Berkat Carbon Tax, Harga Sejumlah Model Mazda Turun Dan Lebih Terjangkau

Mazda CX-9 2021

Jakarta, Carvaganza – Belum lama ini pemerintah telah menerapkan PP No74 tahun 2019 untuk relaksasi pajak PPnBM kendaraan dengan tingkat emisi karbon yang rendah atau lebih dikenal carbon tax. Peraturan tersebut sontak mempengaruhi harga jual dari kendaraan yang dipasarkan di Tanah Air oleh pabrikan otomotif. Salah satu pabrikan yang mengumumkan harga baru setelah penerapan aturan carbon tax ini adalah PT Eurokars Motor Indonesia, APM Mazda di Indonesia.

Beberapa model Mazda yang dipasarkan secara resmi oleh EMI telah mengalami penyesuaian Carbon Tax mulai dari Rp 2,2 juta hingga Rp 90 Juta untuk model-model premiumnya. Salah satu contohnya ialah Mazda 3 sedan yang sebelumnya dijual dengan harga Rp 568 Juta kini dengan Carbon Tax mengalami penyesuaian hingga Rp 78,9 Jutaan. Hal tersebut membuat harga jual dari Mazda3 sedan menjadi lebih murah dibandingkan dengan model hathbacknya yang dibanderol dengan harga Rp 519 Juta.

Selanjutnya model lain yang juga mengalami penyesuaian harga adalah Mazda CX-9 dengan AWD. Dibanderol dengan harga Rp 998,8 Juta. Harga tersebut sudah mengikuti penerapan relaksasi carbon tax dan mendapatkan potongan hingga Rp 68 juta dari harga aslinya.

Mazda 3 sedan

Kemudian yang tidak kalah menariknya adalah model sedannya. Yakni Mazda6 yang mendapatkan penyesuaian harga hingga Rp 90 Jutaan dan membuatnya dijual dengan harga Rp 639,9 Juta. Harga tersebut merupakan harga yang sama yang juga dibanderol pada Mazda6 Estate.

Sementara itu model lain yang juga mendapatkan penyesuaian harga setelah pajak CO2 adalah Mazda2 GT yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 327,7 juta kini mengalami penurunan menjadi Rp 308,8 Juta. Mazda2 GT sendiri merupakan hatchback yang dibekali dengan mesin Skyactiv 4-silinder 1.5-liter yang menghasilkan tenaga 109 hp dan torsi puncak mencapai 144 Nm. Selain itu Mazda2 GT juga menawarkan paket fitur keselamatan yang tersedia dalam peranti i-Activesense.

Selain Mazda2 seluruh kendaraan Mazda sendiri memang sudah dibekali dengan teknologi mesin Skyactiv yang diklaim memiliki emisi gas buang yang rendah. Selain itu, teknologi tersebut juga didukung dengan i-Stop yang merupakan bagian dari i-Activesense dan dapat mengurangi pengoperasian mesin dalam kondisi stop & go atau macet. Melalui fitur tersebut sistem akan secara otomatis membaca kondisi jalan, jika mobil berada di situasi diam mesin akan dimatikan oleh peranti i-Stop dan saat pedal akselerator diinjak mesin akan kembali beroperasi seperti semula.

Mazda6 Elite 2021

 

PT Eeurokars Motors Indonesia juga berpartisipasi dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2021 (GIIAS) dan menampilkan hampir seluruh model terbarunya. Bahkan pada kesempatan yang sama PT EMI mengenalkan kembali New Mazda CX-5 KURO Edition yang mendapatkan tampilan tambahan di beberapa bagain pada eksterior dan interiornya. membanderol Mazda CX-5 Kuro Edition dengan harga Rp 558,8 Juta setelah mendapatkan potongan harga CO2 Tax dari pemerintah.

Berikut ini kami hadirkan harga lengkap dari seluruh model Mazda terbaru yang dijual di Indonesia setelah mendapatkan relaksasi pajak PPnBM Carbon tax dari pemerintah. (ALVANDO NOYA/EK)

Baca juga:  REVIEW: Mazda CX-9 AWD, Punya Kemampuan Makin Lengkap

Mobil Mazda Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature