Beranda Drives VIDEO: Review Kia Seltos, Punya Turbo dan Fitur Lengkap

VIDEO: Review Kia Seltos, Punya Turbo dan Fitur Lengkap

JAKARTA, Carvaganza.com – Pasar SUV kompak yang semakin digandrungi konsumen otomotif dunia, termasuk Indonesia, dimanfaatkan oleh Kia Indonesia untuk ‘reborn’. Pada kebangkitannya kembali di Indonesia pada awal 2020 ini, Kia hadirkan Seltos sebagai andalan barunya.

Di bawah naungan PT Kreta Indo Artha (KIA) yang masih di dalam keluarga Indomobil Group, Kia Indonesia memeriahkan segmen Small SUV bersama Seltos. Lewat mobil ini, Kia menawarkan kombinasi harga menarik, mesin turbo, dan rangkaian fitur yang melimpah.

Untuk pasar Indonesia, Kia Seltos ditawarkan dengan mesin emapt silinder 1.4 liter turbo, melawan para kompetitor yang mayoritas bermesin 1.5 liter non-turbo. Dari mesin ini, Seltos menyediakan paduan tenaga 138 hp dan torsi sebesar 242 Nm, yang termasuk tertinggi di kelasnya.

Bahkan, untuk membedakannya dari para rival saat ini, Seltos menggunakan transmisi otomatis dengan sistem dual-clutch (DCT) 7-speed, yang umum dipakai pabrikan Eropa. Umumnya, di segmen ini para pabrikan menggunakan transmisi otomatis konvensional (torque converter) atau CVT.

Dengan powertrain tersebut, tentunya Seltos menjadi lebih menarik untuk memanjakan pengemudi dari balik setir.

Impresi

Selain desainnya yang menonjol dengan karkater dinamis dan modern pada eksterior Seltos membuatnya dijuluki sebagai Range Rover ‘mini’. Kebetulan, mobil ini baru-baru saja usai diulas oleh OTO.com, untuk mengetahui impresinya sebagai kendaraan sehari-hari.

Satu hal yang sangat menarik perhatian dari Seltos adalah pilihan mode berkendaranya yang terbagi dalam enam mode. Tiga mode tersedia untuk pilihan setelan mesin (Eco, Normal, Sport), dan tiga lainnya dari setelan kontrol traksi (Mud, Snow, Sand).

Peranti yang tertanam pada Seltos lengkap. Berupa enam airbag di bagian driver, passenger, side and curtain. Tapi tipe termurah E cuma dual SRS airbags. Pengereman pakai cakram di depan dan drum di belakang. Sudah tersisip ABS, EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist. Serta Cruise Control di EX+.

Seperti apa impresi lengkapnya dari Kia Seltos yang menjadi rival baru Honda HR-V, Mazda CX-3, dan Nissan Juke? Saksikan video Road Test dari OTO.com berikut ini.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto