Mercedes-Benz, BMW, Audi Punahkan Model Station Wagon Tidak Lama Lagi

AMG C63 Estate

JAKARTA, Carvaganza – Jika berbicara model kendaraan yang paling diidamkan beberapa orang akan menyebut model station wagon. Apalagi beberapa model station wagon diproduksi oleh brand kawakan asal Eropa salah satunya ialah Mercedes-Benz. Tapi ada kabar yang kurang mengenakan tentang nasib dari model Station Wagon ini, pasalnya Mercedes-Benz akan segera menghentikan kendaraan dengan desain unik tersebut pada 2030 mendatang. 

Hal tersebut terkuak saat Mercedes-Benz dilaporkan akan menghentikan produksi CLA Shooting Brake pada 2025 mendatang. Meskipun varian E-Class terbaru sempat hadir dengan model wagon namun pada 2030 mendatang E-Class dikabarkan tidak lagi menyediakan varian Wagon. 

Alasan penghentian model wagon tersebut disebabkan oleh beralihnya fokus Mercedes-Benz pada kendaraan listrik di masa depan. Sehingga pabrikan berencana untuk segera merampingkan varian dengan segmen yang “niche” karena dinilai biaya produksinya terlalu tinggi. Selanjutnya Mercedes-Benz akan mengalihkan investasi tersebut pada pengembangan platform baru untuk kendaraan listrik agar bisa memimpin pasar otomotif di masa depan.

BMW M3 Touring Spyshot

Tetapi Mercedes-Benz akan segera menghadirkan pengganti untuk model dengan desain unik tersebut. Salah satunya ialah konsep kendaraan SUV-Sedan High-Riding seperti EQE dan EQS yang baru-baru ini diperkenalkan ke publik. Kendaraan ini mengusung mesin yang sepenuhnya listrik namun tetap menghadirkan desain yang lebih menonjol dengan gabungan SUV dan sedan.

Baca Juga: HSR Wheel Hadirkan Model Baru Dengan Konsep Klasik

Tidak hanya itu, Mercedes-Benz juga fokus dalam pengembangan baterai agar kendaraan listrik di masa depan tidak hanya memiliki performa maksimal tapi juga daya jelajah yang jauh. Beberapa ide saat ini tengah digodok oleh pabrikan asal Munich, Jerman, salah satunya ialah menggunakan baterai dengan teknologi Solid-State yang diklaim memiliki daya jelajah yang lebih jauh dan waktu pengisian lebih cepat dibandingkan jenis lithium-ion biasa.

Audi RS6 Avant ABT

Tidak berlanjutnya produksi varian wagon tidak hanya terjadi pada Mercedes-Benz, dikabarkan Audi akan mempersempit produksi RS6 Avant yang dikenal dengan desain wagon. Selain itu, BMW M3 Touring juga tidak lagi dipasarkan secara massal di beberapa negara potensial seperti Amerika Serikat, nampaknya spesies ini (station wagon) akan segera punah dalam waktu dekat. Satu-satunya yang paling sukses dalam menghadirkan konsep wagon dengan sokongan tenaga listrik adalah Porsche lewat Taycan Cross Turismo. 

Banyak konsumen yang berharap Mercedes-Benz segera mengubah pola strateginya dalam menghentikan mobil station wagon dari jajarannya. Karena beberapa die-hard fans Mercedes-Benz sangat berharap model-model terbarunya ke depan juga hadir dengan konsep station wagon.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: TOKYO AUTO SALON 2022: Toyota Perkenalkan Mobil Balap Konsep GR GT3

Sumber: Carscoops

Mobil Mercedes Benz Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature