Brabus B45-450, Paket Modifikasi Mercedes-AMG A45 S jadi Super Hatchback

BOTTROP, Carvaganza – Di kelas hot hatchback saat ini, Mercedes-AMG A45 S adalah model dengan performa terganas di antara para rivalnya, sebut saja BMW M135i dan VW Golf GTi. Namun performa ganas A45 S tersebut sepertinya belum cukup memuaskan sejumlah pihak. Nyatanya, Brabus baru-baru ini merilis versi lebih kencang dari mobil tersebut, yang mereka namakan sebagai Brabus B45-450.

Garapan terbaru dari tuning house spesialis Mercedes ini, hatchback semakin ditekankan pengembangan dan peningkatannya dari sisi performa. Mulai dari mesin sampai, aerodinamika, sampai dengan chassis disentuh oleh Brabus. Namun bukan dari A-Class hatchback yang dipakai sebagai basis, tetapi justru langsung dari AMG A45 S.

Nama B45-450 terdengar agak aneh, karena mengusung pengulangan angka 4 dan 5. Tapi nomenklatur tersebut mengacu pada performa mesin yang sekarang dimiliki hatchback kencang ini. Mesin empat silinder 2,0 liter turbo bawaan AMG, disuntik tambahan tenaga sampai 450 ps atau 444 hp, yang adalah peningkatan 28 hp dari standar AMG. Sementara torsinya ikut membengkak, dari 500 Nm ke 550 Nm.

Brabus AMG A45 S

Angka baru untuk output mesin ini berasal dari aplikasi paket performa baru yang meliputi engine mapping, Brabus PowerXtra CPC auxiliary control unit, adaptor Brabus BoostXtra, dan saluran udara baru pada intake. Dipasangnya Brabus BoostXtra memberikan sensasi ala mobil balap, di mana turbocharger menghasilkan suara blow-off yang lebih terdengar. Bagi para penikmat mesin turbo, tentu tentu akan dimanjakan oleh tambahan ini.

Alhasil, mesin empat silinder tersebut sanggup mengantarkan B45-450 untuk berakselerasi 0-100 km/jam lebih singkat dalam 3,7 detik, dari sebelumnya 3,9 detik. Sementara kecepatan puncak mobil ini tidak berubah, tetap pada angka 270 km/jam.

Itu tadi dari balik kap mesin. Brabus juga seperti disebut di atas, melakukan pengembangan pada chassis untuk optimalkan kemampuan manuvernya. Paket suspensi diganti dengan milik Brabus, yang dapat diatur dan disesuaikan ketinggiannya. Kaki-kaki ini bisa diubah ketinggiannya dengan artikulasi samapi 30 mm. Kontak antara mobil ke aspal melalui velg alloy Monoblock Z 20-inci, yang dibalut ban Continental berprofil 245/30.

Brabus AMG A45 S

Tuning house yang bermarkas di Bottrop, Jerman ini mempertahankan mayoritas sisi interior bawaan AMG A45 S. Hanya ada tambahan scuff plate dengan logo Brabus, yang terbuat dari bahan stainless. Elemen ini bisa menyala mengikuti warna ambient lighting yang tersedia dalam 64 warna opsi, bawaan Mercedes. Kemudian terpasang juga pedal set alumunium dan karpet baru dengan branding logo Brabus.

Untuk konsumen yang menginginkan lebih untuk interior, akan ditawarkan opsi personalisasi berupa lapisan kulit eksklusif. Opsi trim tambahan ini juga bisa dipilih dalam berbagai warna, dengan desain yang beragam juga. Oleh Brabus, paket modifikasi untuk A45 S ini akan disertai oleh garansi selama tiga tahun. Soal harga, saat ini belum dirilis berapa pastinya. (WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda