Bugatti Centodieci Debut Publik Sedang Dites di Nurburgring

NURBURG, Carvaganza  - Setelah meluncurkan Centodieci versi prototipe pada 2019 lalu, Bugatti akhirnya mulai melakukan pengujian dan saat ini berada di sirkuit legendaris Nurburgring, Jerman. Centodieci tertangkap kamera tengah berada di Nurburgring bersama jajaran Bugatti lain seperti Chiron Pur Sport, Chiron Super Sport 300+ dan Bugatti Divo. Yang kita ketahui bahwa Bugatti Centodieci sendiri dikenal sebagai hypercar senilai US$ 8,9 Juta yang didedikasikan untuk model pendahulunya Bugatti EB110. 

Sebelumnya hypercar dengan edisi terbatas ini pertama kali hadir dalam bentuk prototipe di markas Bugatti di Molsheim, Perancis. Kemudian Centodieci juga pernah dibawa ke Monterey Car Week 2019 dan setelah itu barulah para insinyur Bugatti melakukan pengembangan melalui komponen dari Bugatti Chiron. Para mekanik menggunakan simulasi komputer untuk memastikan bodywork Centodieci dapat digunakan di atas sasis Chiron. 

Karena merupakan hypercar yang ditujukan untuk mengenang EB110 bagian eksteriornya diberikan elemen EB110 yang khas mulai dari kap mesin kaca, lubang ventilasi udara berbentuk bulat, grille tapal kuda yang lebih kecil serta profil samping yang tampak lebih dinamis dibanding model lain saat ini.

Bugatti Centodieci Nuburgring

Sebenarnya perubahan ini berpotensi mengganggu sistem pendinginan untuk mesin W16 8.0 liter quad-turbocharged bawaan Chiron. Mesin tersebut kabarnya disetel agar dapat memproduksi tenaga maksimal hingga 1.577 hp atau lebih besar 97 hp dari Bugatti Chiron. Modal mesin tersebut kabarnya dapat melesatkan Contedieci dari posisi diam ke 100 km/jam hanya dalam 2,4 detik dengan kecepatan maksimal yang mencapai 380 km/jam.

Sementara itu pada desain headlamp dan sayap belakang yang khas masih tetap dipertahankan dan menjadi elemen kunci dalam soal aerodinamika kendaraan. Oleh karena itu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan secara matang demi menghasilkan sebuah hypercar yang tetap berkarakter Bugatti dengan kebutuhan estetika desain.  Sebelum nantinya Bugatti Centodieci resmi dijual, saat ini prototipenya masih akan menjalani beberapa pengujian seperti dyno test dan pengujian wind tunnel. 

Bugatti sempat membeberkan secara rinci mengenai hypercar barunya, mulai dari nama yang menggunakan kata Centodieci yang berarti 110 dalam bahasa Italia. Artinya angka tersebut mengacu pada EB110 merupakan akronim dari sang pendiri Ettore Bugatti yang berulang tahun ke-110 tahun.  Sementara itu Bugatti EB110 sendiri bermula dari gagasan pengusaha Italia Romano Artioli dan arsitek Giampaolo Benedini, yang berusaha menghidupkan kembali Bugatti pada awal 1990-an setelah beberapa dekade tidak aktif di industri otomotif dunia.

Bugatti Centodieci Nuburgring

Nama Bugatti EB110 merupakan modal yang paling bernilai karena menjadi salah satu supercar tercepat pada masanya. Hingga pada akhirnya Bugatti dilirik oleh Volkswagen Group dan kemudian meluncurkan Bugatti Veyron di era 2000-an dan berlanjut hingga kini. 

Bugatti Centodieci akan mulai diproduksi pada awal 2022 mendatang dengan kuota 10 unit yang sudah memesan pada peluncuran prototipe di Monterey pada 2019 lalu.
ALVANDO NOYA / WH

Sumber: Motorauthority

Artikel yang direkomendasikan untuk anda