Catatan 4 Tahun Wuling Motors di Indonesia, Hadirkan Kejutan dan Inovasi

JAKARTA, Carvaganza -- Tak terasa perjalanan Wuling Motors di pasar otomotif Tanah Air genap empat tahun. Tepat hari Minggu, 11 Juni 2021 lalu, jenama asal Cina itu merayakan perjalanannya di tengah pandemi Covid-19. Memang tak ada kemeriahan. Tapi selama empat tahun, Wuling sukses menempatkan brand nama mereka di jajaran pabrikan lain yang lebih dulu eksis.

Wuling mengawali kiprahnya dengan keraguan pasar. Tak sedikit yang memandang sebelah mata. Salah satunya tentunya saja lantaran imej sebagai pabrikan asal Tiongkok. Namun setelah empat tahun mereka sanggup menempatkan diri di posisi 10 besar otomotif nasional. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat pada periode semester pertama 2021 ini, Wuling berada di posisi 8 besar, menyingkirkan beberapa nama yang sudah lebih dulu hadir.

Raihan ini tentunya bukan tanpa sebab. Persiapan untuk hadir di pertarungan otomotif Indonesia, sudah dilakukan jauh-jauh hari. Wuling melakukan pantauan pasar dan model yang dibutuhkan konsumen. Secara resmi, perjalanan Wuling di Tanah Air dimulai dengan peresmian pabrik pada 11 Juli 2017 di atas lahan seluas 60 hektar bersama supplier park yang berlokasi di Greenland International Center (GIIC), Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Rampung dengan urusan pabrik, Wuling melanjutkannya dengan menghadirkan beragam produk, layanan, serta teknologi inovatif bagi Indonesia.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak termasuk karyawan, konsumen, mitra, dan rekan media yang telah berkontribusi dalam perkembangan Wuling di Indonesia selama ini. Kami yakin bahwa untuk terus melangkah maju dibutuhkan inovasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus berkembang. Oleh karena itu, kami mengusung tema ‘Inovasi Bersama Indonesia’ dalam perayaan hari jadi kali ini sebagai perwujudan semangat Wuling untuk terus menyajikan beragam inovasi bersama Indonesia, baik dari segi produk maupun layanan," ujar Han Dehong, Assistant of President Wuling Motors dalam keterangan tertulisnya.

Wuling Confero S facelift 2021

Ragam Produk

Selama empat tahun perjalanannya, Wuling telah meluncurkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Indonesia. Strategi pasar dimainkan, salah satunya lewat harga yang bersaing. Seri Confero, produk pertama Wuling yang berada di segmen Low MPV, diperkenalkan pada 2 Agustus 2017. Ia dilengkapi fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang kebanyakan tersemat pada mobil mewah. Wuling juga menawarkan pilihan konfigurasi tempat duduk Captain Seat pada Confero S. Di kelasnya, hanya Wuling yang menawarkan konfigurasi Captain Seat ini.

Tak sampai 1 tahun, Wuling meluncurkan seri Cortez pada 8 Februari 2018. Memang tak mudah diawalnya. Sebagai brand asal Cina, Wuling harus bekerja keras karena di kelas ini sudah banyak nama-nama lawas yang cukup terkenal. Cortez mengandalkan ekksterior elegan dan stylis, kabin lega, fitur keselamatan lengkap, dan performa tangguh dari mesin turbo 4 silinder segaris berkapasitas 1.500cc dengan teknologi Turbocharger by Honeywell.

Selanjutnya, pada November 2018, Wuling menghadirkan Formo yang masuk di segmen Light Commercial Vehicle. Tak hanya sampai di situ, Wuling memutuskan untuk melangkah ke segmen SUV dengan menghadirkan Almaz, 27 Februari 2019, dimana platform SUV ini sudah populer di berbagai belahan dunia seperti Timur Tengah, India hingga Amerika Selatan.

Berbicara soal kelebihan, Wuling cars Almaz punya senjata ampuh yang tidak dimiliki oleh kompetitor lainnya. Salah satu kelebihan Wuling Almaz paling fenomenal adalah hadirnya Wuling Indonesian Command (WIND), fitur voice command berbahasa Indonesia. Anda bisa menutup dan membuka kaca, mengoperasikan suhu AC hingga mengatur audio, hanya dari perintah suara saja.

Langkah Wuling belum berhenti. Pada Juli 2020, mereka perkenalkan Cortez CT Type S dilanjutkan dengan Wuling Almaz Limited Edition pada November 2020. Lalu di Maret, 2021 Wuling Hadirkan New Confero S dan terakhir pada 29 Maret 2021, Wuling Almaz RS yang sudah dilengkapi dengan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Wuling Cortez CT

Rangkaian Inovasi

Satu yang perlu diberikan catatan bagi Wuling adalah elemen suprise yang mereka hadirkan lewat inovasi-inovasi pada produknya. Wuling membawa payung accelerate technology bagi negeri, mulai dari mesin turbo yang disematkan pertama kali pada Almaz dan Cortez CT pada tahun 2019 serta dilanjutkan untuk seri Almaz RS di tahun ini. Lalu, Wuling mengaplikasikan perintah suara cerdas berbahasa Indonesia pertama yakni Wuling Indonesian Command (WIND), yang melengkapi seri Almaz dan Almaz RS.

“Ini sebenarnya bukan hal baru sebagai perintah suara. Namun lantaran pakai bahasa Indonesia, maka itulah pembeda. Sebelum Wuling datang sudah riset market. Fitur kesukaan serta apa saja yang menjawab kebutuhan mereka. Cost of ownership juga bisa menjadi nilai pembeda dari merek lain," kata Danang Wiratmoko Product Planning Wuling Motors.

Pada tahun 2021, kejutan lagi-lagi dilakukan Wuling dengan menyajikan inovasi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Inovasi ini merupakan perpaduan dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang semakin memudahkan dalam berkendara bersama Almaz RS.

Wuling Almaz

Bahasa mudahnya, ada 16 aktivitas canggih yang bisa dikerjakan oleh mobil Wuling Almaz RS dengan teknologi WISE miliknya. Tak hanya soal kenyamanan dalam pengoperasian, inovasi ini juga terdiri dari seperangkat fitur yang mendukung keselamatan pengguna.

Sebut saja forward collision warning (FCW) yang mencegah tabrakan dari depan. Automatic emergency braking (AEB) yang membuat kendaraan melakukan pengereman secara otomatis jika ada potensi bahaya kecelakaan muncul. Jika kecelakaan sudah terjadi, ada fitur collision mitigation system (CMS) yang memaksimalkan pengurangan kecepatan dari mesin untuk meminimalisir dampak tabrakan. Selain fitur tersebut, teknologi canggih lainnya yang ada pada mobil ini adalah Lane Departure Warning, Lane Keeping Assistance, Safe Distance Warning, Intelligent Hydraulic Braking Assistance.

Empat tahun memang masih baru. Masih banyak banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Wuling. Namun dengan ragam produk dan inovasi yang sudah dihadirkan, Wulig layak diberi jempol. "Kami selalu berkomitmen untuk berinovasi serta memberikan kontribusi positif bagi Indonesia terutama di masa pandemi yang sedang dihadapi bersama. Mari saling mendukung dan bergandeng tangan untuk bangkit bersama menuju kehidupan yang lebih baik. Wuling terus berinovasi bersama Indonesia," tutup Han Dehong. RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda