Main ke Haval Technology Center di Baoding, Kenalan Langsung Dengan 5 Merek GWM

Haval Technolgy Center menjadi rumah untuk melihtat dan mencoba rangkaian produk dan teknologi unggulan milik GWM.

  • 2024/03/GWM-Haval-Technology-Center-1.jpg
  • 2024/03/GWM-Haval-Technology-Center-8.jpg
  • 2024/03/GWM-Haval-Technology-Center-6.jpg
  • 2024/03/GWM-Haval-Technology-Center-2.jpg
  • 2024/03/GWM-Haval-Technology-Center-3.jpg
  • 2024/03/GWM-Haval-Technology-Center-4.jpg
  • 2024/03/GWM-Haval-Technology-Center-5.jpg
  • 2024/03/GWM-Haval-Technology-Center-7.jpg

BAODING, Carvaganza - Baoding adalah kampung halaman Great Wall Motor (GWM) yang berasal dari Cina. Berbagai fasilitas menarik dan tidak bisa dipandang sebelah mata telah dibangun di sini. Seperti yang Oto Media Group saksikan dalam kunjungan ke Baoding bersama GWM Indonesia, baru-baru ini. Beberapa di antaranya cukup melebihi ekspektasi.

GWM baru saja merilis resmi produknya di pasar Indonesia, melalui merek Haval dan Tank. Keduanya sama-sama bermain ke pasar SUV hybrid, baik segmen menengah dan premium. Bukan sekadar ingin memasarkan produk andalan, kunjungan ini untuk menunjukkan bahwa GWM tidak main-main bergabung ke pasar Indonesia.

Salah satu fasilitas utama GWM di Baoding adalah Haval Technology Center, yang menjadi tempat ideal untuk berkenalan dengan ‘keluarga’ GWM. Untuk yang belum tahu, ada lima merek berbeda yang berada di naungan GWM. Yaitu Haval, Ora dan Tank yang sudah diperkenalkan di Indonesia. Lalu ada dua merek lainnya yakni Poer dan Wey. Semuanya fokus menawarkan produk NEV alias New Energy Vehicle, yang mengandalkan elektrifikasi.

Haval Technology Center

Ada sudut menarik dari Haval Technology Center, yaitu ruang Experience Center. Di sini, mayoritas portofolio GWM dipajang, agar pengunjung bisa berkenalan dan “touch and feel” langsung. Anda yang suka SUV pasti akan betah di tempat ini. Karena, kecuali Ora, line up dari merek-merek GWM didominasi oleh model bongsor dan gagah alias SUV.

Baca Juga: Di Luar Nalar, BMW Seri-7 Dimodifikasi Jadi Mobil Off-Road

Untuk segmen menengah, ada model SUV hybrid dari Haval. Lalu untuk SUV spesialis 4x4 berkemampuan off-road, ada line up dari Tank. Nah di segmen double cabin, bisa melirik Poer, yang juga andalkan elektrifikasi. Sementara untuk segmen premium dan eksekutif, ada model dari Wey, yang juga punya produk MPV mewah. Baik itu HEV atau PHEV, kompak ditawarkan oleh merek-merek ini.

Di antara deretan model dipajang, ada satu unit Haval yang menarik. Yaitu sebuah Haval F7 yang pada kap mesinnya bertanda tangan Presiden Xi Jinping dan Vladimir Putin. Unit bertanda tangan dua orang presiden tersebut adalah simbol dimulainya produksi Haval di Rusia, pada 2019 lalu.

Haval Technology Center

Bukan hanya dilihat, pengunjung area Experience Center ini bisa masuk juga dan mencoba fitur-fitur di dalam setiap mobil. Bahkan kalau beruntung, kita bisa menjumpai sosok prototipe dari GWM yang sedang dites melintas di luar jendela, lengkap dengan balutan kamuflase. Semua itu dikemas dalam sebuah gedung bertingkat tinggi, dengan desain dan arsitektur modern yang menekankan nuansa bersih dan ramah lingkungan.

Demonstrasi Fitur dan Teknologi

Masih dalam satu area, kalau masuk lebih dalam mengitari Experience Center ini kita bisa jumpai beberapa instalasi khusus untuk mencoba fitur canggih kembangan GWM. Ada fitur yang masih jarang ditawarkan mayoritas pabrikan otomotif di area ini.

Pertama adalah display sistem keselamatan yang diadopsi ke struktur rangka halfcut mobil Haval. Ditunjukkan warna berbeda dari setiap bagian chassis, yang menandakan perbedaan kekuatan setiap materialnya. Juga ditunjukkan area terpasangnya airbag di dalam kabin, yang menjamin keselamatan setiap penumpangnya.

Lalu bergeser sedikit, ada instalasi untuk mencoba teknologi connected vehicle. Dengan software khusus yang dikembangkan sendiri oleh GWM, sistem infotainment pada mobil bisa digunakan untuk mengakses perangkat elektronik rumah tangga. Ditunjukkan bahwa melalui touchscreen di mobil, kita bisa operasikan perangkat seperti AC rumah, air purifier, vacuum cleaner, TV dan peralatan lain. Sudut ini dirancang dengan dashboard mobil Ora berada seolah di dalam ruang keluarga di rumah.

Haval Technology Center

Sudut lainnya, terdapat demonstrasi teknologi proyektor lampu utama. Bukan sekadar menajdi pencahayaan, tapi fitur ini juga bisa proyeksikan tayangan video. Jadi jika punya sudut di rumah yang cukup lega untuk pasang layar lebar, kita bisa menonton film menggunakan lampu mobil.

Sementara untuk menu utama GWM sebagai pabrikan NEV, ada rangkaian display komponen powertrain. Mulai dari varian mesin pembakaran internal, baterai EV ragam ukuran, baterai aki, inverter motor listrik, bahkan tabung hidrogen yang sedang dikembangkan. Ya, GWM berencana untuk tawarkan juga powertrain bertenaga hidrogen dalam portofolionya.

Experience Center ini hanyalah sebagian kecil dari rangkaian fasilitas andalan GWM yang mereka bangun di Baoding, yang lokasinya sekitar 3 jam perjalanan darat dari Beijing. Kami juga diajak untuk melihat fasilitas R&D Center, pabrik produksi mobil dan baterai EV milik GWM sendiri. Tunggu artikel berikutnya.
(WAHYU HARIANTONO)
Laporan dari Baoding, Cina

Baca Juga: Jelang Ramadhan dan Lebaran Pengelola Toll Jakarta – Cikampek dan MBZ Naikkan Tarif

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil GWM Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza