Ford Mustang 2024 Langsung Tawarkan Versi Balap, Ada Banyak Pilihan

  • 2022/09/Ford-Mustang-Racing-5.jpg
  • 2022/09/Ford-Mustang-Racing-1.jpg
  • 2022/09/Ford-Mustang-Racing-3.jpg
  • 2022/09/Ford-Mustang-Racing-6.jpg
  • 2022/09/Ford-Mustang-Racing-2.jpg
  • 2022/09/Ford-Mustang-Racing-4.jpg

DETROIT, Carvaganza - Generasi ketujuh Ford Mustang bakal mendapatkan varian khusus. Namun, varian tersebut bukan untuk penggunaan jalan raya melainkan di trek balap. Dua di antaranya bakal digunakan untuk balap seperti 24 Hours Daytona dam FIA GT Championship. Mereka adalah Mustang GT3 dan GT4.

Mustang GT3 akan mendebut pada 2024. Ia mengusung jantung pacu Coyote V8 berkapasitas 5.4 liter tanpa imbuhan turbo alias naturally aspirated. Setelan tersebut merupakan hasil pengmbangan Ford Performance dan Multimatic. Sementara untuk GT4 belum ada informasi lebih lengkap, selain tengah dikembangkan untuk dikirimkan ke konsumen pada 2024.

Varian lainnya yakni Mustang Dark Horse S dan Dark Horse R. Hasil pengembangan dari versi jalan raya. Seperti biasa, Ford memberikan tampilan yang berotot, meskipun generasi ketujuh kali ini lebih terlihat bersih.

Ford Mustang Racing

Opsi terbawahnya, yakni S, ditelanjangi dari komponen-komponen tidak esensial. Untuk meningkatkan keamanannya, safety cage bersertifikasi FIA diimbuhkan bersamaan dengan jaringnya. Ini termasuk jok dan sabuk pengaman balap, serta kemudi yang dengan mekanisme pencopotan cepat (quick release).

Baca Juga: Generasi Baru Ford Mustang Lahir Menutup Era Mesin Pembakaran Murni

Sisi performa disokong mesin 5.0 liter V8 Coyote yang ditingkatkan. Perkiraan outputnya mencapai 500 hp. Di mana penguatan berasal dari penggunaan dual throttle body untuk meningkatkan asupan udara. Penambahan aliran udara mengizinkan mesin berputar lebih cepat untuk memproduksi tenaga tertinggi. Alhasil selain energi dorong yang dihasilkan besar, suara yang keluar dari knalpot pun menjadi lebih garang. Guna menjaganya tetap dingin, Mustang Dark Horse dibekali pendingin oli, pendingin axle belakang dan radiator ringan.

Aliran tenaga disalurkan melalui transmisi manual Tremec TR-3160 6-speed yang pertama kali disematkan pada model Mustang Shelby GT350. Menariknya pengemudi mengontrol perpindahan gigi melalui tuas persneling hasil cetak tiga dimensi. Ada pula opsi otomatis 10-speed dengan kontrol paddle-shifter.

Ford Mustang Racing

Sementara kaki-kakinya diperkuat peredam MagnaRide yang dapat disetel. Ia mampu menyesuaikan tingkat kekakuannya berdasarkan trek yang dilintasi atau mode berkendara yang dipilih pengemudi. Ini dipadukan sistem pengereman dari Brembo enam piston berotor 13,9 inci.

Untuk pengontrolan fungsi kendaraan, Mustang menyematkan panel dengan tombol dan tuas. Masing-masing berguna mengatur lampu, indikator sisi, wiper, kaca spion dan lampu hujan. Termasuk juga limiter kecepatan untuk pit lane dan layar yang memproyeksikan data balap.

Versi lebih liar yakni Dark Horse R lebih ditujukan untuk balapan endurance. Di mana penguatan difokuskan pada rigiditas bodi berkat pengelasan seamless, bukan spot seperti yang biasa dilakukan pabrikan.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: BMW Kembangkan Generasi Baru Baterai Mobil Listrik, Klaim Bisa Tempuh 1.000 Km

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Ford Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza