juga: GAC Aion Punya Baterai Canggih, Pengisian 5 Menit untuk Jarak Tempuh 200 Km

Interior juga menerapkan konsep mewah dan minimalis. Terdapat dua skema warna baru yang bisa dipilih, yaitu Afternoon Macchiato dan Elegant Orange Brown. Tak banyak pernak-pernik atau aksen pada dashboard. Terpasang panel instrumen LCD 8,8 inci dan head unit sekaligus kontrol pusat 14,6 inci beresolusi 2,5K. Perangkat ini ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 8155P berperforma tinggi, menjamin kelancaran dan respon sistem infotainment. Ia pun terhubung ke 23 speaker premium.

Perangkat perintah suara merupakan dukungan dari ekosistem ADiGO dari GAC, di mana terdapat AI ADiGO Sense multi-bahasa. Ini dapat digunakan untuk mengontrol fungsi kendaraan maupun multimedia. Perangkat lainnya berupa pengisian daya gadget nirkabel 50W, jok depan berpemanas dan berventilasi, lampu ambient multi-warna, sistem pemantauan pengemudi dan pengenalan wajah untuk keamanan ekstra.

Aion Hyper GT

Urusan jantung pacu dilengkapi motor listrik yang diletakkan di belakang sehingga membuatnya berpenggerak roda belakang. Ia menghasilkan tenaga 250 kW atau 335 hp dan torsi puncak 430 Nm. Akselerasi dari nol ke 100 km/jam butuh 4,9 detik. Unit tersebut disuplai energi dari baterai lithium ternary 80 kWh yang sanggup menjalankan sejauh 710 km menurut standar CLTC. Sementara pengisian daya mendukung fast charging berkat platform 800V. Hanya dengan 15 menit dapat menyediakan daya jelajah 450 km.

Terkait fitur keselamatan, Hyper GT memiliki sistem Hyper Pilot. Sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) tanpa peta menjadi salah satu fitur utama. Hyper Pilot menggunakan kombinasi 34 sensor, termasuk tiga LiDar, enam radar gelombang milimeter dan 13 kamera untuk membaca kondisi sekitar.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: TEST DRIVE: BAIC BJ30e, SUV PHEV Gagah yang Galak Tapi Nyaman

Sumber: Carnews China

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza