Segmen Premium Tumbuh di 2021, BMW Group Indonesia Sukses Jual Lebih Dari 3.000 Unit Mobil

BMW Pavilion

JAKARTA, Carvaganza – Pertumbuhan yang terjadi di industri otomotif ternyata dirasakan pula oleh produsen mobil premium, salah satunya ialah BMW Group Indonesia. Pada tahun lalu, BMW Indonesia mencatatkan penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Menurut catatan GAIKINDO, penjualan BMW Group Indonesia bertumbuh sekitar 21 % dengan rincian total 3.102 unit kendaraan BMW dan MINI yang berhasil dijual pada tahun lalu. 

Secara keseluruhan, kendaraan BMW SAV berkontribusi 54% terhadap total penjualan seperti BMW X1, BMW X3, dan BMW X5. Pada tahun lalu, BMW X1 sendiri menyumbang 27% dari total penjualan dan diikuti oleh BMW Seri 3  sebanyak 25% dan BMW Seri 5  yang menyumbang 11% dari total penjualan BMW.

Selain itu, BMW Group Indonesia juga meluncurkan beberapa varian M yang mengisi segmen sportscar. Kehadiran model M tersebut juga diklaim mendapatkan respon yang positif. Pada tahun 2021, penjualan BMW M dan BMW M-Performance Automobiles memecahkan rekor sepanjang masa dengan 132 unit, melebihi rekor tertinggi sebelumnya yaitu 89 unit pada tahun 2015.

BMW Sales 2021

Ketiga model BMW M yang dijual pada 2021 adalah BMW M2 Competition dengan kontribusi 30%, BMW M4 Competition Coupè 18%, dan BMW M3 Competition sebesar 14%. Secara global BMW M GmbH sekali lagi mencatat rekor penjualan tertinggi, dengan total 163.542 kendaraan BMW M (+13,4%) dikirimkan ke pelanggan.

Baca Juga: Shell Luncurkan V-Power Diesel Standar Euro 5, Cocok Buat Mobil Modern

BMW Indonesia juga menyatakan keberhasilan tersebut tidak lepas dari berbagai program dan strategi selama 2021 yang berorientasi pada kebutuhan konsumen. Selain melakukan penjualan secara offline, BMW Indonesia juga menyediakan fasilitas virtual untuk memudahkan konsumen mendapatkan kendaraan tanpa harus datang ke dealer BMW atau MINI. 

"Berkat program penawaran BMW dan MINI yang menarik serta strategi yang berorientasi pada pelanggan, BMW Group berhasil tingkatkan penjualan kami sekali lagi dan tetap menjadi perusahaan otomotif premium terdepan di Indonesia pada tahun 2021. BMW memimpin kompetisi di segmen kendaraan premium Indonesia dan mengungguli semua kompetitornya. BMW Group Indonesia juga buktikan posisinya sebagai pelopor dalam interaksi virtual dan online, kami juga meluncurkan sebanyak lebih dari 28 model BMW dan MINI baru sepanjang 2021,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Sementara itu, penjualan BMW Group secara global juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dilihat dari penjualan year-on-year yang solid sebesar 8,4% tahun lalu. BMW Group berhasil menjual  2.521.525 kendaraan yang terdiri dari BMW, MINI, dan Rolls-Royce serta menciptakan rekor tertinggi baru di 2021.  Selain itu, BMW Group juga menggandakan penjualan kendaraan full listrik pada tahun 2021 menjadi 103.855 unit (+133,2%).

BMW Sales 2021

Selain BMW, berkat perombakan intensif pada MINI 3-Door, MINI 5-Door dan MINI Cabrio yang dihadirkan untuk konsumen Indonesia memberikan respon yang positif. Tercatat model MINI terlaris pada 2021 lalu diisi oleh MINI Countryman rakitan lokal dengan kontribusi sebanyak 38%, diikuti oleh MINI 3-Door 35% dan MINI 5-Door 10%.

Solusi digital ini diklaim sangat penting bagi konsumen dalam menyediakan perjalanan kepemilikan kendaraan yang memuaskan, baik online maupun offline. Melalui fasilitas Contactless Service memungkinkan pelanggan untuk melakukan perawatan dan servis kendaraan dengan mengikuti beberapa langkah mudah. Pelanggan juga dapat menerima update dan informasi detail mengenai kondisi kendaraan BMW miliknya melalui video informatif yang dikirimkan oleh tim servis yang menangani.

"BMW Group Indonesia ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan, mitra dealer yang berkomitmen, rekan media, pemerintah, dan karyawan kami yang berdedikasi memberikan dukungan yang luar biasa. Seluruh pihak ini berkontribusi besar untuk menjadikan BMW Group Indonesia sebagai produsen kendaraan premium nomor satu di Indonesia. Saya bangga bekerja dengan mereka setiap hari. Melanjutkan kesuksesan tahun lalu, kami akan terus menghadirkan kendaraan premium terbaik – termasuk model kendaraan listrik – dan layanan berorientasi pelanggan untuk lebih tingkatkan capaian penjualan di tahun 2022, menjadikannya tahun yang penuh kesuksesan," tambah Ramesh.

Plaza MINI Senopati

Pada tahun ini, BMW Group Indonesia juga akan fokus pada kehadiran tiga model terbaru yakni BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric di kelas elektrifikasi premium. BMW berkomitmen untuk menyediakan berbagai program yang berorientasi pada tiga aspek yakni lingkungan, sosial, dan governance. Selain itu, BMW juga akan menyediakan lebih banyak layanan berorientasi pelanggan bersamaan dan berkontribusi kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility yang strategis.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Mercedes-Benz, BMW, Audi Punahkan Model Station Wagon Tidak Lama Lagi

Mobil BMW Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature