VIDEO: First Drive BMW Alpina B5 Biturbo Touring, Satu-Satunya di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Alpina sudah bukan nama baru lagi di kalangan mobil premium berperforma tinggi. Tuning house ini sudah dipercaya oleh BMW langsung untuk menghadirkan mobil-mobil kencang, namun tetap anggun dari penampilan dan pengendaliannya. Salah satu lansiran terbaru dari Alpina adalah B5 Biturbo, yang berbasis dari BMW Seri 5.

Di Indonesia, sudah datang satu unit eksklusif Alpina B5 Biturbo Touring, yang mungkin satu-satunya unit di Indonesia saat ini. Semakin mencuri perhatian karena body styling wagon alias estate yang dimilikinya, yang selalu dipuji oleh para antusias. Seperti disebutkan di atas, B5 Biturbo merupakan sebuah sedan bisnis premium, yang menyimpan performa layaknya supercar.

Carvaganza kebetulan berkesempatan mencoba dan review langsung mobil istimewa ini, yang bahkan tidak dijual resmi oleh BMW di sini. Kalau Seri 5 Touring saja diluncurkan dengan jumlah sangat terbatas oleh BMW pada tahun 2018, B5 Biturbo Touring ini lebih langka lagi. Apalagi unit ini didatangkan secara utuh, bukan merupakan Seri 5 standar yang kemudian dimodifikasi di Indonesia.

Bicara soal performa, di balik kap mesinnya terdapat mesin V8 4,4 liter twin scroll turbocharged yang menghasilkan tenaga 608 hp dengan torsi puncak 800 Nm. Mobil ini memakai transmisi otomatis 8-speed switch-tronic. Secara angka, memang output mesin B5 Biturbo melebihi M5 terbaru. Namun saat dikendarai, mobil ini lebih ‘sopan’ karena dibuat tidak seagresif Seri M.

Diam-diam menghanyutkan, B5 bak seekor serigala berbulu domba. Mesin dilengkapi dengan sistem knalpot buatan Akrapovic. Dalam kondisi normal atau mode Comfort, lajunya hening dan nyaman. Namun saat dipindah ke mode Sport, raungan mesinnya sangat bisa dinikmati saat berakselerasi. Sebagai catatan, B5 Biturbo bisa aksleerasi 0-100 km/jam dalam 3,7 detik saja.

Tidak hanya performanya yang buas, B5 Biturbo yang anggun juga punya kelebihan dalam hal kenyamanan dari versi standar Seri 5. Alpina menyediakan pilihan mode Comfort Plus yang menawarkan kenyamanan berkendara first class. Mobil ini berdiri di atas adaptive suspension. Rebound dan bantingan suspensi udara di keempat roda diregulasi secara elektronis mengikuti mode berkendara yang dipilih.

Ini bukan BMW biasa. Bukan BMW M, tapi ini adalah Alpina B5 BiTurbo Touring. Luxury station langka yang di segmen kendaraan niche layak masuk garasi kolektor mobil berkelas. Seperti apa review lengkapnya oleh Rizki Satria, langsung saja saksikan videonya di unggahan terbaru Carvaganza di YouTube. Selamat menikmati.

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda