FIRST DRIVE: Jajal BAIC BJ 40 City Hunter Langsung di Beijing, Handling-nya Satset

Meski bodynya bongsor khas SUV off-road, BJ 40 versi ini sanggup diajak meliuk gesit.

  • 2024/05/Test-Drive-BAIC-BJ-40-City-Hunter-1.jpg
  • 2024/05/Test-Drive-BAIC-BJ-40-City-Hunter-2.jpg
  • 2024/05/Test-Drive-BAIC-BJ-40-City-Hunter-4.jpg
  • 2024/05/Test-Drive-BAIC-BJ-40-City-Hunter-3.jpg

BEIJING, Carvaganza – Usai perkenalkan dua model perdananya beberapa waktu lalu, BAIC Indonesia juga sempat “membocorkan” sejumlah line up yang akan diboyong ke Tanah Air dalam waktu dekat. Hal tersebut diungkap BAIC Indonesia saat Group Editor In Chief & Publisher Southeast Asia, Munawar Chalil menyambangi kantor pusatnya di Beijing. Bahkan kami bisa melihat dari dekat tetapi sekaligus menjajal langsung beberapa model anyar BAIC di berbagai kondisi jalan.

Salah satu model yang kami uji adalah BJ 40 City Hunter Edition yang merupakan varian teratas dari BJ 40 Plus yang dikenalkan beberapa waktu lalu oleh BAIC Indonesia. Rancang bangun pada BJ 40 City Hunter Edition menggunakan struktur sasis ladder frame sama dengan kembarannya BJ 40 Plus. Namun ia memiliki tampilan yang lebih modern dengan gaya boxy yang kental. Tapi dari sisi dimensi ia memiliki panjang 4.790 mm, lebar 1.940 mm dan tinggi mencapai 1.929 mm, yang artinya lebih melar dari versi BJ 40 Plus.

Meski demikian, BJ 40 City Hunter Edition maupun Plus tetap memiliki konfigurasi 5-pintu dengan kapasitas 5-penumpang dan juga dukungan mesin yang sama. Kami berkesempatan untuk mengujinya secara singkat di fasilitas BAIC di Beijing dengan beragam jalur pengetesan. Ia punya bekal mesin 4-silinder berkapasitas 2.0 liter turbo yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Namun performanya dari BJ 40 City Hunter ini bisa dibilang lebih mumpuni dibandingkan BJ 40 Plus.

BAIC BJ 40 City Hunter

Meski pada tarikan awal, tenaganya tidak seganas yang diharapkan namun saat mencapai putaran atas ia terasa cukup buas. Di atas kertas ia mampu memuntahkan 243 hp dengan tendangan torsi puncak yang mencapai 395 Nm. Acungan jempol kami tujukan untuk urusan steeringnya yang terbilang responsif membaca perintah pengendara. Bahkan pada pengujian zig-zag, kendaraan terasa cukup mudah dikendalikan meski dengan bobotnya mencapai 2.130 kg.

Baca Juga: BAIC Pamer Kehebatan Teknologi Fasiltias EV Charging di BluePark

Hal tersebut juga berkat sistem suspensinya yang terasa stabil saat melakukan pengendaraan dinamis seperti bermanuver dan zigzag. Bahkan pada pengujian pengereman ABS, sistem pengereman BJ 40 City Hunter terasa cukup tanggap merespons metode hard braking dari pengendara. Melihat kemampuannya di jalanan aspal, perbekalan yang dimiliki BJ 40 City Hunter ini memang terasa cukup. Apalagi ia memiliki posisi duduk yang commanding serta radius putar yang tidak terlalu lebar untuk ukuran sebuah SUV.

Sayangnya pada pengujian off-road, tantangan yang dihadirkan masih terbilang ringan seperti genangan setinggi velg dan jalanan miring dengan sudut maksimal 30 derajat. Seluruh pengujian tersebut bisa terlewati mulus yang berarti seluruh fitur off-roadnya bekerja dengan baik. Ia memiliki spesifikasi off-road dengan sistem 4x4 part time yang perpindahannya bisa dilakukan melalui transfer case electric.

Bahkan pada versi BJ 40 Plus, perpindahan ke mode 4H dapat dilakukan pada kecepatan maksimal 20 km/jam yang berarti memudahkan pengendara saat melewati jalur yang ekstrem. Selain itu, ia juga sudah dibekali oleh differential lock yang membantu kendaraan untuk menjajah medan yang lebih berat lagi. Salah satu harapan kami jika BJ 40 City Hunter dipasarkan di Tanah Air, adalah dukungan mesin yang lebih besar. Hal tersebut demi memenuhi kebutuhan kendaraan yang memiliki dimensi bongsor.

BAIC BJ 40 City Hunter

Mungkin saja mesin diesel berkapasitas 3.0 liter atau mesin bensin 2.5 liter turbo sudah cukup sebagai modal BJ 40 City Hunter blusukan ke berbagai medan. Namun apa yang disajikan BJ 40 City Hunter di dalam kabin membuat kami betah berlama-lama di dalam. Desain dashboardnya modern dan menarik, terdapat layar besar dan full digital yang ditujukan sebagai layanan hiburan serta cluster meter di balik kemudi.

Pengaturan fitur kebanyakan sudah digital dan jauh dari kesan konvensional. Bahkan seluruh joknya sudah dibalut dengan material kulit bertema two-tone demi meningkatkan kesan mewah di dalam kabin. Secara keseluruhan kualitas rancang bangun yang dihadirkan oleh BAIC BJ 40 City Hunter ini sudah sangat baik dan cukup untuk menggoda konsumen urban saat ini.
(MUNAWAR CHALIL / ALVANDO / WH)
Laporan dari Beijing

Baca Juga: Hyundai Rilis Palisade XRT Tampil Serba Hitam, Cocoknya Harga Berapa?

Pelajari lebih lanjut tentang BAIC BJ40 Plus

Mobil BAIC Lainnya

  • BAIC BJ40 Plus
    BAIC BJ40 Plus
  • BAIC X55 II
    BAIC X55 II

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil BAIC Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza