Tata Punch Meluncur di India, Saingan Baru Ignis, Kwid dan Casper Harga Rp 100 jutaan

  • Tata Punch
  • Tata Punch
  • Tata Punch

MUMBAI, Carvaganza – Kendaraan yang berada di segmen SUV kompak nampaknya akan kedatangan lawan baru yakni Tata Punch. Kelahiran Tata Punch di India sendiri memang ditujukan untuk “menghajar” SUV sejenis dari pabrikan lain seperti Hyundai Casper, Suzuki Ignis, Renault Kwid dan Mahindra KUV100. 

Tata Punch menawarkan tampilan eksterior yang dipengaruhi oleh bahasa desain Impact 2.0 yang merupakan hasil kolaborasi antara studio desain Tata di India, Inggris dan Italia. Namun seluruh pengerjaan konsep desain dikerjakan di studio desain India. 

Selain itu, Tata Punch juga mengadopsi lampu depan ganda, bodi yang didominasi dengan guratan garis aerodinamika serta lapisan tebal pada bumper depan dan belakangnya. Pada eksteriornya juga berikan kelir dua warna yang biasa ditemukan pada kendaraan di kelas ini. Secara dimensi, Tata Punch terlihat lebih besar dari Hyundai Casper namun lebih kecil dari Citroen C3, ia memiliki panjang mencapai 3.827mm dengan wheelbase 2.445 mm. Hasilnya, Tata Punch dapat menampung lima orang penumpang dengan ruang bagasi di belakang yang memiliki volume 366 liter.

Tata Punch

Untuk memberikan sentuhan SUV, Tata Punch juga memiliki ground clearance mencapai 190 mm yang lebih dari cukup untuk sebuah kendaraan kecil. Dengan angka tersebut, Tata Punch diklaim mampu melalui genangan air setinggi 370 mm atau 14,6 inci. Selain itu, pabrikan juga menyampaikan bahwa Tata Punch berdiri di atas platform ALFA (Agile Light Flexible Advanced Architecture) yang juga diklaim mampu memenuhi peringkat 5 pada tes NCAP Global.

Baca Juga: Jokowi Singgung Soal Mobil Listrik, Ini Pabrikan Indonesia yang Sudah Siap Gas

Di bagian dalamnya, Tata Punch memiliki tampilan yang cukup kekinian dengan sokongan fitur-fitur yang lengkap. Pada varian terendahnya saja sistem hiburannya sudah dibekali dengan layar sentuh berukuran 4 inci, 4 speaker, port pengisian USB, jendela elektrik belakang, dan serta tombol pengaturan di lingkar kemudi. Sementara pada varian tertingginya tersedia fitur-fitur tambahan seperti cruise control, sandaran tangan dan seluruh material kabin dibungkus dengan kulit. Tata Punch ditawarkan dengan empat pilihan varian yakni Pure, Adventure, Accomplished dan Creative.

Tata Punch

Pada sektor performanya, Tata Punch dibekali dengan mesin 3 silinder Revotron 1.2 liter dipompa secara alami dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 84 hp dengan torsi puncak mencapai 113 Nm.  Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke roda depan melalui dua pilihan transmisi yakni otomatis 5-percepatan dan manual 5-percepatan. 

Kabarnya Tata Punch sudah tersedia bisa dipesan dengan harga mulai dari Rs. 5,49 Lakh atau setara Rp 102 Jutaan untuk varian terendah. Sementara varian tertingginya dengan personalisasi pada eksterior dan interiornya dibanderol dengan harga Rs 9,39 Lakh atau setara Rp 175 Jutaan. Kira-kira kalau masuk ke Indonesia bakal laris nggak ya?
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Mitsubishi Punya Program Khusus Perbaikan Bodi & Cat Selama Oktober 2021

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Tata Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya