Beranda Drives TEST DRIVE: Chevrolet Trax, The Shocking SUV

TEST DRIVE: Chevrolet Trax, The Shocking SUV

Kami diberi kesempatan menjajal Chevolet Trax dengan cara yang agresif.

(Foto-foto: Guntur P. Relawan)

Tawaran menarik diberikan PT General Motors Indonesia, pemegang merek Chevrolet di Indonesia, lewat Chevrolet Trax. Carvaganza mendapat kesempatan untuk merasakan performa, tampilan dan fitur yang terdapat di dalam Chevrolet Trax 2016. Mobil yang bersaing dengan low SUV lainnya seperti Honda H-RV, Nissan Juke, Ford Ecosport dan Toyota Rush ini memang punya selling point yang berbeda.

Di samping kilau brand berlogo Bowtie, Chevrolet Trax juga menjual teknologi mesin Ecotec yang dilengkapi dengan turbocharge. Maka dari itu, kami diajak untuk berakselerasi menyiksa Trax untuk mendapat kecepatan tertinggi. Sayangnya, kami hanya mampu menembus 120 km/jam karena keterbatasan area yang tersedia.

Begitu pedal gas diinjak dalam-dalam, tenaga dan torsinya bergerak tanpa putus meski kami sempat merasakan gejala lag saat kick-down yang sedikit mengurangi ekspektasi kami terhadap turbocharge-nya. Namun setelahnya, kerja kemudi transmisi dan performa mesin begitu komunikatif sehingga tidak membuat gugup.Jarak 400 meter di sirkuit Sentul mulus dilewati Chevrolet Trax.

Selama pengujian ini, kami tidak diperkenankan untuk menonaktifkan kontrol traksi. Tapi masih banyak fitur lain yang bisa kami ‘mainkan’. Chevrolet mengklaim Trax menciptakan sebuah standar baru di kelas SUV kompak untuk fitur-fitur yang ditawarkan. Kalimat itu dilontarkan oleh orang nomor satu di General Motor Indonesia, Gaurav Gupta.

07112016-car-chevrolet-trax_03

Chevrolet memiliki dua varian, 1.4L LT AT seharga Rp 272.000.000 dan 1.4 LTZ AT yang dibanderol Rp 296.000.000. Keduanya hanya dibedakan oleh fitur-fitur seperti layar 7-inci MyLink, sunroof, dan airbag enam titik. O ya satu lagi, varian LT tak dilengkapi power window di baris kedua. Untuk power train, semua varian Trax dilengkapi dengan bekal yang sama. Chevrolet Trax hanya memiliki satu pilihan mesin, Ecotec 1.4 Turbocharge dengan transmisi otomatis 6-kecepatan.

Namun, dengan proporsi bodi yang cukup tinggi (1.674 mm) plus mesin turbo dan penggerak roda depan, saya lebih sering merasakan gejala understeer saat melakukan manuver spontan seperti melewati beberapa cone saat uji slalom. Ini adalah pengujian kedua setelah akselerasi 400 meter yang bertujuan untuk mengenali tabiat Chevrolet Trax saat dikemudikan dengan lebih agresif.

07112016-car-chevrolet-trax_04

Pada pengujian ini, kemudinya terasa kaku dan kurang komunikatif di beberapa kesempatan.

Namun pada pengujian terakhir yaitu mengitari sirkuit selama dua lap, kemudi, pedal akselerator dan transmisi bekerja harmonis. Trax jauh lebih jinak saat menjalani uji dengan jalur yang dinamis.Tidak ada keluhan berarti saat Trax dipacu mengitari sirkuit dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam.

07112016-car-chevrolet-trax_05

Ketimbang kompetitornya, Chevrolet Trax menawarkan nilai lebih di kelasnya seperti mesin turbocharge. Tapi, apakah Trax mampu bersaing di pasar SUV kompak yang sudah dipadati oleh merek Jepang? PT General Motor Indonesia mengklaim bahwa sasaran mereka adalah konsumen yang sudah familiar dengan brand Chevrolet. Hmm…

Spesifikasi Chevrolet Trax:

Layout Kendaraan: SUV, mesin depan, 4-pintu, 5-penumpang, FWD
Mesin: Ecotec 4-silinder 1.4-liter Turbocharge 138 hp / 200 Nm @1.850-4.900 rpm
Transmisi: A/T 6-kecepatan Tiptronic
Wheelbase: 2.555 mm
P x L x T: 4.248 x 2.035 x 1.674 mm
Bobot Kosong: 1.334 kg
Kapasitas Tangki: 53 liter
Rekomendasi BBM: RON92

ALVANDO NOYA

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza