Server Coba Diretas dan Sebabkan Produksi Pabrik Terhenti, Suzuki Indonesia: Sudah Teratasi

Suzuki pabrik

JAKARTA, Carvaganza -- Gangguan didapatkan Suzuki Indonesia. Pabrikan asal Jepang tersebut mengatakan dua perusahaan yang beroperasi di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengalami percobaan peretasan ke jaringan internal mereka. Akibat kejadian tersebut sebagian pabrik mobil Suzuki terpaksa ditutup selama dua hari kerja.

Kejadian percobaan peretasan ke jaringan internal Suzuki Indonesia tersebut terjadi pada Jumat, 15 Oktober 2021, pekan lalu. Namun pihak Suzuki dalam keterangan resminya yang dilansir hari ini, Jumat (22/10), menyatakan sudah mengatasi permasalahan tersebut.

Presiden Direktur PT SIM/SIS, Shingo Sezaki, menyatakan sebagai bagian dari Suzuki Global pihaknya senantiasa mengutamakan keamanan dan kerahasiaan data konsumen. Ia mengatakan Suzuki akan terus melanjutkan investigasi secara detail. Suzuki juga menjamin tidak ada kebocoran informasi mengenai data konsumen Suzuki di Indonesia.

"Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada konsumen serta pihak terkait lainnya karena hal ini berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran. Namun, kami telah dan akan terus memperkuat langkah-langkah terkait pengamanan data dan informasi konsumen di PT SIM/SIS," kata Shingo Sezaki.

Meski demikian, Suzuki tidak menyebutkan pabrik mana yang mengalami penutupan sementara saat terjadinya percobaan peretasan. Akibat penutupan pabrik tersebut, proses produksi kendaraan Suzuki sempat mengalami penundaan selama dua hari.

Rudiansyah, Head of PR and Digital Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales yang dihubungi terpisah membenarkan hal tersebut. "Awalnya illegal access ke sistem yang sempet bikin produksi tersendat. Hanya sekali aja. Yang di pabrik sudah solved. Tapi kami khawatir data customer juga direntas. Jadi lagi kita coba atasin. Suzuki Motor Corporation (SMC) kan perusahaan publik, jadi harus terbuka infonya ke publik," kata dia.

Suzuki pabrik

Suzuki Indonesia

Suzuki Indonesia merupakan kelompok usaha yang bergerak di bidang otomotif yang memproduksi, memasarkan, memperniagakan sepeda motor, mobil, dan motor tempel (outboard-motor).

Di Indonesia, Suzuki memiliki tiga pabrik. Pertama adalah Pabrik di Cakung, Jakarta Timur. Di pabrik tertua yang sudah ada sejak tahun 1970-an tersebut memiliki luas 85.000 m2 ini. Di sini dirakit mesin mobil dan motor Suzuki.

Kemudian yang kedua adalah pabrik Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Ada dua plant yaitu Tambun Plant 1 punya luas 124.000 m2 sebagai tempat manufaktur komponen bodi dan perakitan motor dengan kapasitas 1,2 juta unit per tahun. Kemudian, Tambun Plant 2 yang memiliki luas 423.839 m2 sebagai tempat manufaktur komponen dan perakitan mobil dengan kapasitas 120.000 unit mobil per tahun.

Sedang yang ketiga adalah pabrik di Cikarang, Bekasi Jawa Barat. Tepatnya di Kawasan Industri GIIC. Pabrik terbesar ini luasnya 1.307.519 m2. Lokasi ini dijadikan tempat manufaktur komponen bodi dan perakitan mobil, manufaktur serta perakitan mesin dan transmisi mobil. Kapasitas produksinya mencapai 120.000 unit mobil per tahun, 106.000 unit mesin mobil 1.000 cc dan 1.400 cc per tahun. Dan mampu menghasilkan 240.000 unit transmisi mobil dan motor per tahun.

Hampir seluruh model kendaraan Suzuki di Indonesia dirakit di kedua pabrik tersebut seperti Suzuki Carry, APV, XL7, Ertiga dan Karimun Wagon R. Selain diedarkan secara resmi di dalam negeri, kedua pabrik perakitan tersebut juga menyuplai kebutuhan untuk ekspor. PT SIM sendiri telah berhasil mengekspor kendaraan Suzuki pada 2020 lalu mencapai lebih dari 45 ribu unit.

Beberapa kendaraan produksi Suzuki Indonesia tersebut diketahui menyasar beberapa negara di Asia khususnya negara Asia Tenggara, Oseania, Afrika dan beberapa negara di timur tengah. Pada tahun ini, PT Suzuki Indomobil Sales juga akan meningkatkan produksi ekspor dan menambah tujuan ekspor baru salah satunya Amerika Latin. (ALVANDO/RAJU)

Mobil Suzuki Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya