Volvo Cars Siap Kembali ke Pasar Indonesia Tahun Ini, Janji Hadirkan Mobil Listrik

Volvo EV

JAKARTA, Carvaganza – Pabrikan otomotis asal Swedia, Volvo, menyatakan akan kembali resmi beroperasi di Indonesia pada tahun ini. Diumumkan melalui siaran pers resminya, Volvo akan berada di bawah naungan APM (agen pemegang merek) baru yaitu PT Leading Vision Otomotif (LVO). Perusahaan baru ini akan memasarkan produk kendaraan penumpang dari Volvo Cars.

PT LVO akan menjadi APM kesekian di Indonesia yang resmi memasarkan kendaraan Volvo. Jadwal peluncuran model baru pun telah diumumkan, yang akan dilaksanakan pada kuartal ke-3 tahun 2022. LVO akan sepenuhnya fokus pada pemasaran Volvo Cars dan melayani kebutuhan para konsumen di Indonesia.

Beroperasinya PT LVO akan dinahkodai oleh sosok senior di industri otomotif Tanah Air, yaitu Yoshiya Horigome yang menjabat sebagai Presiden Direktur PT LVO dan Volvo Cars di Indonesia. Horigome memiliki pengalaman selama lebih dari 25 tahun di industri otomotif Indonesia, dan berkomitmen menghadirkan pengalaman bernilai kepada konsumen dan stakeholder.

Volvo

“Senantiasa menempatkan kepuasan dan keselamatan pelanggan sebagai inti dari pelayanannya, Volvo Cars telah hadir jauh sebelum dari yang mungkin diingat oleh GenXer Indonesia era 80-an hingga awal 90-an. Perusahaan ini merupakan manifestasi kontemporer dari gaya hidup Swedia dan tetap setia pada nilai keselamatan yang diwariskan turun-temurun,” kata penjelasan Horigome.

Baca Juga: Toyota Tunjuk Yamaha Kembangkan Mesin V8 Baru, Untuk Apa Ya?

“Pada tahun 2020, Volvo Cars mencatat volume penjualan global tertinggi, sementara di Korea misalnya, merek kami telah mengalami pertumbuhan dua digit selama 11 tahun berturut-turut. Pendekatan unik Volvo Cars terhadap keberlanjutan dan netralitas karbon membuat kami berbeda dari pemain lain di industri otomotif,” tambah mantan petinggi Nissan di indonesia itu.

Volvo menyatakan tidak akan tanggung-tanggung saat kembali ke pasar Indonesia, dengan akan menghadirkan rangkaian mobil listrik. Ini untuk mengikuti tren dunia yang tengah bergeser ke teknologi elektrifikasi yang lebih ramah lingkungan. Diumumkan sekaligus bahwa kantor pusat, showroom dan fasilitas bengkel resmi Volvo Cars Indonesia akan hadir di kawasan Menteng, Jakarata Pusat.

“Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan kembali Volvo Cars di Indonesia dengan LVO sebagai mitra kami melalui rangkaian mobil listrik yang menarik,” timpal Head of Volvo Cars, Nick Connor.

Volvo AWD

“Kembalinya Volvo Cars ke pasar Indonesia akan merevitalisasi segmen mobil premium sekaligus menambah warna tersendiri melalui keahlian dan gaya khas Swedia ke segmen premium yang terus berkembang di Indonesia. Kami berharap dapat menghadirkan layanan yang luar biasa bagi para pelanggan dan mengembangkan merek Volvo Cars di Indonesia.”

Volvo tercatat pertama kali hadir di Indonesia dengan APM PT Central Sole Agency milik Salim Group. Perusahaan ini juga mendirikan pabrik perakitan pada 22 Oktober 1975 yang berlokasi di Ancol dengan investasi sebesar US$ 9 juta dengan PT Indo Swedish Motor Assembly Corporation (ISMAC) sebagai penanggung jawabnya.

Salim Group kemudian membeli perusahaan Indomobil Utama yang saat itu memegang sejumlah merek otomotif lainnya. Nama Volvo semakin populer di Indonesia ketika menjadi armada kementerian di Indonesia, pada tahun 1990-an. Lalu pada 2017, keagenan Volvo Cars dipegang oleh grup Garansindo setelah sempat lama vakum, namun tidak berlangsung lama.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Tahun Ini Renault Austral Dirilis Jadi Penantang Baru Honda CR-V

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature