Suzuki Rilis Konsep Vision Gran Turismo, Roadster Hybrid Pakai Mesin Hayabusa

  • Suzuki Vision Gran Turismo
  • Suzuki Vision Gran Turismo
  • Suzuki Vision Gran Turismo
  • Suzuki Vision Gran Turismo

HAMAMATSU, Carvaganza – Suzuki merupakan salah satu dari beberapa pabrikan otomotif di dunia yang eksis di dua segmen, roda empat dan roda dua. Dengan pengalaman puluhan tahun di kedua segmen ini, Suzuki ingin menunjukkan keunggulannya lewat konsep terbaru. Konsep berformat digital ini dibuat menjadi Suzuki Vision Gran Turismo.

Dalam konsep yang namanya bisa disingkat menjadi Vision GT ini, Suzuki menggabungkan keahlian di divisi mobil dan sepeda motor dalam sebuah mobil sport. Suzuki Vision GT dirancang sebagai sebuah roadster atau speedster kompak, yang mengadopsi mesin sportbike dan dipadukan teknologi hybrid.

Desain Vision GT  adalah sebuah roadster kompak dengan gaya agresif. Melihat wajah depannya, sepintas tampangnya mirip dengan Swift tanpa atap yang sekaligus tubuhnya menjadi kekar. Lampu tajam yang seakan ditarik ke belakang sangat mirip Swift Sport, yang dipadukan grille besar dan spoiler berlekuk agresif.

Suzuki Vision Gran Turismo

Bagian samping menunjukkan fender lebar di depan dan belakang, untuk menciptakan kuda-kuda ala sportscar. Desainer Suzuki menyebut desain Vision GT turut terinspirasi dari Cappucino, meski jauh dari kata mirip. Karena merupakan sebuah roadster, kaca depannya minimalis dan ukurannya rendah, dengan roll hoop tebal di belakang kokpit. Interiornya dibuat berformat two-seater dan atap terbuka.

Baca Juga: Bulan Depan Meluncur, Secanggih Apa Teknologi Milik Suzuki Ertiga Hybrid?

Sementara fascia belakang menampilkan lampu yang desainnya sepintas mirip dengan Devon GTX, sebuah modifikasi coachbuild Dodge Viper buatan Devon Motorworks. Desain bumper belakang sangat menekankan fungsi aerodinamika, dengan dihiasi knalpot ganda di tengahnya. Meksi siluetnya memiliki kap panjang di depan, Vision GT dirancang sebagai mobil bermesin tengah.

Suzuki Vision Gran Turismo

Tampilan interiornya cenderung sederhana dan fungsional, dengan unsur futuristik. Setirnya punya desain ala mobil balap dengan dua tombol besar untuk starter mesin dan lampu hazard. Di balik setir terpasang meter cluster transparan digital. Di sisi kanan dan kiri setir terdapat layar digital yang berfungsi sebagai spion digital. Sepertinya Suzuki tidak begitu memikirkan soal infotainment di konsep ini.

Nah soal mesinnya, Suzuki membawa mesin dari sportbike andalannya untuk Vision GT. Mesin dari Hayabusa, yaitu unit empat silinder 1.340 cc yang terpasang di belakang kokpit. Sistem hybrid meliputi tiga unit motor listrik, masing-masing satu unit di roda belakang dan dua unit di roda depan. Total output yang dihasilkan dari powertrain ini mencapai 426 hp, sementara torsinya 610 Nm. Meski tenaganya tidak setinggi konsep Vision GT yang pernah ada, tapi teriakan mesin Hayabusa akan tetap menawarkan sensasi yang memuaskan hasrat pengemudi.

Suzuki Vision Gran Turismo

Meski baru konsep digital, klaim Suzuki bahwa mobil ini punya bobot hanya 970 kg. dan seperti namanya, Suzuki Vision GT ini adalah konsep yang hanya bisa dijumpai di video game Gran Turismo 7. Tidak ada rencana untuk diproduksi oleh Suzuki sejauh ini. Para pemilik game Gran Turismo 7 juga sudah bisa menjajal Suzuki Vision GT melalui versi update terbaru bulan ini.

Jika melihat sejarahnya, ini bukan proyek pertama Suzuki memasang mesin motor ke mobil. Pada 2001 lalu Suzuki pernah membuat konsep GSX-R/4, yaitu sebuah sportscar dengan mesin dari GSX-R. Namun proyek tersebut menjadi hanya sebatas konsep, tidak sampai diproduksi.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Divisi M BMW, Dulu Dianggap Kurang Bener Sekarang Malah Jadi Role Model

Sumber: Gran Turismo

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Suzuki Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature