Saingan Baru Supra, Nissan Z Terbaru Meluncur Tawarkan Proporsi Sportscar Klasik dan Murni

  • Nissan Z
  • Nissan Z
  • Nissan Z

YOKOHAMA, Carvaganza - Di saat mayoritas pabrikan otomotif di dunia sedang sibuk untuk menambah portofolio kendaraan listriknya, Nissan justru melucnurkan mobil 'klasik'. Ya, secara resmi akhirnya Nissan Z alias Fairlady diperkenalkan ke publik versi produksinya. Kenapa kami sebut 'klasik', karena apa yang ditawarkan oleh Nissan seakan masih ada di dekade lalu.

Nissan Z merupakan generasi penerus dari beberapa model Fairlady sebelumnya, yang terakhir hadir melalui nama 370Z. Dengan mobil sport ini, Nissan ingin mempertahankan kecintaan para penggemarnya akan sensasi kesenangan berkendara yang murni. Di kelasnya, Z merupakan lawan baru untuk Toyota GR Supra.

Tampilan Nissan Z terbaru diadopsi sama persis seperti versi konsep dengan nama Z Proto yang sudah diperkenalkan sejak tahun lalu. Hanya ada sedikit ubahan dan penyesuaian tampilan untuk versi produksi ini. Tidak seperti 300ZX, 350Z, dan 370Z yang ingin tampil dengan gaya sesuai periodenya, Z terbaru justru mengadopsi gaya original yang diusung sang leluruh 240Z.

Nissan Z

Nissan membentuknya dengan siluet bonnet panjang dan berotot, yang sangat khas dengan tampilan 240Z di tahun 1970-an. Lampu utama yang sebelumnya memanjang dan tajam, diganti dengan lampu bulat dan melebar dihiasi LED DRL melengkung. Fascia depannya cenderung sederhana, dengan menunjukkan grille besar yang mengotak. Sementara visual bagian belakang mirip dengan milik 300ZX.

Baca Juga: Setelah Stop NSX, Honda Pastikan Integra Terbaru Akan Diproduksi Lagi

Proporsi 'klasik' yang disajikan Nissan Z terbaru yaitu mesin V6 3.0 liter twin-turbo, yang ditawarkan dengan opsi transmisi manual 6-percepatan. Mesin dan transmisi ini masih terhubung ke roda belakang saja. Bicara soal mesin, tenaganya kini 400 hp sementara torsi diklaim 475 Nm, di mana angka tenaga dipakai untuk alternatif nama yaitu 400Z. Performanya sudah melebihi GR Supra.

Jika tidak ingin repot mengoperasikan kopling manual, masih tersedia juga transmisi otomatis 9-percepatan. Pendukung performa, Nissan sediakan fitur launch control system, yang juga tersedia untuk Z transmisi manual.

Demi bisa menandingi Supra yang punya keunggulan di sisi handling, Nissan Z punya 'senjata' suspensi monotube baru di depan dan belakang, denngan diameter yang lebih besar dari milik 370Z. Perangkat baru ini menghasilkan tekanan redaman 20% lebih kecil, yang meminimalisir guncangan saat melindas jalanan tidak rata. Lalu konfigurasi suspensi double wishbone punya geometri baru, disertai power steering elektrik yang punya manuverabilitas 13% lebih baik.

Nissan Z

Informasinya mengatakan Nissan Z tersedia dalam dua varian, yaitu Sport dan Performance. Varian Performance akan dilengkapi limited-slip differential (LSD). Sementara sebagai standar, kaki-kaki dihiasi velg 19 inci yang menaungi rem dengan kaliper empat piston di depan dan dua piston di belakang. Untuk edisi terbatas Z Proto Spec, velg akan tampil dengan warna bronze sementara kaliper rem mentereng berwarna kuning.

Nuansa retro dari eksterior ikut Nissan bawa ke desain interior Z terbaru. Nissan bahkan masih menggunakan rem parkir dengan tuas mekanis, bukannya tombol elektris. Desain setirnya masih identik dengan model baru Nissan lainnya, namun dengan logo Z terpasang di bagian tengahnya. Panel instrumen sepenuhnya digital menggunakan layar 12,3 inci, serta tiga instrumen tambahan di tengah dashboard untuk boost pressure, turbo speed, dan voltase. Sayangnya tidak dijelaskan spesifikasi dari sistem infotainment.

Untuk mendukung suasana berkendara, kabin bisa dipilih dengan tiga opsi waran trim yaitu abu-abu, merah dan biru, untuk lapisan jok, pintu, konsol tengah dan dashboard. Sejauh ini belum ada harga resmi yang dirilis Nissan, namun diperkirakan dibanderol mulai US$ 40.000 (Rp 575,3 jutaan). Nissan Z akan mulai dipasarkan resmi mulai tahun depan.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Lego Bikin Toyota GR Supra Skala 1:1, Punya Mesin dan Bisa Dikendarai

Sumber: Carscoops

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Nissan Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature