Apple Dan Hyundai Sepakat Kembangkan Mobil Listrik Swakendali Bersama

JAKARTA, Carvaganza.com – Perusahaan spesialis teknologi terkemuka asal Amerika Serikat (AS), Apple dikabarkan tengah menjalin kerjasama dengan Hyundai untuk memproduksi mobil listrik swakendali. Kabar ini dilansir oleh surat kabar Korea IT News pada Minggu, 10 Januari 2021.


Isu ini sudah berkembang sejak beberapa hari sebelumnya. Bahkan tanpa pengumuman resmi, isu ini berhasil mendongkrak harga saham Hyundai hingga 20 persen. Kabar awalnya, Hyundai dan Apple sudah seruju menjalin kerjasama pembuatan mobil listrik otonom pada 2027. Namun di laporan terakhir oleh surat kabar Korea, IT News, kabar itu ditepis. Kata mereka Hyundai dan Apple akan memulai pengembangan pada Maret ini dan memulai prouksi kendaraan listrik swakendali mereka pada 2024 di Amerika Serikat.


Saat diminta keterangan resminya, Hyundai Motor global menolak memberikan komentar. Memang Hyundai sendiri sebelumnya pernah mengaku tengah didekati sejumlah perusahaan lain untuk bekerjasama mengembangan kendaraan listrik yang dapat mengemudikan dirinya sendiri. Sementara itu, Apple sendiri masih bungkam.


Laporan oleh surat kabar Korea, IT News juga belum menyebutkn detail mengenai dimana lokasi fasilitas produksi mereka nanti, berapa unit kapasitasnya dan kapan produk pertamanya akan dirilis.


Apple- Hyundai


Kabar awal berkembang bahwa keduanya akan memproduksi mobll listrik swakendali mereka di pabrik Kia dia Georgia, Amerika Serikat. Kia adalah salah satu anak perusahaan Hyundai Motor dan pabrik di Georgia sanggup untuk memperiapkan produksi 100 ribu kendaraan pada 2024. Malahan kabarnya pabrik ini diharapkan dapat memproduksi mobil listrik swakendali Apple sebanyak 400 ribu kendaraan pertahun.


Masih menurut surat kabar IT News, Apple dikabarkan akan merilis ‘beta version’ atau mobil Apple versi uji coba pada tahun depan. Sedangkan menurut kantor berita Reuters, selain mengembangkan mobil listrik otonom, Apple juga dikabarkan akan mempersiapkan teknologi baterai yang lebih canggih sebelum 2024.


Sejak isu ini beredar, pada Senin (11/1) harga saham Hyundai Motor melonjak 14,6 persen. Sedangkan harga saham anak perusahaannya, Kia juga ikutan terdongkrak sebanyak 9,1 persen.


Di Indonesia sendiri Hyundai juga telah bertransformasi. Kini ia datang sebagai produsen mobil yang akan memproduksi kendaraannya di Indonesia. Pabrik Hyundai di Kota Delta Mas, Bekasi yang sudah dibangun sejak 2019 akan rampung pada 2021. Fasilitas ini akan menjadi pabrik Hyundai terbesar di Asia Tenggara dan akan digunakan sebagai basis produksi mobil listrik mereka.


Menariknya, pabrik belum selesai dibangun, Hyundai sudah berani meluncurkan dua kendaraan elektrik sekaligus pada 2020 lalu. Keduanya adalah Hyundai Kona Electric dan Hyundai Ioniq. Kedua mobil ini menjadi pionir kendaraan elektrik sepenuhnya di Indonesia di era modern. Patut kita tunggu kiprah Hyundai dengan deretan mobil listriknya di Indonesia nanti.

RIZKI SATRIA


Sumber: IT News, Reuters

Artikel yang direkomendasikan untuk anda