Sudah Meluncur, Begini Wujud BMW i4 Pesaing Porsche Taycan

JAKARTA, Carvaganza – BMW Group memperkenalkan produk terbarunya yakni BMW i4 yang merupakan sedan sport listrik pertama dan segera dipasarkan dalam waktu dekat. Melalui tayangan live kanal youtube resminya,  sosok BMW i4 langsung dipresentasikan oleh Project Leader BMW i4, David Ferrufino. Ia menyatakan bahwa BMW i4 merupakan sedan coupe yang menggabungkan dua unsur dalam satu paket. Pertama adalah ketepatan dalam menghasilkan performa khas BMW dan yang kedua adalah unsur modernisasi berupa tenaga listrik dan digitalisasi.

Perjalanan BMW i4 sendiri dimulai dari model konsep BMW Vision Next 100 yang mengusung desain sedan saloon 4-pintu yang menyediakan kebutuhan berkendara di masa depan. 

Pada i Vision Dynamic, desainnya dibuat lebih halus dengan lekukan garis yang lebih presisi dan meningkatkan tingkat aerodinamika pada kendaraan. Kemudian pada kesempatan tersebut, BMW memperkenalkan sosok i4 dengan tampilan yang tidak jauh dengan versi produksinya. Identitas yang ditonjolkan pada desain eksteriornya juga terdapat pada desain kidney grille yang khas dengan desain lampu headlight kembarnya.

BMW i4 2022

BMW i4 berdiri di atas platform CLAR yang juga basis dari keluarga BMW seri 3 dan seri 4 terbaru. Dengan platform tersebut, i4 mampu mengakomodasi baterai berkapasitas 80kWh yang menyuplai motor listriknya. Kabarnya dengan kapasitas baterai penuh, BMW i4 mampu menjelajah hingga 590 km dan mencapai akselerasi maksimal hingga 200 km/jam.

BMW belum mengumumkan spesifikasi yang akan ditanamkan pada model i4, namun yang pasti akan tersedia varian tertinggi dengan tuningan M Performance. Kabarnya i4 akan dibekali dengan penggerak roda belakang dengan tenaga maksimal 530 hp. Bahkan BMW i4 versi produksi nanti mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 4 detik. Pada video tersebut, sang Project Leader pun sempat menguji performa dari BMW i4 ia menyebutkan tersedia beberapa mode pengendaraan di antaranya comfort dan sport.

BMW i4 2022

Di dalamnya, BMW i4 akan mengusung sistem iDrive versi 8 yang mengurangi pengaturan secara manual di dalam kabin. Sehingga memberikan kemudahan pengendara untuk mengoperasikan berbagai fitur di dalamnya tanpa menyentuhnya. Meski demikian knob khas iDrive akan tetap bertengger di konsol tengah sebagai identitas interior BMW.

BMW i4 rencananya akan dijual bersamaan dengan i3 hatchback dan SUV iX3 yang merupakan jajaran model berjantung listrik. Dengan demikian BMW menargetkan pada 2023 akan menghadirkan 12 kendaraan bertenaga listrik ke seluruh dunia. (ALVANDO NOYA/EZ)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda