VIDEO: Porsche 911 Turbo S Digeber 1:47,8 di Hockenheim, Sekencang Apa?

HOCKENHEIM, Carvaganza.com - Sejak debut di awal tahun ini, Porsche 911 Turbo S generari terbaru terus membuktikan performa sensasionalnya. Beberapa model supercar terbaru saat ini berhasil ditaklukkan oleh varian tertinggi 911 generasi 992 sejauh ini. Sekarang, giliran Sirkuit Hockenheim menjadi panggung pembuktian 911 Turbo S berikutnya.

Sebuah video hot lap terbaru dari 911 Turbo S baru-baru ini dirilis oleh Sport Auto. Tidak melulu di Nurburgring, Sport Auto yang berbasis di Jerman juga kerap melalukan tes mobil baru di Hockenheim. Di sirkuit yang tahun lalu menjadi tuan rumah seri F1 Grand Prix Jerman.

Di sirkuit balap sepanjang 4,5 kilometer itu, hasil pengetesan menunjukkan 911 Turbo S menorehkan hot lap time 1:47,8 menit. Mobil berjuluk The Supercar Killer ini melakoni tes dengan berbekal ban Pirelli P Zero. Lalu sekencang apa 911 Turbo S dari hasil tes ini?

Jika melihat daftar mobil-mobil kencang yang juga pernah dites di Hockenheim sebelumnya, 911 Turbo S sukses mengalahkan sejumlah nama besar. Tepat di bawahnya, berhasil ditaklukkan adalah Mercedes-AMG GT R Pro. Varian terganas AMG GT sebelum muncul Black Series itu takluk dengan defisit 0,2 detik. Padahal, GT R Pro menggunakan ban Michelin Pilot Cup 2 R, yang merupakan ban berspesifikasi kompetisi.

Yang juga berhasil dikalahkan oleh sportscar andalan Porsche ini yaitu McLaren 600LT dan Lamborghini Huracan EVO. Sementara dibanding generasi Turbo S sebelumnya (991.2), model terbaru unggul sampai 2,2 detik di lintasan yang sama.

Namun untuk saat ini Porsche masih harus mengakui keunggulan dari Lamborghini Aventador SVJ dan Ferrari 488 Pista. Dari Aventador SVJ, 911 Turbo S kalah 0,5 detik, sementara 488 Pista lebih kencang lagi, dengan selisih 1,8 detik. Sebagai sesama supercar ‘normal’ di jalan raya, McLaren 720S paling unggul dengan selisih 2,2 detik di atas 911 Turbo S.

Sebelumnya sempat ada juga pengetesan 911 Turbo S yang dilakukan oleh Auto Bild, bertempat di Sachsenring. Di sirkuit itu juga, kecepatannya mengalahkan performa 488 GTB dan Huracan EVO.

Menu utama Turbo S tentu ada pada mesin enam silinder segaris 3.9 liter twin-turbo yang baru, sebagai evolusi dari unit 3.0 liter milik 911 Carrera. Mesin ini sanggup memberikan kombinasi tenaga 641 hp dan torsi 800 Nm. Kemudian dihubungkan ke transmisi dual-clutch 8-speed PDK, berikut sistem penggerak all-wheel drive. Turbo S bisa diajak akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 2,7 detik.

Manuverabilitas Turbo S di atas aspal mengandalkan limited-slip differentials di drivetrain, berikut suspensi aktif yang dapat menyesuaikan setiap kondisi medan dan kebutuhan pengemudi. Paket tersebut masih didukung juga dengan rear-wheel steering, yang membuat radius putar lebih ringkas.

Sumber: Sport Auto

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda