Yuk Intip Detail Mobil Konsep Peugeot Fractal

JAKARTA, Carvaganza – Brand otomotif asal Prancis, Peugeot mulai kembali naik daun. Tak hanya di dunia tetapi juga di Indonesia. Pasalnya, wajah baru Peugeot yang terlihat berbeda signifikan dibanding sebelumnya punya daya tarik tersendiri. Kesan premium juga semain kental setelah interiornya dibuat dengan banyak elemen desain futuristis dan teknologi modern yang dibenamkan ke dalamnya.

Sebagai produsen mobil tertua di dunia, brand yang berdiri sejak tahun 1810 ingin mengembalikan kesuksesannya dengan menampilkan mobil konsep inovatif di Frankfurt Auto Show beberapa tahun lalu. Mobil konsep bernama Fractal merupakan mobil listrik dengan konfigurasi tempat duduk 2+2 berwujud coupe. Konsep ini mengubah wajah Peugeot yang sebelumnya tradisional dan konvensional menjadi modern dan futuristis.

Semenjak itu, Peugeot Fractal Concept menjadi basis pengembangan lini produk pabrikan asal Prancis itu hingga kini. Banyak fitur dan teknologi yang diperkenalkan mobil ini, kini menjadi peranti yang jamak ditemukan di mobil lainnya. Padahal Peugeot Fractal Concept menunjukkan dirinya sudah dari 2015 lalu.

Dicetak menggunakan printer 3 Dimensi

Peugeot Fractal Concept

Punya konsep mobil sport elektrik, Fractal tak hanya punya penampilan yang intimidatif, tetapi juga diharapkan memberikan pengalaman berkendara yang memukau pula. Nah sayangnya, berhubung ia mobil listrik, maka tak ada suara deruman mesin dan knalpot yang dihasilkan mesin pembakaran yang biasanya justru menjadi musik latar paling syahdu untuk menemani perjalanan yang menegangkan.

Gara-gara itu, para insinyur Peugeot merancang setiap elemen dari mobil ini, mulai dari struktur rangka, roda hingga bodinya agar setidaknya dapat menghasilkan suara berkendara yang menyerupai suara mobil bermesin konvensional. Untuk mencapai tujuan mulia tersebut, mereka menggunakan mesin cetak 3 dimensi pada beberapa bagian eksterior mobil.

Misalnya, ada beberapa lubang udara dengan komponen tambahan di dalamnya yang daat bergetar ketika mobil melaju menabrak angin. Suara yang dihasilkan oleh vibrasi dari elemen desain tersebut diklaim membuat Anda akan merasa seperti sedang mendengarkan lantunan suara mesin pembakaran konvensional.

Pendekatan Peugeot ini terus terang saja sangat mengejutkan. Pasalnya, beberapa produsen mobil listrik lainnya memilih untuk menempuh jalan pintas dengan mengandalkan suara artifisial yang dikeluarkan dari speaker di dalam kendaraan.

Digerakkan dua motor elektris

Peugeot Fractal Concept

Suara gahar sudah tercipta, lantas seberapa kencang mobil ini? Peugeot Fractal dibekali dua unit motor elektris yang kalau dikombinasikan keduanya menghasilkan total output 339 hp. Tenaga sebesar itu mengambil energi dari baterai 30 kW yang juga dapat membawa mobil ini melaju sejauh 450 km dalam sekali pengisian daya. Baterai lithium-ion ini ditanam di bagian bawah kendaraan untuk menghasilkan center of gravity yang baik. Berdiri di atas roda berukuran 19 inci, Peugeot Fractal mampu melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 6,8 detik saja.

Memiliki performa beringas, tentu saja faktor keselamatan mobil ini sangat diperhatikan. Terutama untuk para pejalan kaki dan pengendara sepeda yang mungkin saja karena keheningan mobil listrik, tak menyadari kehadiran mobil ini di sekitar mereka. Peugeot Fractal dibekali dengan komponen penghasil suara artifisial di bagian luar kendaraan sebagai notifikasi kehadiran mobil ini di sekitar mereka. Fitur yang dinamakan eVADER ini menjadi peranti wajib yang disyaratkan pemerintah Uni Eropa sekal 2019.

Desain interior yang minimalis

Peugeot Fractal Concept

Seperti kebanyakan mobil konsep futuristis, kabin Peugeot Fractal juga bernuansa . Elemen berteknologi tinggi. Diberi nama next generation i-Cockpit. Mobil ini dibekali kemudi berukuran kecil dengan pengaturan instrumen panel dan sistem infotainment menggunakan touchpad. Dibaliknya terdapat layar instrumen digital.

Uniknya, konsol tengahnya yang ramping juga tak punya banyak tombol. Ada satu layar sentuh untuk pengoperasian sistem pengendaraan. Hebatnya lagi nih, karena ini mobil listrik maka di bagian moncongnya tak ada mesin. Walhasil kolongnya dijadikan sebagai ruang kaki yang sangat lega di bawah dashboard. Konsep ini juga membuat seolah konsl tengahnya melayang di udara.

Menambah kesan futuristis dari mobil ini, kok dan beberapa bagian interiornya dibalut material kulit berwarna putih bersih. Intinya, luar dan dalam, Peugeot Fractal merupakan salah satu mobil konsep yang paling unik yang ada saat ini.
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda