Akhirnya, Hypercar Mercedes-AMG One Siap Produksi Tahun Depan

AMG One

AFFALTERBACH, Carvaganza - Pada 2017 lalu Mercedes-AMG mengumumkan pertama kalinya untuk menghadirkan sebuah hypercar dengan mesin dari Formula 1. Empat tahun berselang, mobil bernama Mercedes-AMG One belum juga masuk ke jalur produksi. Sekarang akhirnya Mercedes resmi mengumumkan jadwal produksi AMG One, yang dikatakan akan mulai pada tahun 2022.

Dilansir oleh Autocar, Mercedes-AMG telah mengirimkan surat kepada para konsumen yang sudah memesan AMG One, yang mesinnya akan bertenaga sampai 1.000 hp. Setidaknya beberapa unit pertama AMG One yang hanya diproduksi 275 unit, akan mulai diproduksi tahun depan, setelah rangkaian penundaan selama setidaknya dua tahun belakangan.

Awalnya AMG One diperkenalkan sebagai mobil konsep dengan nama Project One. Mobil ini sejatinya akan menjadi hypercar pertama garapan AMG yang merupakan divisi motorsport dan kendaraan performa tinggi dari Mercedes-Benz. Namun karena kompleksnya teknologi mesin balap F1 untuk dikonversi ke mobil jalan raya, ada sejumlah ganjalan yang harus dilalui pabrikan.

AMG One

Adaptasi dan penyesuaian rangkaian powertrain yang meliputi mesin V6 1.6 liter turbo hybrid dari F1 ternyata tidak semudah yang awalnya diperkirakan. Mercedes harus memenuhi tuntutan standar emisi WLTP salah satunya. Dengan berbagai standar dan batasan untuk bisa legal di jalan raya, mesin harus disesuaikan produksi emisinya, tingkat desibel suara mesin. Bahkan posisi idle mesin dipaksa berada di kisaran 1.200 rpm, dimana mobil F1 umumnya idle di putaran sampai 5.000 rpm. Ini menjadi salah satu tantangan terberat untuk tim engineering AMG.

Baca Juga: Williams Jadi Tim F1 Pertama Yang Komit Pada Teknologi Hijau

Tentunya semua penyesuaian tadi harus dilakukan namun tanpa mengorbankan performa yang dijanjikan oleh pabrikan. Setahun terakhir terlihat AMG One yang diselimuti kamuflase melintas di jalanan Eropa, sedang menjalani pengujian jalan raya. Tidak hanya di jalan raya, pengujian juga sempat dilakukan di Nurburgring Nordschleife sebagai proving ground para pabrikan mobil sport.

Target pengembangan yang diincar oleh AMG One termasuk mesin dapat memberikan kadar performa yang sempurna untuk pemakaian sehari-hari, juga untuk bisa dikendarai hanya dengan tenaga listrik sampai sejauh 35 kilometer. Versi konsep diklaim sanggup akselerasi 0-200 km/jam hanya dalam 6 detik, sementara kecepatan puncaknya 350 km/jam, dan belum diketahui apakan versi produksinya akan sanggup memenuhi janji tersebut.

AMG One

Wujud AMG One akan mempertahankan versi konsepnya, yang dilengkapi aerodinamika aktif dan sirip hiu ala mobil balap prototipe. Di kelasnya, AMG One akan menjadi pesaing untuk Ferrari SF90 Stradale. Bahkan begitu sudah menemukan setelan performa yang ideal, AMG One rencananya akan digeber untuk memecahkan rekor baru di Nurburgring.

Mercedes akan memproduksi AMG One dalam jumlah yang terbatas, hanya 275 unit untuk seluruh dunia. Harga yang dibanderol untuk mobil ini adalah € 2,27 juta atau setara dengan Rp 37 miliar lebih.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: KOMPARASI: Honda CR-V VS Nissan X-Trail, Bebuyutan Berduel Fitur

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mercedes Benz Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya