BAIC Pamer Kehebatan Teknologi Fasiltias EV Charging di BluePark

Ternyata BAIC punya fasilitas EV charging yang canggih dan super cepat.

BAIC BluePark Technology

BEIJING, Carvaganza – Kehadiran BAIC Group di kancah otomotif internasional tidak hanya menghadirkan sejumlah kendaraan pembakaran internal tetapi juga fokus pada pengembangan mobil listrik. Bahkan sejak beberapa tahun lalu, BAIC mendirikan BluePark New Energy Technology yang ditujukan untuk menyuplai kebutuhan baterai kendaraan listriknya.

Seperti yang diketahui, BAIC sendiri memiliki sub-brand Arcfox yang menghadirkan kendaraan listrik dengan teknologi modern. Bahkan pada kunjungan kami ke fasilitas tersebut di Beijing, kami diajak melihat proses pembuatan baterai yang aman dan tahan lama serta mampu menyimpan energi yang maksimal.

Di samping memproduksi baterai untuk kebutuhan jajaran kendaraan listriknya, BluePark New Energy Technology ini juga diketahui menjadi supplier untuk sejumlah perusahaan di dunia. Bahkan pada September 2021, BAIC BluePark dan Huawei melakukan berkolaborasi dalam membangun kendaraan listrik cerdas di bawah merk Arcfox.

BAIC BluePark Technology

Rencana tersebut juga diwujudkan dengan menghadirkan Arcfox α-S HI pada 2022 lalu dengan dukungan teknologi Huawei di dalamnya. Kabarnya, pabrikan smartphone tersebut bertugas untuk meyediakan perangkat lunak dan perangkat keras khusus untuk fitur-fitur di dalam mobil termasuk keselamatan berkendara.

Baca Juga: Lihat Langsung Markas BAIC di Beijing, Ini Bocoran Model Barunya

Brand Arcfox sendiri telah beroperasi sejak 2017 lalu dan sudah merilis sejumlah kendaraan yang mengisi berbagai segmen. Beberapa model paling populer di antaranya Arcfoc aT yang mengisi segmen SUV kompak, Arcfoc aS di segmen sedan besar hingga Arcfox GT yang merupakan prototipe supercar milik pabrikan.

Selain itu, kami juga berkesempatan untuk melihat secara langsung fasilitas pengisian daya modern baik dengan mode super fast charging serta wireless charging. Stasiun pengisian daya super fast charging yang dimiliki oleh Arcfox ini mampu menyuplai baterai kendaraan dengan daya maksimal mencapai 480 kW. Bahkan pabrikan mengklaim kendaraan Arcfox yang diisi dari 10 persen ke 80 persen hanya membutuhkan waktu 10 menit saja menggunakan stasiun pengisian super fast charging.

BAIC BluePark Technology

Sementara itu, fasitlias wireless charging yang dihadirkan oleh BluePark ini juga merupakan teknologi anyar untuk pengguna mobil listrik. Pasalnya seperti namanya, pengendara EV dapat melakukan pengisian daya baterai secara nirkabel tanpa menyesuaikan port charger seperti pada umumnya. Pengendara hanya memarkirkan kendaraan di atas lokasi wireless charger dan ketika kendaraan dimatikan, proses pengisian daya akan dimulai secara otomatis.

Sayangnya, menurut BAIC Group fasilitas ini baru akan mulai dioperasikan di ruang publik pada 2025 mendatang. Sedangkan untuk daya yang dikeluarkan oleh fasilitas wireless charging ini hanya sebesar 7 kW atau setara dengan mode pengisian slow charging (AC). Namun, infrastruktur ini kabarnya baru rampung pada tahun 2025 mendatang. Dan tidak hanya itu, besaran daya dari wireless charging ini hanya 7 kW atau setara dengan AC charging yang kebanyakan ada di Indonesia.
(MUNAWAR CHALIL / ALVANDO / WH)
Laporan dari Beijing

Baca Juga: Paket Off-Road dari Ironman 4x4 Bakal Bikin Mitsubishi Triton Semakin Dilirik

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil BAIC Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza