Tahun Ini Renault Austral Dirilis Jadi Penantang Baru Honda CR-V

Renault Austral Teaser

PARIS, Carvaganza – Pertama kali dikenalkan ke hadapan publik pada tahun lalu, Renault Austral kini siap menjalani debutnya pada 8 Maret 2022. Kehadirannya sekaligus mengisi segmen SUV (Sport Utility Vehicle) menengah yang dihuni Honda CR-V dan Hyundai Santa Fe. Bahkan kabarnya Renault Austral juga akan dipasarkan ke Indonesia dalam waktu dekat.

KEY TAKEAWAYS

  • Segmentasi Renault Austral

    Hadir di segmen mid-size SUV bersaing dengan Honda CR-V. Hyundai Santa Fe, dan Nissan X-Trail
  • Opsi varian mesin

    DIprediksi hadir dengan mesin bensin Tce 1.3 liter turbo atau 1.2 liter E-Tech Hybrid
  • Sebelum terungkap sepenuhnya, Renault sebenarnya beberapa kali merilis beberapa sketsa SUV dengan desain yang modern. Bahkan ia sudah dinobatkan sebagai penerus dari Renault Kadjar yang dipasarkan di beberapa negara di wilayah Eropa sekaligus bersaing dengan Honda CR-V. Tampilannya banyak dipengaruhi oleh desain dari Renault Megane E-Tech EV yang baru diluncurkan. Salah satu yang paling menonjol ialah desain fascia depan yang penuh grafis berbentuk X, Bagian belakangnya tampil menonjol dengan garis atap yang melandai dan bingkai jendela dengan aksen chrome.

    Perbedaan antara Renault Austral dan Megane terdapat pada lampu utama yang memilih desain runcing dengan teknologi LED. Selain itu, Renault Austral juga menggunakan strip krom untuk membuat lampu depan lebih ramping dan grille dengan motif kotak-kotak yang besar. Serupa dengan Renault Megane, di bagian depannya Austral sudah mengadopsi logo terkini yang bentuknya mirip dengan logo Renault pada 1970-an.

    Renault Austral Teaser

    Renault juga menyatakan bahwa Austral akan menampilkan teknologi Micro-Optic dari Megane untuk lampu belakang. Sehingga menampilkan garis dan pola yang diterangi oleh teknologi ini akan menciptakan efek linier yang keren.

    Baca Juga: Hyundai Patenkan Pintu Bagasi Model Geser

    Austral juga tampilkan interior yang menggunakan desain berani. Salah satunya ialah layar cluster meter berukuran besar, layar hiburan dengan format vertikal serta lubang AC yang besar. Tersedia pula arm rest yang dapat disesuaikan seperti maju mundur dengan suara mekanis yang mirip dengan kunci brankas.

    Sementara itu material yang digunakan didominasi oleh plastik soft-touch untuk dashboardnya. Terdapat lampu ambience di kabin. Seluruh joknya dibungkus dengan bahan bermotif unik. Bagian lain di dalam kabin dihiasi aksen chrome satin dan kayu veneer yang ditaburi oleh pigmen logam.

    Renault Austral Teaser

    Beralih ke sektor performanya, Renault Austral dibekali dengan mesin bensin Tce 1.3 liter turbocharged yang dipadukan dengan sistem hybrid 12 volt. Sementara varian lain akan dibekali dengan mesin 1.2 liter yang dikawinkan dengan sistem hybrid 48 volt. Kabarnya juga ada tersedia varian teratas dengan mesin dari E-Tech Hybrid Renault yang menghasilkan tenaga maksimal 200 PS dan emisi karbon yang rendah yakni 105 g/km.

    Jika Anda menebak nama Austral di ambil dari nama Australia mungkin saja benar, pasalnya dalam bahasa latin, Austral memiliki arti Selatan. “Nama tersebut kami pilih demi memunculkan semangat dari arah Selatan. Kesenangan alam yang tenang, ruang terbuka yang luas serta membangkitkan peluang tanpa batas,” kata Sylvia Dos Santor, Head of Marketing Strategy of Renault Global.
    ALVANDO NOYA / WH

    Baca Juga: Api Padam, Kapal Pembawa Mobil Mewah Sudah Ditarik Dari Tengah Laut

    Sumber: Paultan

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Renault Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature