Ford Puma Rally1 Hadir di Goodwood, Mobil Reli PHEV untuk WRC 2022

  • Ford Puma Rally1
  • Ford Puma Rally1
  • Ford Puma Rally1

GOODWOOD, Carvaganza – Tahun ini akan menjadi tahun terakhir Ford Fiesta menjadi andalan Ford untuk tampil di World Rally Championship (WRC), menyusul akan beralihnya ke regulasi baru. M-Sport telah mengungkap mobil baru yang akan mewakili Ford di WRC mulai tahun depan, yaitu Ford Puma Rally1. Seperti namanya, Puma ini telah dikembangkan dan dibangun berdasarkan standar regulasi Rally1.

Sosok prototipe Puma Rally1 diungkap di Goodwood Festival of Speed 2021, di Inggris, yang juga negara markas M-Sport. Megnikuti standar regulasi Rally1, artinya Puma Rally1 berteknologi hybrid pada sistem powertrainnya. WRC akhirnya ikut menerapkan elektrifikasi pada kelas tertingginya.

Menruut regulasi yang berlaku mulai 2022, seluruh mobil WRC akan menerapkan sistem plug-in hybrid untuk menjadi pendongkrak performa yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Juga, saat mobil peserta sedang melintas jalan raya di antara stage, akan diharuskan hanya menggunakan tenaga listrik. Untuk mesin pembakarannya, akan menggunakan bahan bakar bebas fosil campuran elemen sintetis dan biodegradable.

Ford Puma Rally1

Mesin pembakaran Puma Rally1 mengandalkan unit 1.6 liter turbo EcoBoost yang dipakai sebelumnya oleh Fiesta WRC. Sistem hyrbidnya menggabungkan mesin dengan motor listrik untuk ekstra tenaga 134 hp sebagai boost selama tiga detik. Tenaga listrik disimpan di baterai 3,9 kWh yang bisa diisi ulang (recharge) melalui energi panas pengereman dan coasting, atau sumber eksternal saat berada di service point.

Baca Juga: BMW 2-Series Coupe Dipasarkan Mulai 2022, Segini Harganya!

Sistem plug-in hybrid memanfaatkan pendinginan dengan udara dan air, dengan total bobot 95 kg dan diberi pelindung dengan kekuatan balistik. Seluruh sistem tersebut disimpan di balik eksterior yang telah dimodifikasi total dari basis Puma produksi. Crossover kompak ini menjadi rendah dengan stance ala hatchback dan berdiri di atas velg multispoke. Tentunya aerodinamika menjadi yang paling meyolok dari ubahan eksterior, mulai dari splitter besar di depan, wide body, serta sayap besar di belakang.

M-Sport saat ini belum memakaikan livery yang akan ditampilkan saat berlaga di WRC tahun depan, melainkan balutan stiker ala kamuflase. Karena Ford dan M-Sport masih akan melakukan pengembangan lebih lanjut untuk Puma Rally1. Tetapi, wujud crossover mungil telah berhasil disulap untuk menjadi penerus Fiesta WRC yang layak.

Ford Puma Rally1

Puma Rally1 menjadi mobil reli pertama dari Ford di WRC yang dibangun berbasis crossover atau SUV. Memang ini termasuk cara Ford untuk mempromosikan Puma untuk dijual. Namun meski begitu, Puma masih punya basis yang sama dengan Fiesta. Dulu, Puma juga pernah menjadi produk coupe kompak dari Ford, yang juga berbasis Fiesta dan pernah mengikuti Junior WRC pada periode 1997-2002.

Di Goodwood, Puma Rally1 akan tampil di trek yang menaiki bukit, dengan dikemudikan oleh Adrien Fourmaux dan Matthew Wilson. Debut resminya akan berlangsung saat seri WRC Monte Carlo 2022, menghadapi persaingan dari Toyota Yaris dan Hyundai i20 yang akan diupgrade bertenaga hybrid juga.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Ini Dia Hypercar Peugeot untuk Ramaikan Le Mans Tahun Depan

Sumber: Carscoops

Mobil Ford Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza