VIDEO: Land Rover Discovery Tarik Beban 110 Ton!

SYDNEY, 22 September 2017 – Ketika pabrikan mobil ingin menunjukkan kemampuan mobilnya, menarik beban berat merupakan salah satu cara. Demikian juga dengan Land Rover. Pabrikan asal Inggris ini merilis sebuah video yang menunjukkan kemampuan Range Rover Discovery baru yang sanggup menarik road train dengan berat total 110 ton.

Di Australia, road train atau sebenarnya truk dengan trailer panjang membantu membawa barang-barang kebutuhan ke berbagai wilayah. Aturannya, sebuah road train tidak boleh memiliki panjang lebih dari 53,5 meter dan maksimal hanya membawa empat trailer.

Namun, izin khusus diberikan saat pembuatan video Range Rover Discovery ini. SUV ini menarik 7 trailer dan traktor head 12 ton. Videonya sendiri dibuat di Jalan Raya Lasseter sepanjang 16 km di Nothern Territory Australia.

Land Rover dalam brosuer resminya menyebutkan bobot maksimum yang bisa ditarik Discovery adalah 3.500 kg. Discovery Td6 yang digunakan tidak mendapat modifikasi sama sekali. Mesin yang digunakan tetap 3.0 liter turbocharged V6 (dengan tenaga 285 PS dan torsi 600 Nm) dan dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-kecepatan plus dan sistem penggerak empat roda.

"Ketika pertama kali dihubungi Land Rover, saya tidak percaya hal ini bisa dilakukan. Tapi saya kagum betapa mudahnya Discovery standar road train seberat 110 ton. Road train merupakan alat angkut jalan raya yang paling efisien di planet ini dan Discovery membuat semuanya mudah," kata John Bilato, managing director Haulage Specialist G&S Transport.

Ia mengatakan towing capability merupakan hal penting dari Discovery. “Mobil ini menarik sebuah rig dan tujuh trailer. Mobil ni mampu berjalan 44 km/jam di rute sepanjang 16 km," tambah Quentin Spottiswoode, product engineer di Land Rover.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Land Rover Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya