Williams Jadi Tim F1 Pertama Yang Komit Pada Teknologi Hijau

Jost Capito, CEO Williams Racing

WANTAGE, Carvaganza – Dunia balap Fomula 1 baru-baru ini dikejutkan dengan kabar tim Williams Racing yang mengumumkan menggunakan teknologi ramah lingkungan untuk ajang motorsport yang berkelanjutan. Sekaligus menjadikan Williams sebagai di tim F1 pertama yang berkomitmen pada Climate Positive Plan By 2030. Plan itu sendiri bersesuaian dengan Agenda Perubahan Cuaca PBB (UN Climate Change Agenda) sekaligus untuk membangun dunia motorsport yang lebih ramah lingkungan.

Williams optimis bahwa langkahnya ini dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi tim dan cabang olahraganya tetapi juga lingkungan yang lebih baik di masa depan. Dipastikan Williams akan segera melakukan pengembangan dan transfer teknologi dari F1 ke teknologi “hijau” di masa depan baik pada kendaraan maupun lingkungan pendukungnya.

“Formula 1 memiliki kekuatan untuk menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Sebagai puncak dari begitu banyak teknologi canggih, ini juga dapat menciptakan solusi teknis untuk membantu mengatasi tantangan yang kita hadapi. Harapan saya adalah Williams Racing dapat menginspirasi semua orang yang terhubung dengan olahraga kami dan di luarnya, menggunakan motorsport sebagai katalis untuk perubahan yang signifikan dan tahan lama,” kata Jost Capito, CEO Williams.

Williams Racing Team

Capito juga menyampaikan bahwa langkahnya ini dapat diikuti oleh tim lain yang ingin memberikan kontribusi pada balapan yang ramah lingkungan. Selain itu, Williams juga akan menjawab tantangan dalam mentransfer teknologi yang terdapat pada F1 dengan mesin konvensional ke sistem motor listrik murni. Saat ini diketahui Williams telah mendapatkan akreditasi lingkungan bintang tiga FIA, hal tersebut merupakan standar yang cukup sulit.

William Racing diketahui memang tengah melakukan penyempurnaan pada teknologi kendaraannya di masa depan. Dengan adanya teknologi ini, Williams juga optimis bisa menjadi penentu terhadap keberlanjutan motorsport global dan industri otomotif dunia.

Capito juga mengatakan bahwa hasil dari penelitian Williams sudah dapat menentukan tempat yang akan terus disempurnakan. Sambil berjalan, Williams juga tidak menutup kemungkinan akan melakukan kerjasama berbagi pengetahuan mengenai teknologi ramah lingkungan pada kendaraan super cepatnya.

Williams F1 Team

Komitmen Williams untuk menggeser teknologi ke arah yang lebih “hijau” ini bertumpu pada lima pilar yakni mengurangi emisi karbon termasuk mengaplikasikannya di fasilitas studinya di Grove. Selain itu, Williams juga akan menerapkan teknologi ramah lingkungan di semua hal yang berkaitan dengan pengembangan produknya dan sumber daya pendukungnya. Diketahui Williams akan melakukan transformasi pada rumah balapnya yang berada di lahan seluar 60 hektar di Inggris.

Belum diketahui kapan William akan menggunakan teknologi ramah lingkungan tersebut namun saat ini pihaknya diketahui melakukan kerja sama dengan agen lingkungan Enovation Consulting. Dengan adanya pengumuman ini, Williams Racing akan menjadi tim F1 pertama yang melakukan pergeseran ideologi ke balapan ramah lingkungan. (ALVANDO NOYA/EK)

Sumber: autocar.co.uk

Baca juga:  MODIFIKASI: Enggak Puas Standaran, Dodge Ram 3500 Dibikin Melar

Mobil BMW Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature