VIDEO: Edan! Ini Yang Terjadi Kalau Youtuber Bawa Tesla Model S “Nyelem”

Tesla Model S

JAKARTA, Carvaganza – Kendaraan listrik bagi sebagian orang masih menjadi sebuah barang yang baru dan mutakhir. Masih banyak yang khawatir untuk menggunakannya sama seperti mengendarai kendaraan konvensional. Mulai dari cara mencucinya hingga membawanya melalui medan-medan yang tidak biasa seperti genangan air. Maklum masih banyak yang beranggap dengan membawanya melalui genangan air akan ada kemungkinan terjadinya arus pendek atau korsleting. 

Nah untuk membuktikan teori dan mitos tersebut, Youtuber bernama Chillin’ With Chet mengendarai sebuah Tesla Model S untuk melalui air setinggi 7 kaki atau sekitar 2,1 meter. Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa sebuah kendaraan listrik lebih mudah dibawa untuk melaju di bawah air karena tidak ada lubang udara seperti kendaraan konvensional. Pada umumnya kendaraan yang akan melalui genangan air yang dalam akan dimodifikasi agar kendaraan tidak kemasukan air di area-area yang vital. 

Namun sayangnya saat melakukan pengujian tersebut Tesla Model S tidak melaju dengan sempurna dan sempat mogok walaupun mesinnya tidak benar-benar mati total. Bahkan kendaraan tersebut tidak benar-benar tenggelam ke dasar air padahal memiliki bobot sekitar 1.814 kg. Tes tersebut akhirnya gagal menjawab pertanyaan apakah mobil listrik Tesla bisa dibawa melalui kubangan air. 

Tesla Model S

Hal tersebut juga membuktikan beberapa fakta tentang sebuah mobil listrik khususnya Tesla Model S salah satunya ketika terjadi kecelakaan dan terperosok ke dalam sungai. Mobil tersebut tidak mengalami korsleting yang membahayakan pengendara dan penghuni kabin, tapi mobil kemungkinan akan tetap mati. Selain itu, lewat video ini juga dapat dibuktikan bahwa mengendarai kendaraan listrik di bawah air adalah hal yang sulit dan tidak mungkin anda lakukan. 

Baca Juga:VIDEO: Test Drive Nissan Leaf, Mobil Listrik Terlaris di Dunia

Memang mengendarai mobil listrik di bawah air bukanlah sesuatu yang normal tetapi mungkin boleh juga dilakukan untuk membuktikan beberapa kemungkinan yang terjadi. Beberapa kendaraan konvensional juga beberapa kali melakukan pengujian melalui genangan air untuk mengetahui bagaimana kekuatannya. Beberapa di antaranya menggunakan batas aman dan sisanya melakukan sedikit modifikasi pada aliran udaranya agar tidak terjadi kerusakan fatal yang disebabkan oleh asupan air ke daerah yang tidak seharusnya. 

Salah satu kendaraan yang melakukan hal tersebut adalah Jeep dan Land Rover karena didesain sebagai kendaraan yang dapat melalui segala medan wajar jika kedua brand tersebut melakukan pengujian ekstrem salah satunya melalui genangan air yang dalam. Sementara Tesla Model S sendiri merupakan sedan bertenaga listrik yang dibekali dengan baterai tanpa membutuhkan aliran udara untuk area motor listriknya. Jadi sudah tahu ya, jangan bawa mobil listrik ke daerah banjir dan genangan yang terlalu dalam.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Mission R Concept Dipamerkan di IAA 2021, Wujud Mobil Balap Listrik Porsche Masa Depan

Sumber: Carscoops

Pelajari lebih lanjut tentang Tesla Model S

Mobil Tesla Lainnya

  • Tesla Model 3
    Tesla Model 3
  • Tesla Model S
    Tesla Model S
  • Tesla Model X
    Tesla Model X

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Tesla Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya