Serba-Serbi All New Lexus NX, Ini 6 Hal Menariknya

  • Lexus NX
  • Lexus NX
  • Lexus NX
  • Lexus NX
  • Lexus NX
  • Lexus NX

JAKARTA, Carvaganza – Tahun 2022 masih bisa dibilang muda usianya, baru berjalan tiga bulan, namun Lexus sudah meluncurkan model baru untuk pasar Indonesia. All New Lexus NX resmi diluncurkan untuk pasar Indonesia bersamaan dengan Jakarta Auto Week (JAW) 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Generasi terbaru ini menghadirkan serangkaian inovasi dan pembaharuan.

Lexus NX adalah SUV kompak premium yang bermain di segmen BMW X3 dan Mercedes-Benz GLC. Generasi kedua ini menggantikan predesesor yang telah beredar sejak tahun 2014 lalu, mengisi segmen SUV terkompak Lexus sebelum UX hadir melengkapi line up. Lewat generasi ini, NX menjadi pelopor produk Lexus di teknologi elektrifikasi.

Ada sejumlah hal yang menjadi highlight dari Lexus NX terbaru ini. Berikut yang bisa disimak dan menjadi keunggulan dari Lexus NX di pasar Indonesia.

Lexus NX

Punya 3 Varian

Oleh Lexus Indonesia, All New NX ditawarkan dalam tiga varian berbeda. Pertama adalah NX 250 sebagai varian entry, lalu disusul dua trim untuk NX 350h, yaitu F Sport dan Luxury. Saat peluncuran juga dipamerkan NX 450h+, namun untuk sementara ini belum dipasarkan oleh Lexus di Tanah Air.

Varian NX 250 hadir dengan mesin bensin 2.5 liter yang punya tenaga 204 hp, berikut transmisi “Direct-Shift” CVT 8-percepatan yang menggerakan roda depan. Lalu untuk varian NX 350h, mengandalkan mesin yang sama namun dipadukan motor listrik untuk menawarkan sistem hybrid.

Mesin 4-silinder 2.5 liter pada NX 350h dipadu dengan synchronous electric motor, yang menghasilkan total tenaga 240 hp. Transmisinya menggunakan unit jenis eCVT. Motor listrik yang bisa beroperasi terpisah menjalankan mobil ini didukung baterai lithium-ion berkapasitas 1,6 kWh.

Lexus NX

PHEV Pertama Lexus

NX generasi kedua menjadi pelopor teknologi plug-in hybrid (LHEV) dalam sejarah produksi Lexus, melalui NX 450h+. Sama seperti varian lainnya, NX 450h+ juga mengandalkan mesin bensin berkapasitas 2.5 liter. Bedanya, sistem hybrid varian ini punya baterai yang bisa diisi ulang dari sumber eksternal dan baterai lebih besar.

PHEV ini punya synchronous electric motor dua unit, untuk roda depan dan belakang. Total kombinasi output yang dihasilkan dari NX 450h+ sampai 304 hp. Selain transmisi yang juga gunakan eCVT, motor listriknya memanfaatkan energi yang diakomodasi oleh baterai lithium-ion berkapasitas 18,1 kWh.

Baterai dari NX 450h+ ini bisa diisi ulang dengan sumber listrik eksternal melalui sistem plug-in. jadi saat dibutuhkan, baterai bisa diisi ulang atau charge di rumah atau charging station dengan durasi sekitar 5 jam menggunakan arus AC.

Lexus NX

E-Latch

“Intuitively Yours” menjadi tagline dari NX terbaru, yang menjanjikan pengalaman lebih intuitif dari sebuah SUV premium. Salah satu sentuhan intuitif yang diberikan adalah lewat inovasi E-Latch pada setiap handle pintu Lexus NX. Apa itu?

E-Latch adalah mekanisme baru dalam operasi buka-tutup pintu, yang memudahkan gerak tangan dalam setiap kesempatan. Dari luar, tombol di sisi dalam ditekan oleh genggaman tangan untuk aktifkan mekanisme elektris membuka pintu. Sementara dari dalam, tuas terletak di bagian samping handle pintu, yang diaktifkan dengan cukup ditekan oleh jempol. Hadirnya E-Latch membuat kegiatan buka pintu lebih ergonomis dan praktis dengan satu gerakan.

Tapi tidak perlu khawatir, jika seandainya daya listrik pada aki sedang lemah dan tidak cukup untuk operasikan fitur ini, Lexus sudah siapkan mekanisme darurat yang praktis juga.

Lexus NX

Infotainment & HUD Interaktif

Generasi baru NX diikuti pula dengan sistem infotainment generasi baru. Tidak ada lagi fitur touchpad untuk operasikan sistem infotainment seperti pendahulu. Kini layar 14 inci di dashboard NX sudah dioperasikan dengan sentuhan sepenuhnya alias touch screen. Desainnya melengkung mengarah ke pengemudi, mengikuti konsep Tazuna Cockpit yang lebih driver-centered.

Selain sudah mendukung Android Auto dan wireless Apple CarPlay, infotainment juga bisa menerima perintah suara yang diaktifkan dengan mengatakan “Hi, Lexus!”. Fitur yang bisa dioperasikan lewat voice command yaitu entertainment, navigate, AC, dan beberapa fitur lainnya. 17 unit speaker dari sistem audio Mark Levinson siap sajikan kualitas suara yang premium.

Informasi kepada pengemudi semakin intuitif dan praktis lewat HUD (head-up display) baru. Tampilan informasi yang ditampilkan di HUD semakin interaktif dan lengkap, terintegrasi dengan meter cluster baru. HUD Lexus NX terbaru bisa menampilkan grafis pengaturan mode dan tampilan saat tombol pengaturan di setir disentuh. Bahkan hanya dengan sentuhan, tombol navigasi di setir sudah bisa dioperasikan, dan ditekan untuk mengonfirmasi pilihan pengaturan yang diinginkan.

Lexus NX

Lexus Safety System+ 3.0

Keselamatan semakin menjadi hal yang diperhatikan pabrikan otomotif, termasuk Lexus, dalam mengembangkan kendaraan generasi baru. Rangkaian fitur keselamatan canggih dikemas pada NX terbaru dalam Lexus Safety System+ 3.0, yang telah dikembangkan lebih lanjut.

Fiturnya adalah Pre-Collision System with Pedestrian Detection and Intersection Support, Lane Tracing Assist, Lane Departure Alert with Steering Assist, Road Sign Assist, Intelligent High Beams, dan Dynamic Radar Cruise Control. Yang ditonjolkan adalah Pre-Collision System yang kini bisa membaca objek lain di jalan dengan variabel yang lebih detail dan semakin tinggi sensitivitasnya.

Lexus NX

Harga

Lexus memasarkan All New NX dengan banderol sudah menembus Rp 1 miliar. Dimulai dari varian entry level, yaitu NX 250, ditawarkan dengan harga Rp 1,273 miliar. Lalu untuk NX 350h hadir di harga Rp 1,339 miliar untuk varian Luxury dan Rp 1,385 miliar untuk varian F Sport.

Harga tersebut sudah dalam kondisi on the road (OTR). Namun seperti disebut sebelumnya, Lexus belum memasarkan varian PHEV yaitu NX 450h+. Lexus masih ingin mengikuti perkembangan segmen kendaraan elektrifikasi, termasuk soal infrastruktur sebelum memutuskan bawa NX 450h+ ke pasar juga.

Pembelian kendaraan Lexus sudah termasuk garansi produk selama 3 tahun, gratis service dan spare parts selama 5 tahun. Dan khusus untuk varian hybrid, Lexus berikan garansi baterai selama 5 tahun.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Mobil Populer Di Indonesia Era ‘90-an Yang Layak Dihidupkan Jadi Mobil Listrik

Pelajari lebih lanjut tentang Lexus NX

  • Tampak Depan Bawah Lexus NX
  • Tampak samping NX
  • Tampak Depan Lexus NX
  • Tampak Grille NX
  • lampu belakang NX
  • handle pintu NX
  • Pelek NX
  • Lexus NX Front Cross Side View
  • Lexus
  • Tampak kanan Lexus NX
  • Lexus
Lexus NX
Rp 1,13 - 1.176 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 25,69 Juta

Mobil Lexus Lainnya

  • Lexus UX
    Lexus UX
  • Lexus ES
    Lexus ES
  • Lexus LM
    Lexus LM
  • Lexus LS
    Lexus LS
  • Lexus LX
    Lexus LX
  • Lexus NX
    Lexus NX
  • Lexus RX
    Lexus RX
  • Lexus LC
    Lexus LC

Don't Miss

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Lexus Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature