Rumah Modifikasi AS Produksi Porsche 911 Turbo 1975 Dengan Sentuhan Modern, Harganya Tembus Rp 10 Miliar

Singer Porsche 911 Turbo

LOS ANGELES, Carvaganza – Rumah modifikasi populer asal Amerika Serikat, Singer Vehicle Design melahirkan kembali Porsche 911 Turbo 1975 dengan sentuhan yang modern. Hal tersebut dilakukan untuk merayakan kembali kejayaan Porsche 911 yang terkenal dengan performanya yang apik serta turbo yang ikonik.

Saat melakukan restorasi Porsche 911 Turbo ini, Rob Dickinson, pemilik Singer Vehicle Design menggunakan sasis asli dari Porsche 964 dengan menyematkan beberapa komponen baru di dalamnya. Tujuannya demi memberikan pengalaman berkendara yang lebih maksimal namun tetap mempertahankan kesan orisinal pada 911 buatan Singer.

Pada sektor mesinnnya, Porsche 911 Turbo rakitan ini menggunakan mesin Mezger 6-silinder berkapasitas 3.8 liter dengan pendingin udara. Selain itu, Rob juga menyematkan sepasang turbo Borg-Warner yang juga digunakan oleh 911 generasi 992 terbaru. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini mencapai 443 hp dengan tendangan torsi puncak yang mencapai 542 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke roda belakang dengan sistem transmisi manual 6-percepatan yang diambil dari generasi 993. Meski demikian, ada beberapa konsumen juga yang menginginkan Turbo lama dipasangkan pada 911 besutan Singer ini. Namun Rob Dickinson beralasan mempertimbangkan turbo yang lebih optimal.

Singer Porsche 911 Turbo

“Ada klien yang memintanya (sistem Turbo Porsche generasi lama). Tapi kami inginkan performa yang terbaik, jadi tidak! Ini bukan soal pentingnya memasang perangkat turbo orisinal. Ini adalah upaya untuk mengoptimalkan turbocharging dengan beberapa perspektif baru dan kit modern. Kami memiliki kendali mutlak,” kata Rob Dickinson dikutip dari Topgear.

Baca Juga: Managing Director Baru Porsche Indonesia Punya Target Setinggi Langit!

Singer juga merenovasi tampilan ruang mesinnya agar lebih estetik dengan menghilangkan beberapa komponen, salah satunya ialah intercooler. Namun Singer telah melakukan berbagai rekayasa agar kendaraan tersebut tetap terlihat klasik namun dibungkus dengan gaya yang modern di dalamnya.

Singer Porsche 911 Turbo

Sementara itu, kabin Porsche 911 Turbo buatan Singer menggunakan jok bucket dengan pemanas serta fitur pengisian nirkabel dan sunroof. Singer juga menggunakan material ringan seperti karbon di seluruh joknya, sehingga Porsche 911 restorasi ini hanya memiliki bobot 1.170 kg. Selain itu, Singer juga sangat fokus pada tingkat aerodinamika dengan lengkung roda yang sesuai, penggunaan spoiler belakang berukuran besar yang terinspirasi dari konsep asli 911 Turbo 1975.

Studi Turbo telah direncanakan selama dua tahun – waktu yang lama untuk mobil yang sekilas tidak terlihat banyak dimodifikasi dari aslinya. “Saya pikir beberapa orang mungkin mengatakan 'lho mobilnya tak berbeda jauh', tapi bagi saya justru itu keberhasilan kami. Karena kenyataannya tak satupun dari mobil ini yang tak kami sentuh,” kata Dickinson.

“Kami mendekati seluruh mobil dengan hati-hati, terutama desain bagian belakangnya yang ikonik. Bagi saya, ini adalah salah satu bagian terbaik dari desain Porsche yang pernah ada. Kami telah bersandar pada pembelajaran aero kami dari proyek DLS, jadi ini sedikit lebih lama dan lebih tinggi. Ini bukan tentang downforce, stabilitas yang kokoh adalah tujuannya,” tambah Rob.

Singer Porsche 911 Turbo

Kabarnya, Rob telah mendapatkan pesanan hingga 70 unit untuk Porsche 911 Turbo versi restorasi ini. Model pertamanya sudah selesai dikerjakan dalam waktu dua tahun dengan menggunakan kelir eksterior Wolf Blue dan interior Malibu Sand. Singer Vehicle Design membanderol Porsche 911 Turbo ini dengan harga $750.000 atau setara Rp 10 Miliar lebih.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: VW Indonesia Luncurkan SUV Kompak T-Cross Minggu Depan

Sumber: Top Gear

Pelajari lebih lanjut tentang Porsche 911

  • Tampak Depan Bawah Porsche 911
  • Tampak belakang 911
  • Porsche 911 Front Side View
  • Tampak belakang tengah 911
Porsche 911
Rp 3,3 - 5.9 Milyar Cicilan mulai dari : Rp 75,29 Juta

Mobil Porsche Lainnya

  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
  • Porsche Macan
    Porsche Macan

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature